Review Dell XPS 8940, PC Gaming Murah Desain Pintar

anakui.com – Dell XPS 8940 adalah PC gaming yang konservatif dan terjangkau. Dell XPS 8940 mungkin bukan desktop gaming paling kuat di pasaran, tetapi menonjol dari persaingan dengan harga yang terjangkau dan desain yang cerdas.

Spesifikasi Dell XPS 8940

Spesifikasi
Prosesor: Hingga Intel Core i9-10900K Generasi ke-10
RAM: Hingga 128 GB
Kartu Grafis: Hingga Nvidia GeForce RTX 3070
Penyimpanan: Hingga 2 TB SSD + 2 TB HDD
Aksesoris: Tidak Ada
Port: USB-A, USB-C, kartu SD, audio 3,5 mm, Ethernet, DisplayPort, HDMI
Ukuran: 14,5 x 12,1 x 6,7 inci
Berat: 13,9 pon

Kelebihan

  • + Desain kecil dan tenang
  • + Banyak port
  • + Kinerja bagus
  • + Drive media fisik

Kekurangan

  • – Tidak ada konfigurasi yang sangat kuat
  • – Opsi penyimpanan terbatas

Dell XPS 8940 adalah jenis PC gaming favorit. Ini kecil, tenang, sederhana, terjangkau, dan berisi apa yang Anda butuhkan untuk terus memainkan game terbaru. Ini bukan jenis mesin yang akan dibeli karena dapat mengubah semua pengaturan grafis menjadi maksimal.

Alih-alih, ini adalah jenis mesin yang terlihat sempurna di rumah di kantor tersibuk, tetapi masih memiliki daya yang cukup untuk menangani game favorit beberapa jam kemudian. Di saat bekerja dari rumah menjadi lebih umum dan perlu dari sebelumnya, Dell XPS 8940 memberikan keseimbangan yang tepat antara bekerja dan bermain.

Tetap saja, tidak dapat disangkal bahwa bahkan build terbaik dari XPS 8940 pun dapat terasa sedikit kurang bertenaga dibandingkan dengan rig gaming pesaing. Opsi penyimpanan tidak ideal untuk bermain game, dan drive disk terasa seperti renungan meskipun menginginkan peningkatan Blu-ray yang bagus.

Terkadang kami bertanya-tanya apakah XPS 8940 terlihat seperti PC kantor hanya karena kurang percaya diri dengan komponennya sendiri. Either way, XPS 8940 adalah pilihan yang solid untuk permainan dan produktivitas, dan meskipun tidak terlalu murah, itu tidak akan menggigit budget seperti jajaran Alienware kelas atas Dell.

Mungkin menjadi salah satu PC gaming terbaik untuk gamer menengah yang menghargai estetika, efisiensi, dan ruang meja.

Harga dan Ketersediaan

Dell XPS 8940 tersedia untuk dibeli di situs web Dell dan Amazon, tetapi Amazon memiliki konfigurasi terbatas yang tersedia untuk dibeli. Harga dan konfigurasi Amazon akan sangat bervariasi dari waktu ke waktu. Ini karena Amazon membuat sedikit perbedaan antara model yang dijualnya dan model yang memungkinkan daftar vendor pihak ketiga.

Di sisi lain, situs web Dell memungkinkan sobat menyesuaikan Dell XPS 8940 dengan berbagai pilihan, mulai dari CPU hingga GPU hingga kartu nirkabel. Model termurah yang dapat kami buat adalah Rp. 25 jutaan dan dilengkapi dengan CPU Intel Core i7-10700 generasi ke-10, GPU Nvidia GeForce RTX 3060 Ti, drive DVD, RAM 16GB, SSD 512GB + penyimpanan HDD 1TB, kartu nirkabel Dell standar, dan edisi Windows 10 Home . .

Di ujung lain dari spektrum, sobat dapat menghabiskan Rp. 52 jutaan untuk XPS 8940 dengan CPU Intel Core i9-10900K Generasi ke-10, GPU Nvidia GeForce RTX 3070, drive Blu-ray, RAM 128GB, dan SSD 2TB. + Penyimpanan HDD 2TB, kartu Killer Wi-Fi 6 dan edisi Windows 10 Professional.

Pada harga ini, menurut kami pribadi akan lebih baik dengan Nvidia GeForce RTX 3080 dan sistem yang menawarkan penyimpanan SSD murni. Tetapi sobat harus berkompromi dengan penyimpanan keseluruhan dan kapasitas RAM.

Model ulasan kami berada di tengah-tengah. CPU Intel Core i7-10700K, GPU Nvidia GeForce RTX 3070, drive Blu-ray, RAM 32GB, SSD 512GB + penyimpanan HDD 2TB, kartu nirkabel Dell standar, dan edisi Windows 10 Home.

Desain Dell XPS 8940

Memuji Dell XPS 8940 untuk desain fisiknya sepertinya agak aneh. Lagi pula, PC gaming siap pakai sering kali duduk di celah meja atau bahkan di lantai. Itu bukan potongan percakapan. Namun tampilan XPS 8940 yang bersih merupakan kekuatan, bukan kelemahan.

Ini bukan kotak hitam kusam atau karya seni modern yang terlalu dirancang. Sebaliknya, tampilannya seperti PC kantor standar, sehingga sobat dapat memilikinya hampir di mana saja di rumah. Pertama, meskipun komponennya kuat, XPS 8940 berukuran kecil.

Unit keseluruhan berukuran 14,5 x 12,1 x 6,7 inci, memungkinkannya duduk dengan nyaman di meja yang sempit. Bagian depan memiliki pola palka silang yang menarik yang menggabungkan ventilasi. Bagian belakang memiliki berbagai port dan sisi-sisinya terbuat dari plastik biasa.

Sobat bisa mendapatkan sistem dalam sasis hitam atau putih. Keduanya terlihat bagus. Bobot XPS 8940 juga perlu diperhatikan. Kira-kira 14 kg tergantung komponen yang dipilih. Mempertimbangkan bahwa Dell’s Aliewnare Aurora R11 dapat memiliki berat lebih dari 40 pon, mengejutkan untuk mendapatkan daya yang hampir sama dalam sistem yang ukurannya sepertiga.

Port dan Kemampuan Upgrade

Dell XPS 8940 memiliki banyak port di bagian depan dan belakang sistem. Di bagian depan, terdapat slot kartu SD, jack audio 3,5 mm, tiga port USB-A, dan satu port USB-C. Di bagian belakang, terdapat tiga port audio 3,5 mm, enam port USB-A, satu port Ethernet, dan satu port daya.

Tergantung pada GPU mana yang digunakan, sobat akan menemukan berbagai DisplayPort, port HDMI, dan port DVI. Namun yang menarik adalah motherboard ini juga memiliki port DisplayPort dan HDMI bawaan. Ini dapat berguna jika perlu memecahkan masalah GPU.

Namun, kurangnya port USB-C tambahan mengecewakan. Mengisi dan menyambungkan perangkat melalui USB-C sudah cukup umum, dan sepertinya fitur seperti itu tidak akan menjadi langka dalam beberapa tahun mendatang. Setidaknya mengupgrade XPS 8940 terbilang mudah.

Tidak diperlukan alat untuk membuka sasis. Lepaskan saja kedua sekrup dan panel samping. Begitu masuk, agak sempit karena profil PC yang kecil. Namun, sobat dapat dengan mudah menukar GPU atau menambahkan penyimpanan tambahan. Gamer dan profesional video hampir pasti ingin menambah lebih banyak ruang SSD dari waktu ke waktu.

Performa Gaming

Dari sudut pandang kualitatif, Dell XPS 8940 memainkan game dengan sangat baik, terutama pada monitor QHD. Dari sudut pandang kuantitatif, ini berada di tengah-tengah paket PC gaming yang dibuat sebelumnya. Dengan kata lain, kinerjanya tepat untuk harga yang diberikan.

Dalam ulasan ini, kami membandingkan XPS 8940 dengan Alienware Aurora R11 dan Corsair One i200 milik Dell. Yang pertama secara signifikan lebih mahal dan lebih bertenaga daripada XPS 8940, tetapi ini memberi kami gambaran bagus tentang apa yang diharapkan dari XPS 8940 jika dibandingkan dengan PC gaming premium. Yang terakhir, di sisi lain, adalah model game/produktivitas hybrid seperti XPS 8940.

Kami membandingkan XPS 8940 dengan mengukur kecepatan bingkai (bingkai per detik) di beberapa game populer dengan grafik yang diatur ke preset “Ultra” pada pengaturan 1080p dan 4K. Berikut perbandingan ketiga mesin tersebut.

Secara umum, XPS 8940 tidak sekuat Aurora R11, dan setara dengan One i200. Frame rate bagus, bagaimanapun, mengingat kekuatan XPS 8940. Semua game jauh melebihi 60 fps pada resolusi 1080p, dan semua game melebihi 30 fps pada 4K.

Tidak buruk untuk sistem kelas menengah. (Di atas 60 fps sangat bagus. Apa pun yang kurang dari 30 fps dapat berdampak buruk pada gameplay.) Namun, perbandingan dengan One i200 sangat menarik. Karena i200 juga merupakan mesin yang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara bermain game dan pembuatan konten.

i200 menampilkan GPU yang lebih tua, tetapi masih dijual seharga Rp. 60 jutaan, yang berarti lebih mahal daripada konfigurasi XPS 8940 termahal. Tentu saja, One i200 adalah mesin yang lebih tua, jadi ini bukan perbandingan apel dengan apel.

Namun, ini menunjukkan bahwa XPS 8940 berada di posisi yang tepat untuk mengisi ceruk game/produktivitas baik dari segi estetika maupun performa. Menurut pengalaman kami, XPS 8940 bekerja sesuai dengan keinginan, menjalankan game modern dengan kecepatan lebih dari 60 fps pada resolusi QHD.

Kami menguji mesin dengan Age of Empires III: Definitive Edition, Doom Eternal, Octopath Traveler, dan Final Fantasy XIV. Grafik diatur ke Ultra jika memungkinkan. Gameplay terasa halus dan lancar di semua judul. Lebih baik lagi, kipasnya tidak terlalu keras, yang jauh dari mesin jet Aurora R11.

Satu-satunya keluhan di sini adalah dengan pengaturan SSD XPS 8940. Konfigurasi apa pun yang digunakan, sobat akan menggunakan HDD untuk sebagian besar game. Apalagi di dunia PS5 dan Xbox Series X, waktu muat HDD tidak secepat itu lagi.

Sobat harus membatasi perpustakaan game atau menginstal sendiri repositori baru, tidak ada opsi yang cocok untuk komputer baru.

Performa Keseluruhan

Dell XPS 8940 tidak sekuat sistem ini, tetapi tidak sekotor mesin produktivitas. Dalam benchmark Geekbench 5.3, yang mengukur kinerja sistem secara keseluruhan, XPS 8940 mendapat skor 9.019. (Ini adalah angka absolut, semakin tinggi semakin baik.)

Tentu saja, itu jauh lebih sedikit daripada 11.099 Aurora R11, tetapi ini jauh lebih banyak daripada mesin produktivitas biasa yang cenderung melayang di kisaran 4.000-6.000. Demikian pula, XPS 8940 kurang dari Aurora R11 atau One i200 dalam hal kecepatan transfer file.

Aurora R11 menyalin file 256 GB secara eksternal pada 1.191 MBps. One i200 melakukan hal itu pada 1.026 MBps. XPS 8940 nyaris mencapai kecepatan 439MBps, yang kurang dari setengah kecepatan kompetisi. Tentu saja, apakah ini penting tergantung pada seberapa sering mentransfer file besar.

Tetapi dari sudut pandang kualitatif, kami tidak perlu mengeluh tentang XPS 8940. Saat menulis ulasan ini, kami memiliki dua program obrolan, dua pengolah kata, dan dua utilitas Windows yang terbuka, dan setidaknya dua contoh Chrome. 12 tab terbuka termasuk beberapa tab dengan video dan musik.

Mengkonsumsi sekitar 1/3 RAM sistem dan kurang dari 10% CPU. Kurang dari pekerjaan game atau video / animasi hardcore, sulit membayangkan melakukan apa pun untuk benar-benar membebani XPS 8940.

Perlu juga disebutkan bahwa XPS 8940 adalah salah satu dari sedikit sistem yang baru-baru ini kami ulas yang masih disertakan dengan drive media fisik. Karena sebagian besar koleksi media sudah digital, menurut la,oini tidak berguna seperti yang diharapkan.

Drive tidak memuat cakram Blu-ray saya secepat itu dan salah satunya tidak memuat sama sekali. (Kami hanya bisa membayangkan mengapa XPS 8940 tidak bekerja dengan baik dengan Film Simpsons.) Namun, jika membutuhkannya, drive itu ada.

Software Dell XPS 8940

Seperti kebanyakan sistem Dell, XPS 8940 hadir dengan beberapa utilitas sistem, antivirus McAfee, dan banyak lagi. Utilitas seperti pembaruan sistem, koneksi hp, dan pemutar DVD tidak terlalu layak untuk digunakan, tetapi juga tidak layak untuk dikeluhkan.

(Anehnya, aplikasi Dell Cinema adalah toko serba ada untuk semua layanan streaming, tetapi tidak termasuk konten dari pemutar DVD/Blu-ray sistem itu sendiri.)

Perlu diperhatikan, bagaimanapun, bahwa McAfee lebih mengganggu dan tidak efektif dari sebelumnya, tidak melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada Windows Defender, dan secara konsisten lebih mahal. Hapus item ini jika sobat belum berlangganan.

Kesimpulan

Dell XPS 8940 melakukan trik yang bagus. Kami bertanya-tanya mengapa mesin Alienware harus begitu keras dan berisik. Memang, sistem Alienware lebih kuat daripada XPS 8940, tetapi XPS 8940 mengemas banyak kinerja ke dalam paket yang ringkas, bermartabat, dan senyap.

Itu tidak “keren”, tetapi layak ketika ingin memamerkan PC gaming atau game yang dapat dijalankan di PC. Kami rasa XPS 8940 tidak mengalahkan Corsair Vengeance i7200 dalam kisaran harga yang sama.

Tapi sementara Vengeance i7200 adalah yang pertama dan terutama sistem game, XPS 8940 jelas lebih merupakan hybrid. Mana yang lebih menarik bagi sobat tergantung pada jumlah pekerjaan yang harus dilakukan dan jumlah game yang harus dimainkan.

Leave a Comment