Falasido UI 2013, Upaya Pejuang Budaya Melestarikan Bahasa Indonesia


0

FALASIDO

 

Ikatan Keluarga Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (IKSI FIB UI) kembali menyelenggarakan acara Falasido yang merupakan agenda penting tahunan bagi setiap angkatan. Falasido merupakan akronim dari“Festival Bulan Bahasa Indonesia” sebagai bagian dari upaya untuk menyinari dan mengembalikan keutuhan bangsa Indonesia, dengan menumbuhkan kecintaan, kebangaan serta membiasakan berbahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari diharapkan mampu pula menyinari dan mengembalikan keutuhan karakter bangsa Indonesia.

Hal ini pula yang mendasari tema Falasido tahun ini, “Mentari Bahasa: Sinari Bangsa dengan Bahasa Indonesia”.

Falasido ini merupakan suatu rangkaian acara, dimulai dengan Kampanye Peduli Bahasa, lalu dilanjutkan dengan acara-acara seperti Kuliah UmumSeminar dan Bedah Buku Darwis Tere LiyeLomba cerita kilat untuk SMP dan SMA tingkat NasionalKontes Desain Kaos untuk Umum tingkat NasionalLomba Anak Mendongeng SD se-JabodetabekLomba Musikalisasi Puisi tingkat SMP—SMAMahasiswa, dan Umum se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Lomba Bernyanyi Bahasa Indonesia oleh WNA se-Jabodetabek, Kuis Bahasa Indonesia “Super Kata” untuk 14 jurusan di FIB UILomba Teater tingkat SMA se-Jabodetabek dan puncaknya adalah Malam Anugerah yang sekaligus merupakan penutupan.  Namun, ada pula Pusat jajanan makanan dan belanja murah (bazaar).

Keseluruhan rangkaian acara yang diadakan di tanggal 28 – 30 Oktober ini memiliki tujuan untuk memperingati bulan bahasa Indonesia. Berdasarkan fakta, masih banyak warga Indonesia yang belum mengetahui bahwa bulan Oktober adalah bulan yang ditetapkan sebagai bulan bahasa Indonesia, yaitu perwujudan dari sumpah pemuda bait ketiga, yang mengakui bahwa pemuda Indonesia menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Diharapkan acara ini mampu menumbuhkan kembali kecintaan terhadap bahasa Indonesia, serta mengembalikan esensi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional yang berfungsi sebagai identitas bangsa Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara Falasido UI, dapat memantau linimasa Falasido UI 2013  di Twitter @FalasidoUI atau kunjungi situs webnya di http://falasidoui.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
galihwd

0 Comments

Leave a Reply