Esensi Sejati Seorang Pelajar


0

Assalamualaikum.

Esensi yang telah ada selama ini akan kewajiban dari seorang pelajar adalah belajar. “Tugas pelajar adalah belajar..” ya, itu yang sering dikatakan orang. Kita seakan lupa akan kewajiban melakukan hal kongkrit sebagai buah dari ilmu yang kita pelajari. Kita belajar pentingnya melestarikan warisan budaya, namun bukankah justru yang mempelajari adalah yang membuat warisan budaya semakin pudar ditengah globalisasi? Kita juga belajar pentingnya pelestarian SDA untuk kelangsungan hidup selanjutnya, namun mengapa hampir setiap pelajar berangkat ke sekolah dan kampus menggunakan kendaraan pribadi? teori adalah omong kosong belaka tanpa adanya realisasi.

Diluar sana, banyak harapan masyarakat tergantung menunggu kontribusi kita yang katanya “mahluk berpendidikan”. Mereka menunggu adanya sedikit cahaya yang kita bawa untuk hidup mereka, dan untuk negara yang carut marut ini. Mereka mengharap balasan dari pajak yang telah mereka keluarkan untuk mensubsidi biaya pendidikan kita dari sd, hingga perguruan tinggi. Mereka mengharap kesejahteraan. Namun yang terjadi, bekal ilmu yang ada justru melebarkan jurang pemisah antara yang kaya dan miskin.

Bertahun-tahun kita belajar, apakah sudah ada bentuk nyata dari pembelajaran tersebut? Pelajar bukan hanya soal mendapat nilai&ipk bagus, pelajar bukan sekedar mahluk yang sedang belajar. Pelajar bukan hanya songgok daging yang terobsesi menuju kepentingan pribadinya sendiri. Pelajar memiliki nurani untuk berbuat dari sekecil apapun ilmu yang telah didapat. Berbuatlah dari diri sendiri, mulai dari sekarang.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

0 Comments

Leave a Reply