EDS UI: Juara Nasional Java-Overland English Debating (JOVED) Competition 2008

Delegasi EDS UI berhasil meraih kemenangan pada Java-Overland English Debating (JOVED) Championship 2008. pada babak final yang dilaksanakan pada 22 Juli 2008 di Hotel Alam Permai, Lembang, EDS UI A yang terdiri dari Dyota Marsudi (Fakultas Ekonomi 2006), Dyah Ayunico (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2007), serta Wulan Fajarini (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2006) berhasil mengungguli Atmajaya Jogjakarta. Adapun topik yang diperdebatkan pada babak tersebut, This House Would Stop Sending Its Domestic Workers Abroad, merupakan topik yang menarik terkait dengan maraknya kasus pelanggaran HAM dari pekerja Indonesia di luar negeri..

Sebagai tim pro, EDS UI A percaya bahwa menghentikan pengiriman TKW ke luar negeri, pada khususnya ke negara Malaysia dan Arab Saudi, merupakan salah satu bentuk pemenuhan tanggung jawab pemerintah terhadap perlindungan kesejahteraan pekerja domestik di luar negeri. Di lain pihak, Atmajaya Jogjakarta sebagai tim kontra berpendapat bahwa kebijakan ini justru menunjukan kegagalan pemerintah dalam menjamin kebebasan dan hak dari warga negaranya dalam mendapatkan penghidupan yang layak. Dalam debat ini, Panel juri meyakini bahwa perlindungan keselamatan pekerja Indonesia merupakan topik dominan dalam kkinerja pemerintahan. Dengan demikian, EDS UI A berhasil meraih gelar juara nasional.

Lebih jauh lagi, delegasi EDS UI juga meraih pencapaian individu yang membanggakan. Wulan Fajarini meraih prestasi sebagai Pembicara terbaik keempat, diikuti oleh Dyota Marsudi pada posisi ketujuh dan Astri Widita di posisi 10. Sementara itu, EDS UI B yang terdiri dari Astri Widita (Fakultas Hukum 2007), Alfa Dewi (Fakultas Hukum 2007) serta Asrining Tyas (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2006) berhasil melaju hingga babak Octofinal dan kalah oleh Atmajaya Jakarta dalam topic This House Supports the Unilateral Independence of Tibet.

JOVED merupakan kompetisi tahunan dimana lebih dari 40 tim dari Pulau Jawa bertanding untuk mendapatkan gelar juara Nasional. Melalui prestasi ini, EDS UI tidak hanya membuktikan dirinya sebagai tim terbaik dari 40 tim yang ada, melainkan juga memperkuat eksistensi EDS UI yang telah membawa nama Universiats Indonesia sebagai juara dalam lima kompetisi debat Nasional di tahun ini.

2 thoughts on “EDS UI: Juara Nasional Java-Overland English Debating (JOVED) Competition 2008”

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA