EDS UI Sapu bersih JOVED 2012

EDS UI akhirnya berhasil merebut kembali Gelar Juara di JOVED (Java Overland Varsity English Debate) yang merupakan kompetisi debat parlementer tertua di Indonesia. Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua bagi EDS UI setelah sebelumnya berhasil meraih Juara di kompetisi yang sama pada tahun 2009.  Kompetisi ini diselenggarakan setahun sekali semenjak tahun 1997 sampai sekarang. JOVED 2012 bertempat di Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto pada tanggal 7-11 Juli 2012 dan diikuti oleh total 42 tim dari puluhan institusi yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Tahun ini EDS UI diwakili oleh 2 tim yaitu EDS UI A yang beranggotakan Adlini Ilma Ghaisany Sjah (FISIP 2009), Roderick Sibarani (FE 2009), dan Elghafiky Bimardhika (FE 2010). Tim kedua (EDS UI B) diwakili oleh Asih Dwi hayu Pangesti (FIK 2008), Margaretta Shinta (FH 2011), dan Ahmad Tombak Al-Ayubbi (FISIP 2010). Selain itu EDS UI juga mengirimkan 2 orang N-1 Adjudicator yaitu Dennys Victor Kappa (FISIP 2010) dan Oktorilla Fiskasianita (FIK 2009). Beberapa anggota senior EDS lainnya juga turut diundang yaitu Ahdiat Permana (FE 2008) sebagai Juri inti (Adj Core), dan Boby Andika (Psikologi 2009) serta Albert Santoso (FT 2010) diundang sebagai invited adjudicators. Tim EDS kali ini dilatih secara intensif oleh Irene severina (FISIP 2007) yang juga merupakan salah satu pemenang JOVED 2009.

Tim UI A berhasil lolos pertama (First Breaking) mengungguli 16 tim lainnya  ke babak eliminasi, setelah menang sapu bersih 2 hari berturut-turut sebelumnya yaitu pada babak pre-penyisihan (Pre-elimination rounds). EDS UI B belum berhasil lolos namun berhasil mengalahkan 3 institusi (Brawijaya A, UNY, dan Sampoerna School of Education) pada babak pre-eliminasi. Semua adjudicators dari UI juga berhasil lolos dan mendapat gelar Breaking Adjudicator.

Pada babak eliminasi yaitu oktofinal, perempat final, dan semi final Tim UI A bertemu dengan lawan-lawan yang cukup tangguh yaitu Binus International, Universitas Brawijaya, dan Bakrie University. Namun, lagi-lagi UI menang dengan sapu bersih pada semua babak dan berhasil melaju pertama ke Grand Final. Di babak Final UI bertemu dengan Tim dari ITB  (Rifan Ibnu Rahman, Vicario Reinaldo, Yustina Octifanny) dan dijuri oleh 11 orang tim adjudicators . Setelah perdebatan yang sangat memukau dengan mosi “THB in military conscription by lottery” tim EDS UI berhasil mengalahkan Tim ITB dengan keputusan split (10:1). Dengan ini, EDS UI berhasil membawa kembali piala bergilir JOVED. Prestasi membanggakan lainnya yaitu, secara individual EDS UI merebut 3 tempat di Best Speakers List. Tim UI A berturut-turut Adlini Ilma Ghaisany Sjah (FISIP 2009) dinobatkan sebagai pembicara terbaik pertama, Roderick Sibarani (FE 2009) sebagai pembicara terbaik ketiga , dan Elghafiky Bimardhika (FE 2010) sebagai pembicara terbaik keempat. Selain itu Ahdiat Permana (FE 2008) yang juga merupakan Mantan presiden EDS juga mendapat kehormatan sebagai 1st Breaking Adjudicator (Juri Terbaik).

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA