Dear Mahasiswa Insom, Yuk Mulai Sekarang Penuhi Kebutuhan Tidurmu!

“Udah jam 1 malem tapi belajar buat ujian belum selesai juga! Ngantuk nih..” Kalimat itu mungkin pernah kamu dengar atau ucapkan sebagai mahasiswa yang menjalani dramatika kehidupan kampus. Tapi, perlu diketahui nih buat kamu yang suka begadang atau insomnia, kalau hal tersebut punya efek bagi tubuh. Apa aja sih efeknya dan gimana cara ngatasinnya? Yuk baca artikel ini sampe habis yaa!


0

“duh, gabisa tidur nih, kepikiran tugas banyak banget”

“kerjaan organisasi banyak, deadline tugas malem ini lagi… ga tidur deh ini mah”

“udah jam 1 malem tapi belajar buat ujian belum selesai juga! Ngantuk nih..”

Kalimat itu mungkin pernah kamu dengar atau ucapkan sebagai mahasiswa yang menjalani dramatika kehidupan kampus. Tapi, perlu diketahui nih buat kamu yang suka begadang atau insomnia, kalau hal tersebut punya efek bagi tubuh. Apa aja sih efeknya dan gimana cara ngatasinnya? Yuk baca artikel ini sampe habis yaa!

Ketiduran saat belajar

Kamu Mahasiswa yang Hobi Begadang? Yuk Mulai Sekarang Penuhi Kebutuhan Tidurmu! Tidur merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang semua orang pasti pernah melakukannya. Aktivitas tidur sebenernya masih menyimpan banyak rahasia yang masih diteliti oleh para ilmuwan. Tidur juga merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia loh.. Hal ini sesuai dengan teori kebutuhan dasar oleh Virginia Henderson yang mengungkapkan teori 14 kebutuhan dasar manusia.

Jadi, kebutuhan istirahat dan tidur tuh ga kalah penting sama kebutuhan makan, eliminasi, oksigen dan lainnya!

Problematika dalam tidur ternyata menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan dan mempengaruhi kualitas hidup.  Sebelum salah paham, kita mesti tahu dulu nih definisi gangguan tidur. Gangguan tidur juga banyak macamnya seperti kurang tidur, gangguan pola tidur, insomnia, begadang dan lain sebagainya. Gangguan pola tidur adalah kualitas waktu tidur yang terganggu karena faktor eksternal. Insomnia merupakan gangguan tidur berkaitan dengan dalam jumlah dan kualitas tidur yang dapat mengganggu fungsi kesehatan (Herdman & Kamitsuru, 2018). Kalau Mahasiswa, bisa relate banget nih karena suka begadang buat ngambis nugas.

BACA JUGA: Hal-Hal yang Akan Ngebedain Kamu di Kehidupan Kuliah dan SMA

Tidur Mempengaruhi Kualitas Belajarmu di Masa Kuliah

Lelah belajar

Tau ga si? Ternyata tidur juga bisa mempengaruhi kualitas belajar. Menurut Walker, seorang peneliti tentang tidur menyatakan bahwa bahwa gangguan tidur dapat mengurangi tingkat fokus. Kita memerlukan tidur setelah belajar untuk menstimulasi pusat memori dalam otak untuk menyimpan memori baru tersebut.

Penelitian terbaru bahkan menunjukan bahwa tidur sebelum belajar juga diperlukan untuk mempersiapkan otak menyerap memori. Terdapat eksperimen yang melihat perbedaan antara kelompok yang dapat memenuhi kebutuhan tidur dan kelompok yang mengalami kurang tidur. Di akhir penelitian diadakan ujian untuk melihat efek kurang tidur terhadap otak dan kualitas belajar. Terdapat perbedaan sebesar 40% antara kelompok yang tidur cukup dan kelompok yang kurang tidur dalam kemampuan untuk menyerap memori. Penelitian tersebut melihat bagian otak menggunakan scan MRI dan mendapatkan kesimpulan bahwa kualitas tidur dapat mempengaruhi area hippocampus pada otak. Hippocampus adalah bagian otak yang berfungsi sebagai pusat informasi yang sangat berguna untuk menyerap memori dan menyimpannya. Akan tetapi, kelebihan atau kekurangan jam tidur juga dapat mengurangi umur seseorang.

BACA JUGA: 10 Pelajaran Hidup Yang Bisa Kalian Dapatkan Dari Bangku Kuliah

Jadi, berapa jam kebutuhan tidur yang perlu kita penuhi?

Penelitian menyatakan bahwa orang dewasa normal membutuhkan tidur selama 6-8 jam sehari. Sebagai mahasiswa, kita kadang dituntut untuk begadang untuk menyelesaikan tugas akademik atau non akademik. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa kebutuhan tidurmu sebagai anak kuliahan sama pentingnya dengan mengejar deadline tugas. Nah,  kali ini aku bakalan kasih tiga tips biar kamu bisa memenuhi kebutuhan tidur dan tugas kuliah tetap ke handle.

1. Buat Skala Prioritas dan Jadwal Kegiatan

Pertama, kamu harus buat skala prioritas dan jadwal kegiatan. Tentukan prioritas kegiatanmu  dengan cara  membaginya menjadi empat kategori yaitu penting mendesak, ga penting tapi mendesak, penting tidak mendesak atau ga penting dan ga mendesak. Kamu juga bisa mengurutkannya berdasarkan dateline tugas dengan membuat list tugas. Setelah menentukan prioritas, buat jadwal untuk mengerjakan tugas-tugas itu, kalau perlu dibuat estimasi waktunya. Dengan melakukan hal tersebut, kegiatanmu dalam sehari jadi lebih terstruktur sehingga kamu bisa punya waktu yang cukup buat tidur.

2. Pastikan Punya Jam Tidur Sama Tiap Harinya

Ketiga, usahakan kamu punya jam tidur yang sama setiap harinya. Hal ini penting untuk membentuk pola tidur. Pola tidur berpengaruh pada sirkadian tubuh yang tentunya berdampak juga bagi tubuh dan kualitas hidup. Kalau menurutku, lebih baik tidur awal lalu bangun dini hari daripada tidur larut lalu bangun siang. Modifikasi lingkungan dan meditasi merupakan cara untuk mengatasi gangguan tidur (Bulechek, Butcher, Dochterman, & Wagner, 2013) Meditasi bisa dilakukan dengan relaksasi nafas dalam. Ritme pernapasan yang perlu dilakukan yaitu 4 detik tarik nafas, 3 detik tahan nafas dan 6 detik hembuskan nafas. Hal ini berfungsi agar tubuh menjadi rileks sehingga memudahkan untuk tidur. Cara lain juga bisa dilakukan untuk merelaksasi tubuh yaitu dengan lantunan musik klasik, pijat refleksi, aromaterapi, ruangan yang nyaman dengan cahaya redup dan suhu ruangan yang sejuk.

3. Usahakan Tetap Tidur Siang

Kedua, usahakan kamu tetap tidur siang walaupun harus begadang. Tidur siang bisa jadi cara agar kamu tetap memenuhi kebutuhan jam tidurmu dalam sehari. Dilansir dari situs National Sleep Foundation, terdapat penelitian oleh NASA yang menunjukan bahwa tidur siang selama 40 menit dapat meningkatkan kinerja sebesar 34% dan tingkat kewaspadaan 100% . Tidur siang bisa dilakukan sebelum dzuhur atau jam 12, kalau aktivitas siang kamu sangat padat, usahakan tidur siang 20 menit saja saat istirahat.

Dah ya, sekian dulu artikel kali ini. dear mahasiswa insom yang hobi begadang, perhatikan kebutuhan tidurmu ya! Jangan terlalu ngambis sampe ga tidur… Perlu diingat bahwa kesehatan tubuhmu sama pentingnya dengan tugas yang kamu kerjakan. Selamat mencoba tips yang udah kukasih ya! Semangat terus kuliahnya!😊

BACA JUGA: 7 Cara Belajar Efektif Solusi Bagi Para Pecinta SKS

Referensi

Bulechek, G. M., Butcher, H. K., Dochterman, J. M., & Wagner, C. (2013). Nursing interventions classification (NIC) (6th ed.). Philadelphia: Elsevier.

Herdman, T. H., & Shigemi, K. (2018). NANDA International Nursing Diagnoses :Definitions and Classification 2018-2020 (11 ed.). Canada: Marquis.

National Sleep Foundation. (2020, Juni 10). Napping. Sleep Topics. Retrieved from https://www.sleepfoundation.org/articles/napping

Walker, M. (2019). Sleep is your superpower. TED Ex Channel. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=5MuIMqhT8DM&t=915s


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me, Aisyah. For get to know me better, hit me on LINE: aisyarofina IG: aissyarofina or visit my website: aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply