Review Dell XPS 8950, Tampilan Sederhana Kinerja Solid

anakui.com – Kotak abu-abu sederhana ini menyembunyikan desktop game yang solid. Dell XPS 8950 tidak terlihat seperti desktop game tradisional, tetapi memiliki daya yang cukup untuk menjalankan game PC yang paling berat sekalipun.

Spesifikasi Dell XPS 8950

Spesifikasi
Dukungan VR: Ya (jika dikonfigurasi dengan benar)
Prosesor: Hingga Intel Core i9-12900K Generasi ke-12
RAM: hingga 64GB
Kartu Grafis: hingga Nvidia GeForce RTX 3090
Penyimpanan: Hingga 2TB SSD + 2TB HDD
Aksesoris: tidak ada

Kelebihan

  • + Desain bersahaja
  • + Performa keseluruhan yang solid
  • + Banyak port

Kekurangan

  • – Kurangnya opsi simpan

Dell XPS 8950 membuktikan bahwa PC gaming tidak harus memiliki desain yang mencolok agar layak dibeli. Seperti pendahulunya, Dell XPS 8940, desktop ini terlihat lebih cocok untuk lingkungan kantor daripada ruang game pribadi.

Namun, meski penampilannya tidak seperti biasanya, XPS 8950 memiliki tenaga yang cukup untuk menjalankan game PC terbaik. Dell menawarkan sejumlah opsi peningkatan untuk desktop ini, termasuk RAM dan penyimpanan tambahan, CPU berpendingin air, dan hingga GPU Nvidia RTX 3090.

Karena perlengkapannya dapat disesuaikan, sobat dapat menambahkan komponen yang sudah dimiliki. Namun, konfigurasi apa pun yang dipilih, PC gaming Dell ini mengemas CPU Intel Core Generasi ke-12 yang bertenaga.

Dell XPS 8950 adalah desktop kokoh yang merupakan komputer terbaik dan PC gaming terbaik. Kami akan menjelaskan mengapa dalam ulasan ini.

Harga dan Ketersediaan

  • Mulai dari Rp. 11 jutaan
  • Konfigurasi deck out mahal.

Harga awal untuk Dell XPS 8950 mulai dari Rp. 11 jutaan di situs web Dell, tetapi terkadang didiskon. Konfigurasi ini mencakup CPU Intel Core i5-12400, GPU terintegrasi Intel UHD Graphics 730, RAM 8 GB, dan penyimpanan 256 GB.

Dapat ditingkatkan hingga CPU Core i9-12900K berpendingin air, RAM 64GB, penyimpanan 4TB (SSD 2TB + HDD 2TB) dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3090. Kit lengkap akan menelan biaya hampir Rp. 60 jutaan. Jika menginginkan lebih dari 4TB ruang penyimpanan, sobat kurang beruntung.

Unit ulasan kami hadir dengan prosesor Intel Core i5-12600k generasi ke-12, GPU Nvidia GeForce RTX 3060 Ti dan RAM 16GB, SSD 512GB, dan penyimpanan HDD 2TB. Konfigurasi ini berharga Rp. 24 jutaan pada saat publikasi.

Desain Dell XPS 8950

  • Ini terlihat seperti desktop kantor biasa.
  • Ini relatif ringan dan tidak memakan banyak ruang.

XPS 8950 adalah desktop gaming yang tampaknya tidak pada tempatnya. Eksterior yang bersahaja mungkin tidak disukai oleh mereka yang lebih menyukai desain yang mencolok, tetapi kami lebih menyukai tampilan XPS 8950 yang sederhana dan elegan.

Seperti model sebelumnya, bagian depan PC memiliki pola garis silang yang menyediakan ventilasi. Tidak ada hiasan untuk dibicarakan di bagian samping, tetapi ada berbagai port di bagian belakang. Ada juga beberapa port di bagian depan untuk ukuran yang baik.

Desktop ini tidak terlalu besar dengan ukuran 16,8 x 15,3 x 6,8 inci. Ini relatif ringan dengan berat awal 16,7 pound. Cocok untuk meja berdiri terbaik dan meja permainan terbaik. Sementara rig besar menarik perhatian, saya sebenarnya lebih suka desktop yang lebih kecil dan lebih bersahaja.

Itu sebabnya kami menghargai footprint dan bobot XPS 8950 yang lebih kecil. Tentu saja tidak seperti Alienware Aurora R11 seberat 40 pon.

Port dan Upgrade

  • Banyak port di bagian depan dan belakang
  • Komponen yang mudah diupgrade

XPS 8950 menawarkan hampir semua jenis port yang dapat diminta. Heck, bahkan memiliki optical drive! Di bagian depan, sobat akan menemukan tombol daya, drive optik yang disebutkan di atas, slot kartu SD, jack headphone/mikrofon 3,5 mm, tiga port USB-A, dan port USB-C.

Bagian belakang dilengkapi kunci Kensington, tumpukan audio 7.1, DisplayPort, empat port USB-A, USB-C, dan Ethernet. Berbeda dengan XPS 8940, desktop ini tidak memiliki port HDMI di motherboard. Tentu saja, jika membeli satu dengan GPU diskrit, pastikan GPU itu sendiri memiliki setidaknya satu port HDMI (beberapa tergantung pada kartu).

Namun, jika GPU tidak berfungsi, sobat harus menggunakan kabel DisplayPort untuk menyambungkan PC ke layar, karena 8950 tidak memiliki output HDMI di motherboard itu sendiri. Jika mencoba menyambungkan TV ke rig game ini, sobat kurang beruntung jika set tidak memiliki DisplayPort.

Sebagai seseorang yang suka bermain game PC di TV, kurangnya port HDMI di motherboard mengecewakan. Membuka XPS 8950 cukup mudah. Cukup lepas sekrup yang menahan kunci Kensington pada tempatnya, lalu tarik panel samping untuk membuka bagian dalam mesin.

Karena ukuran PC yang kecil, komponen internal dikemas rapat. Namun, meskipun memiliki tangan yang besar, pengoperasiannya tidak terlalu sulit. Mengganti GPU, hard drive, dan RAM bukanlah masalah bagi kebanyakan orang.

Performa Gaming

  • Performa Gaming yang Mengesankan
  • Game biasanya berjalan pada 60 fps pada 1080p.

Model ulasan XPS 8950 kami tidak mengecewakan dalam hal kinerja game. Ini berkat kartu grafis RTX 3060 Ti dan RAM 16 GB. Drive SSD 512GB juga memberikan kecepatan pemuatan yang mengesankan.

Kami membandingkan XPS 8950 dengan mengukur frekuensi gambar di beberapa game pada pengaturan 1080p dan 4K dengan grafik yang disetel ke prasetel “Ultra”. Dalam ulasan ini, kami membandingkan XPS 8950 dengan XPS 8940 bersama dengan Corsair One i300 dan Alienware Aurora R13.

Rata-rata, XPS 8950 tidak melebihi kecepatan frame komputer lain yang kami bandingkan, bahkan pendahulunya. Namun, itu masih menjalankan judul dalam kisaran 30-60 fps yang diinginkan, terutama pada resolusi 1080p.

Frekuensi gambar ini cukup mengesankan untuk rig yang jauh lebih murah daripada pesaing di atas, setidaknya dalam konfigurasi yang kami ulas. Adapun tes kualitatif sendiri, kami menjalankan Doom Eternal dan Cyberpunk 2077 favorit untuk mengukur kinerja.

Secara umum, keduanya melayang di kisaran 40-45 frame per detik pada resolusi 4K. Kami tidak terkejut dengan jumlahnya karena Doom Eternal adalah game yang dioptimalkan dengan baik. Namun, mengingat Cyberpunk 2077 adalah salah satu judul yang dioptimalkan paling buruk di luar sana, saya terkejut.

Performa Keseluruhan

  • Performa solid untuk komputasi sehari-hari
  • Transfer file cepat dan transcoding video

Mengingat kehebatannya sebagai komputer game, XPS 8950 lebih dari mampu menangani tugas-tugas produktivitas. Dalam benchmark Geekbench 5.4, yang mengukur kinerja sistem secara keseluruhan, XPS 8950 mencetak skor 11.006 yang mengesankan di bagian pengujian multi-core.

Itu mengalahkan skor pendahulunya 9.019, tetapi jauh di belakang Alienware Aurora R13 (15.329 poin) dan Corsair One (17.965 poin). Adapun kecepatan transfer file, XPS 8950 menyalin file 25GB dari drive eksternal pada 1.382Mbps, jauh melebihi 439Mbps XPS 8940.

Meski mengesankan, masih di belakang Aurora R13 (1.894) dan Corsair One (3.006). Dalam tes pengeditan video Handbrake kami mentranskode klip 4K ke 1080p, XPS 8950 mentranskode video dalam 4 menit dan 38 detik, sedangkan model sebelumnya mencapai tugas yang sama dalam 6 menit dan 26 detik.

Aurora R13 (3:52) dan Corsair One (3:28) yang lebih bertenaga masing-masing mentranskode video dalam waktu kurang dari 4 menit. Meskipun kalah bersaing dalam tes benchmark, saya menemukan XPS 3950 lebih baik daripada komputer kerja sehari-hari.

Membuka lebih dari 20 tab sambil menjalankan video YouTube dan mengedit foto menggunakan GIMP, tidak pernah gagal. Tentu saja, kami bukan pengguna yang kuat dalam hal produktivitas, jadi tidak berharap untuk mengencangkan rig ini dengan penggunaan rata-rata. Tapi untuk tujuan itu memberi kami kinerja yang dibutuhkan.

Software Dell XPS 8950

  • Aplikasi My Dell memungkinkan sobat menyesuaikan fitur sistem utama.

Aplikasi My Dell telah diinstal sebelumnya di XPS 8950. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bermanfaat seperti pengoptimalan sistem untuk kinerja, pengoptimalan suara dan visual untuk streaming konten, dan pengelola daya.

Yang terakhir ini sangat berguna saat perlu meminimalkan konsumsi daya untuk menghemat energi dan menurunkan tagihan energi Anda.

Keyboard dan Mouse

  • Keyboard dan mouse yang disertakan adalah periferal yang kokoh.

XPS 8950 hadir dengan keyboard dan mouse nirkabel. Keyboard lebar mudah untuk mengetik dalam waktu lama. Demikian pula, kami menemukan mouse responsif dan nyaman digunakan. Dalam hal penyesuaian, keyboard memiliki 12 tombol yang dapat diprogram dan mouse memiliki 5 tombol.

Sobat juga dapat mengubah DPI yang terakhir jika kursor bergerak terlalu lambat atau terlalu cepat. Kedua perangkat menampilkan desain perak ramping dari XPS 8950.

Kesimpulan

Seperti yang kami katakan di atas, kami cenderung lebih suka PC yang bersahaja dan sederhana (game atau lainnya). Kami menyukai peralatan mencolok seperti orang lain, tetapi estetika tersebut biasanya tidak menghasilkan produktivitas yang lebih baik.

Terutama ketika datang ke rig gaming, sobat membutuhkannya untuk menjalankan judul-judul terbaru tanpa masalah. Untuk itu, Dell XPS 8950 adalah jenis PC gaming yang tepat. Namun, jika membutuhkan PC gaming yang menarik perhatian, Alienware Aurora R13 adalah pilihan yang tepat.

Ini umumnya lebih mahal daripada XPS 8950. Tetapi jika benar-benar membutuhkan rig gaming yang sesuai dengan tagihan, biayanya mungkin sepadan. Jika menginginkan mesin yang lebih kecil namun tetap memberikan performa yang signifikan, Corsair One i300 adalah PC gaming lain yang patut dipertimbangkan.

Leave a Comment