Enam Manfaat Menjadi Kontributor Jurnal UI UNTUK BANGSA

Ada banyak keuntungan untuk kamu jika menjadi kontributor di jurnal UI UNTUK BANGSA. Mungkin dari beberapa manfaat yang akan diungkapkan di sini, sudah ada yang memang jadi tujuan kamu sejak awal, namun mungkin ada pula yang tidak kamu sadari. Dari mulai manfaat akademik, hingga finansial. Dari manfaat untuk diri pribadi, hingga faidah bagi bangsa dan negara. Intinya, kamu tak akan menyesal telah ikut mengirimkan artikel ilmiah ke redaksi UI UNTUK BANGSA.

  1. Langkah awal menuju karir akademik.
  2. Dalam dunia akademik, menerbitkan artikel ilmiah baik di jurnal internasional, nasional, atau lokal memiliki credit point-nya sendiri. Credit point ini akan berpengaruh terhadap peningkatan karir seorang dosen atau guru besar. Semakin tinggi credit point yang didapatkan, maka semakin besar kemungkinannya untuk naik pangkat. Besaran poin ini pun berbeda-beda.

    Jika artikel ilmiah seorang akademisi berhasil diterbitkan di jurnal internasional, maka credit point yang didapatkan jauh akan lebih besar bila dibandingkan dengan jurnal nasional, atau jurnal lokal. Oleh karena itu, jika kamu memang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang akademisi kelak, menjadi kontributor di jurnal UI UNTUK BANGSA merupakan langkah awal yang tepat. Kamu bisa belajar bagaimana menuliskan gagasanmu dalam sebuah artikel ilmiah di sebuah wadah yang memang diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan Vokasi.

  3. Ikut serta dalaam pengembangan ilmu pengetahuan.
  4. Jurnal ilmiah adalah salah satu sumber referensi ilmu pengetahuan yang dapat dipercaya. Publikasi di dalamnya telah mengalami proses dengan melibatkan beberapa akademisi berpengalaman sebagai penjamin mutu. Sudah barang tentu, akan banyak peneliti atau akademisi yang menjadikan jurnal ilmiah sebagai bahan rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

    Jika kamu menyumbangkan artikel ilmiahmu di jurnal UI UNTUK BANGSA, bukan tidak mungkin artikelmu itu akan jadi bahan referensi mahasiswa atau peneliti lain di kemudian hari. Gagasan atau hasil penelitianmu itu tidak akan percuma begitu saja. Tulisanmu dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca, dan mungkin pula menginspirasi terhadap pendalaman disiplin ilmu tertentu.

  5. Manivestasi peranan mahasiswa bagi Indonesia.
  6. Mahasiswa memiliki amanah yang berat sebagai agen pembawa perubahan. Melalui pemikiran dan sikap kritisnya, mahasiswa berperan menjaga republik ini tetap bergerak maju. Salah satu wujud konkrit kontribusi mahasiswa adalah dengan menulis. Rasa kepekaan mahasiswa terhadap nasib bangsa, dapat dituangkan dalam tulisan ilmiah yang sistematis.

    Tulisan memiliki sifat lebih kekal dan dapat dipertanggungjawabkan. Ia dapat dibaca oleh para pembuat kebijakan, akademisi, dan masyarakat luas untuk membangun sebuah pemahaman yang lebih komprehensif. Ayo mahasiswa, kirim ide cemerlangmu dalam sebuah artikel ilmiah, dengan itu kamu telah memberikan sedikit kontribusi bagi negeri ini.

  7. Melatih kemampuan menulis ilmiah.
  8. Garis finish bagi setiap mahasiswa S1 dan Vokasi adalah pembuatan skripsi atau tugas akhir. Banyak mahasiswa yang mengatakan bahwa membuat skripsi atau tugas akhir adalah sebuah pekerjaan yang sulit (baca: menyebalkan). Namun tunggu dulu, hal itu hanya terjadi buat mereka yang tak akrab dengan dunia tulis-menulis ilmiah. Jika kamu menjadikan jurnal UI UNTUK BANGSA ini sebagai media belajar, maka kemampuan menulis itu akan terlatih.

    Di sini tidak ada sesi presentasi atau sidang seperti skripsi, kamu cukup bebas untuk menuangkan gagasan tanpa ada yang memberikan tekanan. Semua naskah yang lolos seleksi, akan diberikan catatan perbaikan oleh redaksi, sehingga kamu akan tahu di sektor mana yang perlu dibenahi.

  9. Kesempatan untuk narsis dan memperluas jaringan.
  10. Benar sekali. Dengan jadi kontributor di jurnal UI UNTUK BANGSA, kamu memiliki kesempatan untuk narsis dan memperluas link. Pertama, naskah yang dinyatakan layak cetak oleh redaksi, akan didokumentasikan dalam buku yang didistribusikan ke seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Akan banyak mahasiswa dan akademisi yang mengenalmu lewat tulisanmu sendiri.

    Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan peluang sebagai penyaji atau pembicara di seminar-seminar. Hal ini jelas mungkin terjadi, jika gagasan cemerlang kamu dibaca oleh para akademisi yang kemudian tertarik untuk tahu lebih dalam. Singkat kata, dengan menjadi kontributor di UI UNTUK BANGSA, kamu telah mendapatkan predikat sebagai intelektual muda dengan pemikiran yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

  11. Dapat uang tambahan.
  12. Selain bernilai ibadah, sebagai bonus kamu bisa langsung dapat tambahan uang jika tulisanmu dinyatakan sebagai yang terbaik. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung, ada Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah) untuk tulisan terbaik pertama. Sedangkan untuk terbaik dua, ada Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah), dan Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk terbaik tiga.

    Intinya, tak akan rugi deh. Namun, hal ini jangan sampai jadi prioritas utama ya. Dengan menjadi kontributor UI UNTUK BANGSA, kamu telah banyak bermakna bagi Indonesia. Republik ini menanti pemikiran-pemikiran cemerlang kamu. Hidup mahasiswa, hidup intelektual muda Indonesia!

Ayo, ikuti Call for Paper UI UNTUK BANGSA, masih dibuka kesempatan sampai 25 September 2010. Ada hadiah jutaan rupiah untuk kamu yang tulisannya dimuat. Selain itu, dapatkan pula kesempatan untuk menorehkan namamu pada buku yang akan didistribusikan ke seluruh lembaga internal UI, dan 55 perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia.

Update terus info dari redaksi dengan add account facebook kami di http://www.facebook.com/uiuntukbangsa, follow on twitter di @uiuntukbangsa, atau sms ke Dimas (Pemimpin Redaksi) di 081519950517.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA