Ekskursi Alor 2011: “Living Celebration”


0

Poster Ekskursi Alor

Pada tanggal 27 Juli 2011 yang lalu, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia  memberangkatkan tim Ekskursi 2011 ke Alor, Nusa Tenggara Timur.  Acara yang diselenggarakan sejak tahun 1970-an ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk memperkaya wawasan arsitektural, khususnya arsitektur vernakular yang erat hubungannya dengan kehidupan sosial setempat. Kegiatan ekskursi kali ini terfokus pada kampung tradisional Takpala dengan keadaan arsitektur serta pelaksanaan perayaan nya yang masih terbilang lengkap.  Ekskursi kali ini mengusung tema “Living Celebration” sebagai representasi kehidupan ritual masyarakat Alor, khususnya suku Abui yang hidup dan dihidupi oleh perayaan.

Masyarakat suku Abui memiliki ritual berupa tarian lego-lego yang diselenggarakan setiap panen ladang.  Dilakukan pada mezbah sebagai titik pusat pelaksanaan ritual, terdapat pula elemen elemen penting dalam pelaksanaanya seperti alat musik, dan benda pusaka berupa Moko.  Tarian ini menduduki peranan penting dalam keseharian masyarakat Abui, karena selain menjadi warisan budaya secara turun temurun lego-lego juga sudah menjadi mata pencaharian dalam bidang turisme.  Bedanya, tarian pada masa panen ladang memiliki prosesi serta nyanyian yang berbeda.

Kekayaan arsitekturnya sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dari rumah tradisional di Nusa Tenggara Timur lainnya.  Walaupun masih menggunakan sistem knock-down yang dipercaya merupakan konstruksi rumah tradisional yang tahan gempa, rumah gudang milik suku Abui ini memiliki penataan ruang yang unik.  Secara kasat mata rumah ini terlihat seperti balai dengan atap sangat besar diatasnya.  Namun ternyata, di dalam atap tersebutlah terdapat ruang-ruang seperti dapur dan ruang tidur, lumbung, serta penyimpanan benda pusaka.  Makin tinggi tingkatannya, makin penting peranan ruang tersebut.

Observasi yang dilakukan Tim Ekskursi  menghabiskan waktu lebih dari tiga minggu.  Pendokumentasian dilakukan dengan media fotografi, sketsa, wawancara, pemetaan (pola kampung), serta video.  Hasil dari dokumentasi inilah yang pada akhirnya kami persembahkan kepada masyarakat umum kedalam sebuah acara puncak dari total 2 rangkaian acara berupa Launching Buku : Ekskursi Alor 2011: “Living Celebration” yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-4 Desember 2011 di Kemang89, (Jl. Kemang Raya no. 89 Jakarta) dengan menghadirkan para pembicara yang ahli dalam bidangnya antara lain bidang musik (Marusya Nainggolan), bidang film (Deddy Mizwar), bidang antropologi (Drs. J. Emmed M. Priohardjono,MA.Msc), dan bidang arsitektur (Ir. Gunawan Tjahjono, Ph.D.,M.Arch.), serta sejarah akan melengkapi diskusi pembahasan output Ekskursi Alor 2011: “Living Celebration” .

Tak lupa kami menghadirkan Pameran hasil karya tim Ekskursi Alor 2011: “Living Celebration”  dengan hasil dokumentasi yang tak kalah menarik dan juga jangan lewatkan pemutaran film sebagai bentuk dokumentasi bergerak yang sangat berharga serta menambah wawasan juga membuka mata persembahan dari kami Tim Eskursi 2011 : “Living Celebration” . So, don’t miss it! 🙂


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply