“FISIP Masuk Desa”, Bakti Mahasiswa Pada Pembangunan Masyarakat

Depok(20/06)BEM FISIP UI menunjukkan baktinya dengan menggagas sebuah program pelayanan masyarakat bernama “Fisip Masuk Desa”.  Dengan harapan untuk memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat acara ini dilaksanakan pada 11 Juni hingga 13 Juni 2012 di Dusun Cikadu, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Selama tiga hari para peserta dan panitia FMD menetap di rumah-rumah penduduk dan mengikuti beberapa kegiatan penduduk Desa Rabak.  Terdapat lima kegiatan pokok di bidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, hiburan, dan advokasi.

Kegiatan di bidang pendidikan terdiri dari pemberian buku, sekolah ceria, dan civil education. Di bidang kesehatan BEM FISIP UI memfasilitasi pelayanan pemeriksaan kesehatan umum dan kesehatan ibu dan anak, yang turut didukung oleh Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Dari segi kewirausahaan dilakukan rembuk desa mengenai pentingnya kewirausahaan dan strategi pembicara yag turut mendatangkan pembicara, yaitu Tangan Di Atas (TDA).

Dari segi advokasi peserta FISIP Masuk Desa melakukan pengapatan, pertemuan, dan tentunya penjatringan aspirasi warga Desa Rabak terkait minimnya fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar di dusun tersebut.

“Kita harus melihat realita yang ada di masyarakat sebab sebagai akademisi ilmu sosial, yang kita pelajari tidak akan berguna kalau kita sendiri tidak pernah mau turun ke masyarakat,” ujar Piebo Dimas salah satu peserta Fisip Masuk Desa.

Setelah melakukan berbagai kegiatan bermanfaat dari berbagai aspek BEM FISIP UI selaku penyelenggara turut melaksanakan kegiatan yang bersifat menghibur yaitu pembacaan dongeng anak-anak dan tentunya berbagai permaianan yang melibatkan mayoritas anak-anak di daerah setempat.

Lebih dari sekedar memberikan dukungan moril dan materil kepada masyarakat setempat, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi titik awal bagi mahasiswa untuk menguatkan kembali karakter kepedulian sosial yang dimiliki oleh masing-masing individu. Sehingga kedepannya kegiatan sosial berbasis kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar dapat lebih sering terwujud. (***)

 

 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

Humas “Fisip Masuk Desa”

Togi Prakoso Andito

085694841293

togi.prakoso@yahoo.com / fmd.ui.2012@gmail.com

Leave a Comment