FISIP FUN FAIR 2009 ‘Evergreen’

Kali ini, Ikatan Alumni (ILUNI) FISIP UI bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Universitas Indonesia kembali menggelar acara FISIP FUN FAIR 2009 dengan tema Evergreen. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 17 Januari 2009 pukul 07.00 – 19.30 WIB, bertempat di Area Parkir FISIP UI Depok. Acara yang dibuka oleh Dekan FISIP UI, Prof Dr. Bambang Shergi Laksmono M.Sc, ini diselenggarakan dengan maksud untuk membangun kekerabatan antara seluruh unsur di FISIP UI yaitu mahasiswa, dosen, karyawan, dan para alumninya. Dengan tema Evergreen, penyelenggara juga bermaksud mengajak pengunjung yang hadir untuk lebih cinta dan peduli dalam menjaga kelestarian lingkungan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mengikutsertakan kalangan internal FISIP UI, FISIP FUN FAIR 2009 ini terbuka bagi masyarakat umum untuk hadir dan berpartisispasi dalam berbagai rangkaian kegiatannya. Pada hari yang cerah itu, rangkaian acara FISIP FUN FAIR 2009 diawali dengan kegiatan fun walk dengan rute yang dimulai dari  Area Parkir FISIP melewati Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya dan berakhir kembali ke Area Parkir FISIP.  Selesai kegiatan fun walk, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi bersama seluruh pengunjung. Selanjutnya acara diisi oleh berbagai hiburan, seperti pertunjukan tari Saman dari Komunitas Tari FISIP dan berbagai perlombaan, seperti perlombaan lari estafet pohon yang dilaksanakan di Lapangan Futsal FISIP UI dan berbagai lomba dan games lainnya berhadiah jutaan rupiah.

Acara FISIP FUN FAIR 2009 juga dimeriahkan oleh kehadiran berbagai stand, seperti stand komersil yang menjual berbagai jenis makanan, minuman, pakaian, stand totok wajah, hingga stand  yang menjual pernak-pernik khas anak muda, dan juga berbagai stand komunitas, himpunan mahasiswa, dan badan otonom. Stand-stand tersebut sangat menarik perhatian para pengunjung yang hadir.

Pada acara ini juga terdapat FISIP Tree, yaitu sebuah pohon yang dibuat dari barang-barang daur ulang yang menjadi tempat digantungnya kertas berisi harapan dari setiap pengunjung yang hadir. Beberapa kelompok pemerhati lingkungan turut terlibat, seperti komunitas lingkungan FLOEM (FISIP Love Environment), WALHI (Wahana Lingkungan Hidup), WWF, dan DML (Dana Mitra Lingkungan). Mereka memberikan penyuluhan mengenai kepedulian lingkungan khususnya pada progam pengolahan sampah. Hal ini merupakan bukti kepedulian BEM FISIP UI sebagai penyelenggara dalam usah-usaha melestarikan lingkungan. Isu pelestariaan lingkungan merupakan isu utama yang diangkat dalam setiap acara yang dibuat oleh BEM FISIP UI.

Rangkaian kegiatan FISIP FUN FAIR 2009 lainnya adalah kegiatan bakti sosial, mulai dari kegiatan cek kesehatan gratis, donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, dan penyerahan bakti sosial kepada sejumlah karyawan dan petugas di FISIP UI. Kegiatan cek kesehatan gratis tersebut berupa pemeriksaan urin dan darah, sedangkan kegiatan donor darah telah berhasil menarik lebih dari lima puluh orang untuk ikut menyumbangkan darahnya. Penyerahan bakti sosial berupa berbagai bahan kebutuhan pokok kepada sejumlah karyawan dan petugas di FISIP UI diserahkan secara simbolis oleh Rektor UI, Prof. Dr. Der Soz. Gumilar R Sumantri kepada Mas Min, pekerja Kantin FISIP UI yang dikenal dekat dengan para mahasiswa.

Selain itu, ILUNI FISIP UI dan BEM FISIP UI juga bersama-sama menggalang dana beasiswa abadi yang berasal dari sumbangan para alumni FISIP UI yang ditujukan untuk mahasiswa FISIP UI yang kurang beruntung dalam hal financial.

Acara pentas seni dimeriahkan oleh penampilan band-band karyawan dan band kolaborasi dekanat karyawan dan mahasiswa. Panggung pentas seni juga menampilkan bintang tamu yang merupakan alumnus dari FISIP UI, seperti Andien dan Ikang Fauzi yang tampil mempesona dengan penampilan akustiknya. Jamaica Café, Jude, Codova, dan Nunung cs pun hadir dengan penampilan istimewanya yang mampu mengajak pengunjung bernyanyi dan berjoget bersama-sama. Pancaran sinar Petromaks (PSP) yang anggotanya merupakan alumnus FISIP UI  yang telah cukup berumur pun mampu tampil memikat berkolaborasi dengan Nunung Cs. Penampilan The professor sebagai band yang beranggotakan guru besar-guru besar Universitas Indonesia banyak mengundang decak kagum dari para pengunjung FISIP FUN FAIR 2009. Selain itu, Saung Udjo juga telah berhasil mengajak pengunjung yang hadir untuk memainkan musik bersama dengan menggunakan angklung dalam kegiatan angklung session.

Berbagai komunitas seni di FISIP UI juga tidak mau kalah untuk unjuk gigi. Setelah dibuka oleh penampilan Tari Saman, Komunitas Tari FISIP juga menampilkan pertunjukan modern dance yang banyak menarik perhatian pengunjung. Komunitas Fotografi FISIP, Full Frame, menggelar pameran foto-foto FISIP UI, dan Komunitas Film FISIP, Fiktif, turut memutar film tentang FISIP UI. Komunitas Musik FISIP UI pun tidak mau kalah dengan menampilkan pertunjukan special dari Delay Monday dan Jam Session. ” Gak rugi deh dateng ke FISIP FUN FAIR 2009 ini, udah gratis, banyak banget manfaat, hiburan, tontonan menarik dan games berhadiah jutaan rupiah yang bisa didapetin, sekaligus bisa ketemu teman lama, senior,  atau mungkin dosen dalam suasana yang fun banget”, ujar Janeth Octaviani, Project Officer FISIP FUN FAIR 2009.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA