Review Dell G5 Gaming Desktop 5090, Spek & Performa Gahar

anakui.com – Dell G5 5090 dapat menangani tugas game dan produktivitas yang berat dengan mudah. Dell G5 Gaming Desktop 5090 dapat menangani tugas-tugas game dan produktivitas yang menuntut dengan mudah, tetapi spesifikasinya kurang bagus.

Spesifikasi Dell G5 Gaming Desktop 5090

Spesifikasi
VR Siap: Ya
Prosesor: Hingga Intel Core i7 9700 Generasi ke-9
RAM: hingga 64GB
Kartu Grafis: hingga Nvidia RTX 2080
Penyimpanan: hingga 1TB SSD + 2TB hard drive
Aksesori: Mouse Optik Dell dan Keyboard Multimedia

Kelebihan

  • + Produktivitas dan kinerja game yang luar biasa
  • + Harga wajar
  • + Sasis bagus

Kekurangan

  • – Perangkat lunak pra-instal bisa jadi sulit.
  • – Tidak cocok untuk game QHD/UHD

Dell G5 Gaming Desktop 5090 adalah PC game yang relatif kuat, asalkan mempertahankan game dalam rentang full HD. Desktop gaming ini menangani tugas gaming dan produktivitas yang berat dengan mudah, dan hanya membutuhkan satu driver jika diperlukan peningkatan di masa mendatang.

Konfigurasi G5 5090 termurah hadir dengan komponen yang sangat sederhana, sedangkan model yang jauh lebih bagus yang telah kami ulas masih belum dapat menawarkan game 4K atau banyak penyimpanan.

Namun, dengan kelebihannya sendiri, G5 5090 adalah salah satu komputer terbaik yang mampu melayani kerumunan full HD. Jika merasa tidak nyaman membuat sistem sendiri, G5 lebih baik dibandingkan dengan PC gaming terbaik dalam kisaran harganya.

Harga dan Konfigurasi

Harga unit ulasan kami untuk Dell G5 5090 adalah Rp. 15 jutaan di situs web Dell. Perangkat ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 9700 Generasi ke-9, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1660 Ti, RAM 16GB, SSD 256GB, dan hard drive SATA 1TB.

(Untuk pengungkapan penuh, unit kami hanya dilengkapi dengan SSD 500GB, tetapi konfigurasi ini tampaknya tidak tersedia untuk dibeli. Yang lainnya identik dengan konfigurasi.)

Di ujung spektrum termurah, sobat bisa mendapatkan prosesor Intel Core i3, Nvidia GeForce GTX 1650, RAM 8GB, dan hard drive SATA 1TB semuanya seharga Rp. 8 jutaan. Konfigurasi top-of-the-line berharga Rp. 22 jutaan dan dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7, GPU Nvidia GeForce RTX 2070, RAM 16GB, dan SSD 1TB.

Ada opsi seperti menambah RAM atau ruang penyimpanan serta opsi untuk menaikkan harga. Namun secara umum, G5 5090 akan memberi harga antara Rp. 9 jutaan dan Rp. 22 jutaan untuk spesifikasi PC gaming kelas menengah. Dell merekomendasikan menjalankan semua model pada 1080p.

Desain dan Pencahayaan

Satu hal yang kami hargai dari Dell G5 Gaming Desktop 5090 adalah meskipun tetap sederhana dan kosmetik, namun tetap memiliki bakat. Sasisnya sangat kecil dengan ukuran 14,5 x 12,1 x 6,7 inci dan berat 18,6 pon. Sobat dapat meletakkannya tepat di atas meja jika memiliki cukup ruang.

Tetapi cukup kokoh untuk diletakkan di lantai tanpa menendangnya secara tidak sengaja. Bagian depan menampilkan pola garis silang yang elegan dan strip LED biru diagonal. Kami menyukai LED, tetapi kecewa karena tidak ada cara untuk meredupkannya tanpa masuk ke BIOS, dan tidak ada cara untuk mengubah warnanya.

Tapi yang sangat kami sukai dari sasisnya adalah panel samping yang transparan. Di sisi kiri G5 5090 terdapat persegi panjang plastik bening dan bulat yang diterangi dengan lembut oleh LED biru yang disebutkan di atas.

Fitur itu memungkinkan untuk selalu melihat cara kerja bagian dalam mesin. Ini adalah pengaturan yang sangat menarik, dan secara teoritis dapat mendiagnosis masalah perangkat keras tanpa membuka PC.

Port dan Kemampuan Upgrade

Dell G5 Gaming Desktop 5090 harus memiliki port yang cukup untuk semua kecuali penggemar PC yang paling berat aksesori. Bagian depan perangkat memiliki tiga port USB-A, satu port USB-C, jack audio 3,5 mm, dan jack mikrofon 3,5 mm.

Di bagian belakang, terdapat tiga jack audio (baik subwoofer atau suara surround), enam port USB-A, port Ethernet, port DVI, port HDMI, dan DisplayPort. Komputer ini juga memiliki chip Qualcomm DW1810 internal untuk konektivitas nirkabel 802.11ac dan Bluetooth 4.2.

Memutakhirkan Dell G5 5090 juga sangat sederhana dalam pengujian kami. Sobat hanya perlu melepas dua sekrup besar di bagian belakang. Kemudian  dapat langsung mengakses motherboard.

Karena pemasangan kabelnya tidak rumit, pembuat PC pemula sekalipun dapat menukar RAM, meningkatkan GPU, atau membersihkan kipas. Namun, tidak banyak slot yang tersisa, jadi sobat mengganti suku cadang daripada menambahkannya.

Kinerja Gaming

Kami masih tidak yakin apakah mesin yang dioptimalkan 1080p bernilai lebih dari Rp. 15 jutaan, tetapi G5 5090 bekerja cukup baik di zona nyamannya. PC menjalankan Far Cry New Dawn pada 79 frame per detik, Middle-earth: Shadow of War pada 65 frame per detik, dan Shadow of the Tomb Raider pada 42 frame per detik, semuanya pada pengaturan grafis Sangat Tinggi.

Performa Tomb Raider sedikit mengecewakan. Itu karena konsol juga bisa menjalankan game ini dengan kecepatan 60 fps (meski tidak konsisten sempurna). Bandingkan dan kontraskan angka-angka ini dengan rata-rata kategori, seperti 88 fps untuk Far Cry, 123 fps untuk Shadow of War, dan 96 fps untuk Shadow of the Tomb Raider.

Sejalan dengan itu, G5 5090 mencetak 2.910 pada benchmark sintetis 3DMark Fire Strike Ultra, dibandingkan dengan rata-rata kategori 8.055. (Sebagian besar PC game yang kami ulas secara signifikan lebih kuat daripada G5 5090, dan kami belum meninjau komputer dengan spesifikasi serupa baru-baru ini, jadi ambillah perbandingan ini dengan sebutir garam.)

Dari segi kualitatif, kinerja Dell G5 5090 cukup baik. Kami telah menjalankan Age of Empires II: Definitive Edition, Overwatch, World of Warcraft dan Thronebreaker: The Witcher Tales, dengan sebagian besar pengaturan diatur ke Ultra. Gim ini tidak pernah turun di bawah 30 fps. Sebagian besar mendekati 60.

G5 5090 relatif tenang selama ini. Meskipun kami tidak mempercayai sistem dengan resolusi 4K atau QHD, Dell G5 5090 menghadirkan pengalaman bermain game yang solid.

Performa Penuh

Seperti kebanyakan PC game, G5 5090 menangani produktivitas sehari-hari dengan lebih baik daripada kebanyakan PC desktop. Tidak peduli berapa banyak program yang dijalankan secara bersamaan—Chrome, Slack, Microsoft Office, Netflix, Spotify, Thunderbird—kami jarang melihat peningkatan RAM dan CPU lebih dari setengahnya.

Kami memasang monitor kedua tanpa kehilangan kecepatan atau ketepatan yang nyata. Tapi seperti di game, G5 5090 tidak sebanding dengan PC yang lebih bertenaga di departemen produktivitas.

Dalam tes sintetik Geekbench 4.3, skor G5 5090 5.558, jauh di bawah rata-rata kategori 37.301. G5 5090, di sisi lain, menyelesaikan transfer file 5GB dari drive USB dalam 9 detik, dengan mudah mengalahkan rata-rata kategori 15 detik.

Software Dell G5 Gaming Desktop 5090

G5 5090 tidak dibebani dengan bloatware. Dilengkapi dengan Windows 10 Home Edition dan beberapa perangkat lunak Dell standar untuk membantu memperbarui firmware, menghubungi dukungan pelanggan, mengoptimalkan tampilan USB-C, dan banyak lagi.

Perangkat lunak tidak benar-benar menghalangi saat kami menguji mesin, tetapi kami juga menonaktifkannya untuk menghemat RAM. Yang menghalangi adalah versi uji coba gratis McAfee Antivirus di komputer. Saat membeli G5 5090 (atau sebagian besar sistem Dell), sobat mendapatkan layanan ini gratis selama 12 bulan.

Langkah yang bagus, tapi kami akan segera menghapus programnya. McAfee bukan hanya babi sumber daya; Ini juga merupakan program koersif yang terus-menerus menyajikan saran dan rekomendasi yang tidak diminta. Namun, kelemahan terbesar program ini adalah false positive.

Beberapa executable game yang sangat penting dianggap sebagai “Trojan” dan akan dihapus tanpa karantina. Kami harus menginstal ulang Star Wars: Galactic Battlegrounds sepenuhnya dari awal setelah menguninstall McAfee terlebih dahulu.

Ini karena tidak ada cara mudah untuk membuat pendeteksian kurang agresif atau menonaktifkan program. Program Windows Defender default sejujurnya adalah pilihan yang lebih baik, dan itu mengatakan sesuatu.

Kesimpulan

Kami suka menggunakan Dell G5 5090. Performa mulus untuk game 1080p dengan opsi produktivitas luar biasa. Chassis tampak hebat. Perangkat lunak ini mudah digunakan (dengan satu pengecualian). Tidak terlalu mahal seperti PC gaming. Dengan harga awal Dell G5, konsol 4K menawarkan kinerja yang lebih baik.

Tetapi konfigurasi Dell adalah pilihan sempurna bagi para gamer yang ingin masuk ke pasar PC tetapi tidak cukup nyaman membangun sistem mereka sendiri. Dan mengingat G5 5090 mudah diupgrade, desktop game ini lebih berwawasan ke depan daripada konsol rata-rata.

Leave a Comment