Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K), Dekan Wanita Pertama di FKUI


0

Tanggal 21 April 2008 kemarin, bukan saja diperingati sebagai hari Kartini, hari yang bersejarah bagi seluruh perempuan Indonesia, namun juga merupakan hari bersejarah bagi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Tepat pukul 13.30 WIB, Rektor UI memutuskan Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) sebagai Dekan FKUI periode 2008 – 2012. Untuk pertama kalinya Dekan FKUI dijabat oleh seorang wanita.


Acara pemilihan Dekan FKUI diadakan di Balai Kirti PAU Kampus UI Depok. Acara yang dimulai sejak jam 09.30 WIB ini berlangsung hingga jam 13.30 WIB. Setelah rehat selama 30 menit, tim penguji yang terdiri dari Rektor UI, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Sekretaris Universitas mengeluarkan keputusan yang sangat dinantikan oleh seluruh civitas akademika FKUI.

Dimulai dengan acara foto bersama, para calon dekan duduk berhadapan dengan tim penguji. Posisi duduk berdasarkan abjad nama. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi setiap calon dekan, disusul dengan tanya jawab. Seluruh pertanyaan diberikan oleh Rektor UI. Dalam acara tanya jawab, terungkap berbagai macam ide pengembangan FKUI yang akan dilakukan oleh calon dekan andaikan diberikan kesempatan menjadi dekan untuk periode 2008 – 2012.

“Ini merupakan pemilihan dekan terlama,” ujar rektor kepada ketiga calon Dekan FKUI, Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K), dr. Sukman Tulus Putra, SpA(K), FACC, FESC, serta dr. Tjahyono Gondowiardjo, SpM(K), PhD, saat akan mengumumkan siapa calon yang akan terpilih. ”Saya ingin memilih dekan yang tidak berkumis”, gurau rektor, ” karena ketiganya tidak berkumis, maka dalam hari Kartini ini yang diberikan amanah untuk menjadi dekan adalah Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K)”. Sementara itu Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) terlihat sangat terkejut mendengar penunjukan dirinya sebagai Dekan.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, saya akan berusaha sebaik-baiknya demi FKUI,” kata Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) dengan terbata-bata saat diminta memberikan sepatah kata seusai pengangkatan.

Dekan terpilih FKUI DR. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) berfoto bersama dengan rektor UI Prof.Dr.der.Soz. Gumilar Rusliwa Somantri

Wajah tegang beliau sirna sudah. Namun tugas berat masih menanti didepan. Selamat bergabung dok, bersama kita membawa FKUI menjadi world class faculty!

(Dikutip, dan disunting seperlunya, dari website Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
iRHoTeP

Jagal aktivis dan webmaster miskin yang telah berkelana selama satu dasawarsa di jagad maya yang kini semakin terlunta-lunta setelah lulus dari sebuah sekolah kedokteran di kawasan Salemba, Jakarta. http://www.jadul.org/forum/ http://www.fkui02.net/

7 Comments

Leave a Reply

  1. saat ini eranya pemimpin muda ya?
    selain rektor saat ini yang masih muda, dekan-dekan fakultas yang baru terpilih kemarin juga relatif muda ya? dikit lagi Fasilkom juga ada pemilihan dekan, kira2 yang kepilih siapa ya?

    anyway, selamat bekerja untuk Bu Ratna, semoga sukses memimpin FK UI menuju UI world-class university..

  2. Tumben Pak Gumilar, dekannya bukan Bambang. hehe

    ====

    ngakak gw baca komen ini! XD

    Btw, selamat buat bu Ratna yg terpilih sebagai Dekan FKUI! =D

  3. Selamat buat FKUI punya dekan baru!!!
    kalo saya sih berharap fakultas laen bisa kaya FK dalam hal perpustakaannya. keren!24 jam! uhuy!

  4. halo ibu aku diaz aku boleh nanya gak?
    gimana caranya dapet beasiswa di fkui?

    tolong di balas ya bu

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals