FISIP Menggugat Bedah Kampus UI 2009


0

Tulisan ini adalah kronologis gugatan yang diajukan oleh FISIP terhadap BK UI 2009. Bukan untuk menjatuhkan panitia, tapi untuk perbaikan BK di tahun-tahun yang akan datang, dan untuk menjadi bukti bahwa permasalah ini pernah terjadi. Satu lagi, untuk tahun ini permasalahan ini telah selesai, dengan respon yang baik dari panitia terhadap gugatan yang diajukan oleh FISIP.

Di balik meriahnya perhelatan Bedah Kampus (BK) UI pada tahun 2009 ini, terdapat permasalahan yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Permasalahan ini timbul ketika FISIP merasa diabaikan kepentingannya dan merasa hanya dijadikan pelengkap dalam rangkaian acara Bedah Kampus kali ini. Beberapa permasalahan yang timbul dan menjadi argument FISIP ketika melakukan protes adalah:

  1. Kami (FISIP)—persetujuan dari FORBAMA FISIP—merasa hanya sebagai pelengkap dari acara BK UI. Hal itu dilihat dengan berbagai peraturan yang diterapkan kepada stan jurusan. Kami menganggap bahwa perturan tersebut hanya pantas diterapkan oleh sebuah perusahaan kepada para SPG/SPB-nya. Padahal jika dilihat para penjaga stan jurusan bukanlah orang yang dibayar.
  2. Kuota penjaga panjaga stan yang hanya 7 orang. Argumen panitia adalah kapasitas Balairung yang tidak memadai. Kami menilai bahwa itu adalah kesalahan panitia, merasa tidak dapat mengantisipasi kapasitas Balairung dan kemudian menerapkan peraturan yang justru merugikan pengisi stan jurusan.
  3. Hal terpenting yang menjadi puncak protes kami adalah posisi STAN FISIP yang ditaruh di luar balairung. Walaupun katanya semua stan ditutupi tenda dan menjamin tidak akan kehujanan. Dan lagi-lagi alas an mereka adalah Kapasitas yang Balairung yang tidak mencukupi. Dan lagi-lagi kami berargumen itu kesalahan panitia yang tidak dapat menghitung kapasitan Balairung.

Melihat hal-hal tersebut, kami melihat bahwa posisi stan jurusan di BK hanya dijadikan sebagai pelengkap saja. Panitia lebih mengutamakan kuantitas jumlah pengujung yang tentunya akan menambah keuntungan mereka, tanpa memperdulikan kapasitas Balairung yang tidak pernah bertambah. Untuk sekedar info jumlah tiket yang terjual mencapai 13.000 orang. Itu artinya pendapatan yang mereka peroleh dari tiket saja mencapai Rp 247.000.000 (@Rp 19.000).

Dengan berbagai permasalahan tersebut, kemudian ketua-ketua Himpunan Mahasiswa se-FISIP mengadakan rapat untuk membahas permasalahan ini. Dan Kemudian keluarlah beberapa rekomendasi-rekomendasi yang diajukan ke panitia BK UI 2009. Berikut Kronologisnya:

1. 9 November 2009 (Pusgiwa: 16.00): Brieffing III stan jurusan di Ruangan BK Pusgiwa. Menetapkan bahwa stan jurusan untuk FISIP, FH, dan FE. Di luar Balairung

(Pusgiwa: 19.30): Perwakilan HM Politik dan HM Kriminologi menemui wakil ketua BEM UI dan minta klarifikasinya, untuk hal tersebut dia menjanjikan untuk ketemu lagi Hari Rabu, karena panitia BK sudah pulang.

2. 11 November 2009 (FISIP: 20.00): 3 Perwakilan BK UI mendatangi FISIP, karena sudah malam ketika itu hanya ada perwakilan HM Politik, Kriminologi, dan Sosiologi. Dan akhirnya membuat janji pertemuan yang lebih besar.

3. 12 November 2009 (FISIP: 10.00): Perwakilan BPM, BEM, HM se-FISIP (kec. HM ADM, Komunikasi dan HI karena sedang kuliah) mengadakan rapat untuk membahas hal ini dan membuat keputusan

  1. Untuk masalah tempat adalah harga mati untuk FISIP, FISIP menuntut posisinya dikembalikan ke dalam Balairung. Jika tuntutan diabaikan maka FISIP secara tegas tidak akan berpartisipasi di BK UI 2009 (walk out). Dan akan mengadakan BK FISIP sendiri pada tanggal yang sama.
  2. Untuk jumlah kuota yang berjumlah 7 FISIP meminta tambahan 3 orang/shift. Jika diabaikan kami meminta ganti rugi Rp 500.000/HM.
  3. Untuk peraturan-peraturan yang lain yang dianggap nyeleneh akan dibicarakan kemudian.

(FISIP: 16.00): Semua perwakilan HM telah datang, namun hingga pukul 18.00. Panitia BK tidak kunjung datang, sehingga beberapa HM memutuskan untuk pulang.

(FISIP: 19.00): Perwakilan BK datang, namun semua HM telah pulang, yang ada hanya perwakilan HM Kriminologi dan BPM. Dari dari rapat ini tidak diputuskan apa. (deadlock).

(SMS: 22.00): Ketua BK mengatakan tuntutan pertama soal penempatan stan FISIP dapat dikabulkan. Namun masalah kuota tidak dapat dikabulkan. FISIP belum dapat mengatakan ‘iya’ dan hanya mengatakan akan dibahas dahulu.

4. 13 November 2009 (SMS): FISIP tidak dapat menyetujui pernawaran tersebut. Untuk hal itu panitia ingin ketemu lagi. Namun kami mengatakan tidak bisa, kalau mau hari Senin, 16 November 2009.

5. 16 November 2009 (Pusgiwa: 19.00): Perwakilan ADM, Antropologi, Politik, dan Kriminologi hadir. Di sini panitia mengatakan tidak dapat memberikan kuota lebih lagi. Dan sebagai gantinya akan memberikan makan siang kepada penjaga stan (7 Bungkus)

(Pusgiwa: 20.00): FISIP menyetujui untuk kuota yang tidak ditambah, namun meminta jumlah Makan Siang menjadi (14 bungkus dan 14 snack untuk H-1). Untuk hal itu panitia akhirnya menyetujui dan akhirnya kedua belah pihak menandatangai perjanjian bersama mengenai hal ini. Yang ditandatangai oleh Aulia (Koord FISIP) dan Bintang (Ketua BK UI).

Di luar dari permasalahan tersebut kami melihat bahwa BK UI sudah keluar dari tujuan awalnya. Kami melihat ketidaksingkronan antara tujuaan diadakan Bedak Kampus dengan struktur dari acara tersebut. Dapat kita ketahui bahwa BK merupakan ajang untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada siswa SMA untuk dapat masuk ke UI. Tujuan yang mulia, namun justru dalam pelaksanaannya terlihat sebagai ajang Komersialisasi Informasi Pendidikan oleh BEM UI. Hal itu dapat dilihat dengan Acara Bedah Kampus ini merupakan proker dari bidang DANUS yang tentunya tujuan utamanya pasti untuk memperoleh keuntungan.

Oleh karena itu kami merekomendasikan kepada Panitia BK selanjutnya, untuk hal ini menjadi pelajaran dan tidak terulang lagi. Rekomdasi tersebut adalah:

  1. Jika BK memang acara komersil, maka perlakukan para Stan Jurusan sebagai Rekan Kerja yang saling menguntungkan. Jangan perlakukan kami seperti SPG/SPB yang membutuhkan BK UI untuk mempromosikan Jurusan kami. Dan meminta transparasi keuangan BK UI.
  2. Jika itu merupakan acara charity atau Pengabdian Masyarakat maka kami siap untuk mentaati peraturan yang berlaku, namun dengan satu syarat, JADIKAN BEDAH KAMPUS GRATIS . . . Jika tidak mampu, maka kembali ke rekomendasi awal (a)

Sekian informasi ini kami sampaikan, tidak untuk menyinggung siapapun, namun untuk perbaikan Bedah Kampus UI yang akan datang.

Sekali lagi permasalahan untuk BK UI 2009, telah SELESAI . . .


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
crliquid

Seorang mahasiswa yang mencari jati diri. Mencari kebenaran dalam kegelapan.

57 Comments

Leave a Reply

  1. ya elah kirain apa..katanya masalah udah selesai, kenapa pake di posting segala..memicu masalah baru aja..

  2. Saya masih belum menemukan rasionalitas alasan untuk mempermasalahkan penempatan beberapa fakultas yang di luar balairung. Menurut saya, pengunjung bedah kampus telah memiliki preferensi fakultas sebelum mereka masuk ke balairung UI, jadi misal mereka memang ingin mengetahui fisip, fh, atau FE, mereka pasti akan mencari stand fakultas tersebut. Jadi argumen anda tidak logis dengan mempermasalahkan panitia.

    lalu saya juga tidak setuju dengan anda yang mempermasalahkan struktur organisasi bedah kampus yang masuk di bawah biro dana usaha BEM. kita semua tahu bahwa proker2 dalam BEM UI dan bem2 fakultas lain memerlukan dana. dan kita semua juga tahu bahwa dana kemahasiswaan itu jauh dari cukup untuk membiyai semua itu. Jadi saran anda untuk menjadikan program bedah kampus sebagai acara chairity atau free entry sangat tidak beralasan.

    namun saya setuju dengan saran anda untuk lebih memperhatikan kondisi panjaga stand. akomodasi mereka memang perlu ditingkatkan terutama masalah konsumsi. Untuk jumlah penjaga yang ditambah, menurut saya akan tidak efektif jika menjadi 10 orang.

  3. @Lebay: Hahaha justru gua posting biar anak2 pada tau…. dan ga diulangi lagi tahun depan. Biar ada bukti bahwa hal ini pernah terjadi.

    @Dimas: Bukan masalah dipindahkan atau apa. Tanpa bedah kampus kami-pun tetap akan menjadi fakultas di UI yang selalu dicari oleh siapapun. Namun, yang dipermasalahkan adalah mengapa hal tersebut mendadak, hanya karena alasan jumlah kuota tiket yang sampai 13rb.

    Terkesan Panitia terlalu menjual gila-gilaan tiket, tanpa memperhatikan kapasitas balairung yang terbatas. Dan akhirnya beberapa fakultas harus menerima kebijakan itu semua. TOP DOWN

    Semua organisasi memang membutuhkan dana, tapi bukan ini caranya. Anda menjual UI untuk mendapatkan Uang????

  4. Tanpa bedah kampus kami-pun tetap akan menjadi fakultas di UI yang selalu dicari oleh siapapun

    Weee…wwww

    #2 : lo klonengannya Ilman kan? cepet amat soalnya 😆

  5. 1. gue mau tanya. alasan FILOSOFIS dari nggak boleh bawa snack garing ke stand TAPI boleh bawa jajanan pasar yang kering apa ya? kok kayaknya ga ada beda sama sekali tapi ini begitu di permasalahkan oleh pihak panitia.

    2. pernahkah panitia berada di posisi merasa TIDAK dihargai ketika kerja keras selama seminggu penuh menguras otak, tenaga, dan biaya begitu besar namun ketika hari H tidak terakomodasi dengan baik segala kebutuhan dari pihak yg menyelenggarakan acara?

    3. Mengapa “seakan-akan” pihak panitia sepertinya saling merepotkan pihak panitia dari masing-masing fakultas? contoh: acara dimulai jam 11.00 WIB siang hari (Sabtu, 21 November 2007), namun kenyataannya entah perasaan gue atau bukan kok jam 10.00 WIB MC sudah membuka acara? sedangkan pihak panitia fakultas belum boleh masuk karena HARUS menunggu anggotanya lengkap berjumlah 7 orang, padahal stand belum siap benar. terpaksa dari pihak panitia fakultas harus menunggu anggotanya yang pada umumnya sedang mempersiapkan alat-alat yg ada di stand nantinya (fotokopi brosur, membeli peralatan yang tokonya baru buka jam 10.00 WIB, dll).

    4. gue kecewa dengan keputusan panitia BK bidang presentasi atau apalah itu yg buat perform di atas panggung terutama masalah laptop. gue udah menduga dari awal pagi-pagi hari H ketika bahan presentasi dari fakultas gue (kebetulan gue bertugas di bidang itu dan menjadi operator fakultas) yang ingin mempresentasikan video dan power point. yg gue takutkan adalah kapasitas laptop yg penuh sehingga membuat video hasil kerja keras gue selama ini menjadi lag. and BANG! dugaan gue benar saudara-saudara. padahal gue udah minta alternatif buat pake harddisk eksternal gue supaya kapasitas nggak penuh. tapi pihak panitia “seakan-akan” meremehkan gue.

    overall. gue setuju sama beliau yang menulis postingan ini. toh walaupun kami pihak fakultas tidak di ikut sertakan juga, masih banyak yang mengantri untuk masuk Universitas Indonesia sebagai Universitas favorit mereka.

    oh ya, ini bukan protes loh. cuma “curahan hati” saja karena setelah kerja keras selama itu, kok malah dihargai segini.

    dan satu lagi. untuk kata yang gue tulis dengan HURUF KAPITAL, bukan berarti gue marah. bukan pak. tapi itu HANYA “penekanan” saja.

    lebih dan kurangnya gue mohon maaf kalau dalam curhatan ini membuat panas kuping para panitia Bedah Kampus Universitas Indonesia kita tercinta ini yang sudah dengan sangat pusingnya membuat acara itu menjadi sukses (?).

    semoga di kemudian hari tidak ada kesalahpahaman lagi di antara kita semua dan tidak membuat persatuan ini menjadi terbelah.

    Kepal jari jadi tinju!
    UI kampus-ku!
    Bersatu Almamater-ku!

    UI !!!

  6. yaelah,,,,fisip kalau gue simpulkan fisip iri melihat BKUI banyak dapat umtumg betul…………..

    alasan 1,manyebutkna dana 247 jutan diatas dan minta kompaensasi 500/HM…..masya Allah loe sewlenggarin acara terus gue minta duit….lagi argumen loe gak masuk akal…apa karena otak loe ga nyampe berpikir sejauh itu….

    pakai kata-kata komersialisasi informasi pendidikan,,loe maju tahun depan jadi PO BK 2010 terus rasakan ya……….lagian banyak anak fisip stafnya berarti mereka setuju donk,,,fakultas kay ex ekonomi gak protes,,,,terus FH gudang prestasi Internasional,gak kayak giru gue bilang 1 kalimat kelaut aja……….

  7. #6: wew fakultas paling
    apa ini bawa2 nama gw segala? hahaha..

    #9: andre
    kalo gw boleh mengasumsikan iqbal jujur (dan insya Allah iya), FISIP nggak ngiri.. kalo ngiri mah mana mungkin mereka ngasih rekomendasi perbaikan kaya di atas.. iya ga bal?

    ————

    lagi pula iqbal dkk kan udah bilang kalo masalah udah selesai, nulis ini cuma buat dokumentasi aja biar ga terulang di masa depan.. jangan ngangkat jadi masalah baru lagi.. iya ga bal 😀

  8. silahkan anda merasakan menjadi panitia bedah kampus sendiri..mungkin ini akan menjadi pembelajaran di tahun yang akan datang,,tapi jika anda belum pernah merasakan bergabung dalam kepanitiaan bedah kampus,,anda tidak akan mengerti bagaimana sebenarnya di dalamnya dan mengapa hal tersebut bisa diputuskan..

    semua keluarga besar bedah kampus UI 2009 telah memberikan seluruh kemampuannya semaksimal mungkin untuk terselenggaranya acara ini..

  9. oooh.. udah selesai tooh..
    moga2 aja win-win solution..
    oia, kesepekatan kalian (FISIP dan panitia BK 2009) yang dipublish di sini segitu doang? ayo laah, bair kita tahu dan juga biar ga ada dusta di antara kita.. kalo emang segitu doang sih, hmm berarti ga ada dusta di antara kita, he..

    komen iseng buat penulis: mas, ditempat gelap bisa cari kebenaran yee? hihii..

  10. #10 yee jadinya elo komen juga kan?? Terus komennya ga ngejunk lagi. Haha, ada cara baru menarik komen Mimin IlmanAkbar 😀

  11. @Andre: Hahhaha Ngapain kami iri, kami bisa cara lain untuk mendapatkan dana untuk organisasi2 kami.

    Kalau mengenai alasan 500/hm dll, itu kluar karena melihat BK merupakan acara komersil, maka knapa ga skalian kita komersilin panitia BK . . .
    Tapi klo itu acara charity, maka kami dengan sepenuh hati akan membantu….

    And Kalau mereka tidak protes, itu pilihan mereka…. tapi yang jelas….

    @Name: Gua pernah ko jadi panitia BK…walau mungkin mungkin ga seaktif anda.

    @Julbe dan Ilman: Ya ini kaya dokumentasi. dan ini pernah dibicarakan pasca tanda tangan. Bahwa kita akan publish masalah ini. Tapi intinya gua publish adalah untuk orang mengetahui dan memberikan pendapatnya. Jadi Pro-Kontra itu biasa….

  12. coba ya mas cr_liquid ini maju jadi PO BK 2010..
    rasain dah tu susahnya ngatur orang..
    semua panitia berusaha semaksimal mungkin memberikan info yang sebenar”nya dan sebanyak”nya tentang UI untuk anak” SMA itu.. bukan mencari keuntungan dari duit anak” SMA kok..

    kalo cuma masalah tempat, semua stand fakultas pasti mau milih di tempat yang enak lah..
    kenapa ga nrimo aja deh?!

  13. wah setau saya pengeluaran panitia BK besar sekali. jadi kalo mau BK gratis, nah silahkan monggo bantu dibayarin lah, hehe

    kan pengabdian masyarakat tuh, jadi tiap jurusan bisa bantu biaya operasional buat nutupin dana.kalo BK mau gratis loh yah..
    jadi bakal kerasa loh upaya kerja kerasnya seluruh jurusan di UI, kalo 52 jurusan nyumbang sekitar 3 .5 jutaan,
    sekali lagi, kalo mau BK gratis, cari sponsor yg siap rugi juga, hehe

    no offense yah mas, monggo ditawarin kalo mau jadi PO berikutnya, open tender kok itu 🙂
    kali bisa lebih baik dibawah asuhan mas cr_liquid mungkin bisa lebih banyak inovasinya

    kritik membangun, semoga jadi evaluasi buat panitia-panitia BK kedepannya, semua aspek lebih harus diperhatikan dgn seksama.

    yah, saran aja. mari coba menempatkan diri di posisi sebaliknya, jadi saling mengerti,
    mau dipahami tapi ga pengen memahami, semua orang punya kepentingan masing-masing tapi lebih bijaksana kalo mencoba memandang sudut pandang pihak yg bersebrangan, dan cari kesaman visinya meskipun banyak friksi disekelilingnya.

    gak bela siapa2 loh, cuma daripada jadi forum ‘panas’, mending diskusi damai,

    mas iqbal kan calon pemimpin di fisip jadi wajar kalo dia membawa aspirasi temen-temen fisip, dan buat panitia BK yg sudah bekerja maksimal
    masih banyak evaluasi untuk BK kedepannya, dan jangan lupa memperhatikan semua aspek kelayakan buat semua yg ngebantu acara BK.

  14. Pengen ngasih tau aja kalo Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil tidak mengirimkan satu orang pun perwakilan, jika pun ada itu bukan utusan dari IMS (ikatan Mahasiswa Sipil). Berikut adalah tulisan yang dibuat IMS untuk warganya.

    Bidang Humas IMS 2009 memutuskan untuk tidak ikut serta dalam stand jurusan pada Bedah Kampus 2009. Keputusan ini diambil setelah serangkaian pemikiran dan pemahaman akan kondisi yang ada. Berikut adalah beberapa kondisi yang perlu dipahami terlebih dahulu.

    Bedah Kampus adalah proker dari BEM UI.

    BK bukan merupakan acara yang diselenggarakan oleh pihak rektorat UI. Proker ini murni inisiatif dari BEM UI untuk memberikan informasi kepada anak-anak SMA akan jurusan-jurusan apa saja yang ada di UI ini. Pihak rektorat mengetahui dan mengizinkan penyelenggaraan acara ini. Namun keterlibatan pihak rektorat ini berdasarkan permintaan/undangan dari panitia BK juga.

    Bedah Kampus tidak berada di bawah bidang Humas BEM UI, melainkan bidang Danus BEM UI.

    BK adalah acara yang cukup prestisius dan terkenal dari BEM UI. Setiap tahunnya lebih dari 10.000 pengunjung yang datang ke acara ini. Untuk tahun ini saja sejak H-2 minggu tiket masuk BK 2009 telah terjual habis untuk 13.000 pengunjung. Berdasarkan perkataan dari kandidat no.1 calon ketua BEM UI 2010 pada kampanye-nya di FT hari Jumat yang lalu, pendapatan dari proker BK dapat mencapai 90 juta rupiah. Hal ini menjadikan proker BK menjadi proker utama dalam memperoleh dana usaha untuk BEM UI.

    Terdapat 2 alasan besar yang menyebabkan IMS 2009 “menarik diri” dari Bedah Kampus 2009.

    fundamental wewenang organisasi mahasiswa

    Kami sebagai pengurus merasa bahwa secara fundamental, kepentingan untuk mempromosikan UI tidak terletak pada organisasi mahasiswa. Dari kegiatan mempromosikan UI, pihak yang berkepentingan adalah birokrat kampus. Segala kebijakan jalur masuk maupun akademis dari perkuliahan bukanlah merupakan wewenang dari organisasi kemahasiswaan. Oleh karena itu juga, bukan wewenang dari organisasi mahasiswa untuk dapat mempublikasikan hal tersebut.

    Jika dikaitkan dengan kondisi yang ada, IKM FTUI belum lama ini mempermasalahkan mengenai independensi dari organisasi mahasiswa. Dengan demikian, humas IMS merasa bahwa kegiatan mempublikasikan UI juga dapat dilihat sebagai intervensi mahasiswa dalam kegiatan atau wewenang birokrat kampus. Walaupun dalam hal ini, intervensi yang dilakukan berdampak “positif” bagi birokrat itu sendiri.

    ketidaksetaraan kerja sama Panitia BK – humas jurusan

    Walaupun terdapat perbedaan sudut pandang pada poin 1 namun IMS merasa tetap perlu memberikan bantuan kepada panitia BK. Namun konsep “bantuan” ini tidak sejalan dengan kerjasama yang ditawarkan kepada pihak humas jurusan dengan pengajuan MoU dan SOP Stanjur yang ada.

    a. MoU

    Pasal III

    1) Pihak Kedua (Humas Jurusan) sebagai pengisi acara Bedah Kampus 2008 berkewajiban memberikan prestasi berupa pemberikan informasi seputar program studi dengan ketentuan yang berlaku kepada Pihak Pertama dan mengikuti Ketentuan Khusus pada Pasal IX.

    Pasal VI

    2) Apabila Pihak Kedua membatalkan kerjasama ini secara sepihak maka Pihak Pertama akan membicarakan lebih lanjut mengenai sanksi tersendiri.
    3) Apabila Pihak Pertama membatalkan kerjasama ini secara sepihak maka Pihak Pertama dibebaskan dari segala tuntutan oleh Pihak Kedua untuk kepentingan masing-masing.

    Pasal IX

    17) Apabila Pihak Kedua melakukan pelanggaran terhadap aturan yang telah ditentukan maka Pihak Pertama berhak untuk melakukan teguran terlebih dahulu, sambil diawasi selama 15 menit apabila tidak ada perubahan maka Pihak Pertama diperkenankan untuk memberlakukan

    a. Memberikan denda:
    – Mengotori stand Rp 5.000/stand
    – Merusak partisi sesuai dengan kerusakan
    – Membawa makanan berat/minuman selain botol air mineral Rp 10.000/item
    – Melakukan sosialisasi saat berkeliling Rp 20.000
    – Menggunakan areal dari yang ditentukan Rp 30.000

    b. Diperbolehkan untuk diusir:
    – Makan di depan umum dan di areal stand (makanan berat)
    – Merokok
    – Melakukan tindakan asusila
    – Mengganggu pengisi stand lain (apabila ada laporan)
    – Berkelahi
    – Menerobos masuk
    – Membuat keributan

    b. SOP Stanjur
    Setiap stand hanya boleh diisi oleh 7 orang dengan perincian 1 orang yang tinggal di dalam stand, 4 orang melakukan sosialisasi di areal stand jurusannya, dan 2 orang berkeliling (tapi tak boleh promo/sosialisasi). Salah satu dari 7 orang ini harus merupakan anak Kesma Fakultas/Jurusan.

    Flyer-flyer yang akan disebarkan selama hari H selain berisi mengenai informasi yang berkaitan dengan fakultas juga harus berisi mengenai alur keringanan dari setiap fakultas dan beasiswa yang disediakan baik oleh pihak fakultas maupun UI.

    Dari hal-hal yang disebutkan maka Humas IMS 2009 melihat bahwa keuntungan yang didapat dari acara ini tidak sebesar itu untuk dapat dikenakan berbagai kewajiban yang disyaratkan. Pihak BEM UI menjadikan BK sebagai acara pengumpulan dana bagi kepengurusannya. Sedangkan di lain pihak, adalah pihak Humas jurusan yang “diminta” (atau sesuai dengan MoU: diwajibkan) untuk mengisi dan memberikan informasi mengenai program studi yang bersangkutan. Dengan kondisi ini maka kepentingan yang ada menjadi miliki pihak panitia BK untuk dapat melaksanakan acaranya. Dengan demikian, segala pengekangan yang diberikan dalam bentuk kewajiban-kewajiban yang ada menjadi tidak sesuai di mana pada kondisi ini pihak panitia BK lah yang mendapat keuntungan secara jelas dari penyelenggaraan acara Bedah Kampus.

  15. anak FISIP yang protes itu hebat..mereka ngajuin menjelang hari H..dan itu cukup ngebuat panitia kalangkabut..dan alasan mereka cukup masuk akal tapi satu yang gw gk suka. KENAPA NYINGGUNG MASALAH DUIT???? itu sama aja kalian juga nyium2 masalah DUIT kan..kalo kalian keberatan si ajuin aja keinginan kalian DAN GK USAH NYINGGUNG MASALAH DUIT…

  16. @Lexus: Tawaran yg menarik, n boleh dicoba . . . saya akan pikirkan. Tapi jgn dibawah danus lagi ya…

    @Salboy: Ya, saya juga tau itu. Itu pilihan masing2 jurusan, dan alasan anda memang dirasakan oleh anak2 FISIP.

    @Nanda: kami mengajukan menjelang hari-H karena ternyata perubahan terjadi h-2 mgg…. coba anda baca lagi kronologisnya. Saat ada perubahan tmpt, saya langsung mendatangi BEM UI.

    All pndat saya hampir sama dengan Salboy, namun kalau saya melihat jika hal ini terus dibiarkan, maka semakin banyak jurusan-jurusan lain yang cabut dari BK….. Ini semua untuk kebaikan bersama, saya menulis ini 😀

  17. @nanda, menurut gw wajar aja kalo fisip ngebahas duit. mereka kan emang harus mengeluarkan dana juga buat bedah kampus, contohnya buat bikin flyer, menghias dan lain sebagainya.
    @julbe, menurut gw itu bukan ego, tapi lebih ke prinsip.
    @cr_liquid, setuju dengan anda. IMS tidak keberatan datang dibedah kampus tanpa dibayar, contohnya tahun-tahun kebelakang. namun agak gak sreg aja dengan peraturan yang dibuat panitia. hal ini harap dijadikan pertimbangan buat panitia bedah kampus berikutnya.

  18. coba temen2 baca komen atas nama damai di no.16..gw sependapat sama dia..
    ini semua cuma masalah sudut pandang,
    gw ngerasain bgt capeknya dan hampir seluruh panitia tuh memberikan tenaga,pikiran serta waktunya demi kepanitian BK secara total..
    tapi dilain pihak kalo ditelisik lebih lanjut ga tau kenapa gw jg ngerti uneg2nya iqbal akan ketidaknyamanan yang dia terima, gw yakin masih ada iqbal2 lainnya di luar sana ..
    semoga ini menjadi pembelajaran buat kita semua,mohon sekali untuk teman2 saling memahami jangan hanya ingin dipahami.
    untuk panitia BK ini bisa jadi pembelajaran ke depan untuk membuat BK yang lebih berkualitas dari tahun ke tahun..
    terima kasih

  19. gw merasa kalo semua orang disini tau kalo jadi panitia BK capek banget. yang menurut gw perlu ditekankan di sini adalah “kita adalah temen lo, bukan pesuruh lo.”
    logika seperti ini.gw mau bantu lo, tapi masa lo udah minta bantuan gw ,lo masih maksa gw trus bisa ngehukum gw? menurut gw, hal ini yang perlu ditegesin.

  20. waw..ternyata masalah ini dipublish juga ya.sangat detail tapi sayangnya tidak terlalu detail untuk mengklarifikasi 1-2 hal sehingga terkesan ‘menyalahkan’ panitia BK pd beberapa bagian.walopun nggak penting sih yg hrs diklarifikasi.tapi seolah-olah menunjukkan bahwa panitia BK tdk profesional pdhl tdk begitu kenyataannya.

    Well,seru juga ikutan diskusi di sini, mengingat gw juga pernah ikutan jadi panitia BK, walaupun tahun ini sudah tidak ikutan lagi.Saran-saran dari Iqbal (atas nama FISIP)emang berguna banget dan memang harus diperhatikan oleh panitia BK selanjutnya.Panitia BK harus mulai menyadari bahwa temen2 dari fakultas bukan hanya berperan sebagai ‘pelengkap’, tapi justru merekalah pengisi acara utama dari BK itu sendiri.Ya tanpa kerjasama dgn temen2 dari fakultas/jurusan,gimana caranya mau memberikan informasi yg lengkap ttg jurusan2 yg ada di UI.Untuk ke depannya,panitia BK harus bisa memfasilitasi kebutuhan para pengisi acara utama ini,bukan justru lebih memperhatikan artis2 yg hanya sebagai penghibur di BK saja…

    Tapi satu hal yg harus diperhatikan juga,bahwa hal ini seharusnya tdk hanya menjadi concern panitia BK saja.tapi juga dari pihak BEM UI itu sendiri yg menaungi proker ini.tadi kan sudah disinggung di atas,kalau BK berada di bawah biro Danus dmn BK ini diharapkan dapat menghasilkan profit yg sebesar-besarnya.Terkadang itulah yg menjadi benturan antara pihak BEM dgn pihak panitia.BEM menuntut profit yg besar sedangkan teman2 tau sendiri kalau pengeluaran BK pun tidak sedikit.pemasukan yg besar diimbangi dgn pengeluaran yg besar pula.hal inilah yg membuat panitia harus menekan biaya di sana-sini agar mendapat profit yg diinginkan.dan yg akhirnya pun terlihat,pelayanan panitia BK pun menjadi tidak maksimal.

    Gw setuju banget sama Iqbal,kalo BK lebih baik digratiskan saja.mungkin ga gratis juga ya,setidaknya ada biaya masuk tapi tidak terlalu mahal sampai 20rb.setidaknya biaya itu bisa digunakan untuk membiayai fasilitas yg digunakan BK.yah,terkait dgn topik sebelomnya, dimana BK merupakan proker dari Danus jadi tujuan acara ini adalah untuk komersil.kan jadinya sayang,tujuan acara ini pada akhirnya adalah untuk mendapatkan profit yg sebesar2nya.padahal seharusnya kan tujuannya untuk memfasilitasi adik2 kita yg membutuhkan informasi ttg UI,dan sebaiknya profit bukanlah tujuan utama dari diselenggarakannya acara ini.So,untuk BEM UI, mungkin ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk penyelenggaraan BK selanjutnya.

    Dan untuk panitia BK selanjutnya, tampaknya saran2 diatas sudah cukup mewakili apa yg ingin gw sampaikan.Selain lebih memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan pengisi acara,ada baiknya panitia juga menjalin hubungan yg baik dan banyak2 berdiskusi untuk mendapatkan feedback dari temen2 dari jurusan/fakultas,karna BK bukan hanya acara BEM UI tadi juga acara kita semua dengan seluruh fakultas yg terlibat di dalamnya.

    Mungkin itu aja dari gw.mohon maaf kalo masih ada kekurangan dlm penyampainnya.gw juga ga bermaksud untuk menyudutkan pihak manapun kok.jadi kalo ada yg ga setuju dgn pernyataan gw di atas,mari kita diskusikan =)

  21. yah saya cuma bisa bilang kalo semua orang punya kepentingannya masing-masing, jadi memang harus saling memahami dan duduk bareng buat cari win-win solution.

    sekali lagi itu emang menjadi pembelajaran bahwa banyak hal yang harus panitia BK kedepannya sesuaikan, bahawa kita bekerjasama dan bukannya menjadi “pesuruh”

    dan mohon maaf kalo menyinggung soal MOU, mungkin Salboy lebih baik menyertakan SELURUH isi MOU (no offense yah, cuma penekanan loh..) jangan hanya pasal2 yg menurut lo “beda prinsip fundamental” dengan panitia Bk, soalnya ini forum bebas, karna kalo lo begitu, kesannya lo ‘menjatuhkan’ mereka, coba kalo bisa di floor semua isi MOUnya biar semua orang yg baca forum ini menilai baik2 apakah memang “segitunya” panitia BK bisa main sanksi aja tanpa dasar apapun.

    kayak yg gw bilang diatas, belajar melihat dari berbagai sisi. setau gw di kepanitiaan manapun ato acara apapun memang diperlukan MOU agar keseluruhan acara berlangsung lancar, bukan bermaksud menjatuhkan satu pihak, ato membuat pihak lain berkuasa dan yg satunya merasa direndahkan.

    dan maafkan kalo lg2 gw sotoy, seinget gw ada pasal di MOU BK yg bilang (terakhir kalo ga salah) segala perselisihan akan diselesaikan dengan kekeluargaan (yah begitulah kalo ga salah) dan bukan langsung dikenakan sanksi kalo dilakukan pelanggaran tapi berupa teguran 1, 2, dan ke 3,
    gw rasa kalian pasti juga kesel kan kalo dengan teguran ga mempan? ato semua pihak ga bisa bekerjasama dan bikin kacau, nah untuk itulah MOU dibuat. dan (lagi-lagi) kalo ga salah, masalah MOU sudah di floorkan kedepan seluruh perwakilan jurusan pada TM I, dan dikirim ke email masing-masing untuk kemudian di feedbackan ke panitia BK kalo ada yg ga sependapat.

    intinya dari tadi gw ngomong panjang lebar adalah, kalo memang ada hal yg mau dipaparkan berdasarkan bukti, tolong hal tersebut dilampirkan secara keseluruhan, jadi jangan hanya memaparkan hal2 yg menurut kalian ga berkenan aja. biar yg lain ikut menilai dr semua pihak.

    gitu loh mas, kita kan mahasiswa, jadi mari berpikir dan bertindak dengan dewasa. gw ga membela salah satu pihak kok, hanya pendapat pribadi saja, toh ini forum diskusi yg beradab kan?
    damai yah 🙂

  22. mungkin gw belom bilang diawal, di sini gw pihak netral. gw bukan pengurus Ikatan Mahasiswa Sipil dan bukan panitia BK. jadi gw gak punya MoU, diharapkan panitia BK atau yang memiliki di post di sini.

    saya tegaskan, yang gw post pertama merupakan suara dari Ikatan mahasiswa Sipil. ada di paragraf pertama, “Berikut adalah tulisan yang dibuat IMS untuk warganya.” ini untuk pemberitahuan aja, bahwa Ikatan Mahasiswa Sipil tidak mengikuti bedah kampus beserta alasan-alasannya. sisanya merupakan pendapat pribadi, mohon jangan disalah artikan

  23. eh boy, emang kenapa kalo bk yang seharusnya jadi program humas rektorat jadi dilaksanain oleh mahasiswa? alesan lo ga jelas, boy.. (enak juga ye manggil2 lo boy,hehehee).. melihat poin fundamental organisasi mahasiswa yang lo jabarin, gw rasa ini bukan masalah wewenang(hak) atau kewajiban siapa-siapa.. tapi lebih kepada kesadaran untuk membangun ui secara bersama.. tapi kalo itu yang jadi fundamental IMS yang termaktub di ad/art-nya dan tap-tap yang udah diputuskan, ya silahkan aja..toh itu jadi prinsip dasar kalian bertindak..

    dan setuju kata mas damai mengenai mou itu harus komplit. gw rasa himbauan yang lo jabarin itu setengah-setengah, hanya menyampaikan sanksi.

    bukannya arti sederhana mou itu kesepakatan bukan? nah di kesepakatan itu ada kewajiban dan hak yang harus dilaksanain oleh kedua belah pihak yang akan bersepakat kan? ada hak dan kewajiban, ada reward and punishment kan? oooh iye, gw lupa.. kan kalian dari awalnya kalian udah gak sepakat yee.. ya sudahlah.. *salah gw komen di sini.. he..

    gak punya mou? berarti belum lo pelajari dong? mending gak usah lo komen disini.. informasi udah tereduksi dan terdistorsi sejak komen pertama lo..

  24. iya, gw juga merasa MoU penuh perlu dipost. komen pertama gw itu informasi dari IMS, tidak tereduksi maupun terdistorsi sedikit pun. gw sih udah baca MoUnya tapi dalam bentuk hard copy, makanya di komen gw sebelomnya untuk yang punya harap di post disini. gw juga pengen kok UI lebih baik, ini sekedar saran aja biar kedepannya jadi lebih baik.

  25. maksud gw informasinya mbok ya diperlengkap dengan isi mou yang lebih komplit, supaya postingan lo lebih bermutu.. lo pun bisa mengetik ulang dari hardcopy-nya.. supaya para pembaca yang budiman bisa sedikit meng-analisa dan gak asal omdo kayak gw sekarang ini, hihi..
    gw sih gak tau apa isi mou-nya..

  26. ilustrasi emosi iqbal menurut bayangan gw:

    ada seorang mahasiswa namanya BKui,,, dia punya banyak temen di UI,, temennya adalah artis2 terkenal,, ada artis yang namanya sipil, kriminologi, politik, hukum, akun, dll. namanya juga artis, banyak fansnya,, kebanyakan fansnya dari kalangan SMA.
    ===

    BKui: woi para SMA, lo mau tau, kegiatan seputar para artis,, dateng ke acara artis2 yang gw adain,, ntar artis2 yang ada di UI bakal cerita apa aja kegiatan mereka sehari2
    SMA: asiiiiik
    BKui: tapi bayar 19rb untuk 1 hari, atau 24rb untuk 2 hari
    SMA: gamasalah
    ===

    BKui: temen2 artis,, bantuin gw dooooong,, lo dandan, terus lo caritain kegiatan sehari2 lo, karena temen2 gw, para anak sma pada mau tau,,
    artis2: seeeeep, gak masalah, apa sih yang nggak buat temen..
    ===

    Boss BKui: gimana, berapa orang artis yang bakal ikut?
    BKui: semua juragan
    Boss BKui: terus,, diatur yang bener yaaah,, supaya acara kita menarik
    BKui: siap juragan,, udah kita bikin kok aturan2nya,, mereka kan artis2 nurut, yang iya2 aja kalo ada apa2
    Boss BKui: terus,, katanya banyak anak SMA yang mau ikut acara kita,, yaudah jual lagi aja tiketnya,, gamasalah itu, kalo orangnya kebanyakan,,
    BKui: laksanakan juragannnn,,,
    ===

    artis kan update,,, si artis itu nurut2 aja, karena prinsip “apa sih yang nggak kalo buat temen sendiri”… sampe tiba2 ada artis2 tertentu yang terserang kemungkinan kepanasan, sekaligus keguyur air pas hujan, sekaligus merasa terasingkan gara2 gak ditaro di bagian dalam seperti artis2 yang lain,,, teruuuus,,, ternyata artis2 itu juga terancam didenda karena melakukan kesalahan, padahal tanpa salah aja, mereka udah pada ngeluarin duiiiit,,, dilain sisi, artis2ini kan juga pada punya fb,,, mereka juga berteman dengan BKui di fb. artis mulai nyadar,,, gila nih BKui,, gw cape, ,dia juga cape, dia dapet duit, eeeeh,, gw malah ngeluarin duit,,, cape bareng2 ayo, susah bareng2 ayo,,, tapi ni orang yang udah gw bantuin kok gak tau diri amat yahh,,, sekalian aja gw minta royalty,, masa temen nge-boss sin temen sendiri. temen ngacungin temen sendiri. temen ‘manfaatin’ temen. temen makan temen.
    ===

    intinya sih si iqbal mau ada perbaikan,,
    kalo lo cape, bilang,,, minta bantuan,,,
    kalo lo pusing, cerita, siapatau ada yang mau koment dan ngasih jalan keluar,,,
    kalo lo butuh duit, omongin,, jangan ngatur2 temen2lo sendiri,, nyuruh2 temenlo sendiri, tapi pas seneng2, gak bagi2,, bukan cuma proker BEM UI doang yang yang banyak dan butuh duit,, proker BEMfakultas, atau Proker HMjurusan juga butuh kalo masalah duit. ngungkit 500 ribu/ HM menurut gw wajar aja..soalnya tu orang2 di HM kan diiket peraturan ALA SPG, dari mulai shift, makanan, sampe kebutuhan dasar manusia berupa MINUM aja, diatur,, pake denda berupa DUIT pula kalo gak mau nurut,,

    masalah yang ini udah selesai.
    cukup sudah, temen2 BK juga kooperatif banget nanggapin iqbal dkk.

    dasar di publishnya berita ini adalah;

    salah satu panitia BKui yang dateng tanggal 16 Nov kurang lebih ngomong begini:
    “kita kan sama2 belajar,, ada kritik ada masukan,, kita omongin sama2,, mungkin tuntutan temen2 gak bisa terealisasi hari ini di BK yang sekarang,, tapi pasti jadi masukan buat BK tahun,, kita perbaiki BK sama2 dan pelan2,,,
    fisip:
    oke,, thanks banget,,, sama2,, mudah2an lo ngerti kalo kita, para jurusan adalah instrumen TERPENTING di BK dan SATU-SATUNYA ‘barang dagangannya’ BK. trus satu lagi,, setelah BK, kita bakal publish masalah ini, di notes,, mungkin di FB atau di anakui.com. bukan buat bikin masalah baru, tapi untuk dokumentasi aja,, bahwa permasalahan sejenis ini pernah ada. buat temen2 BK yang mau naggepin silahkan aja,, yang jelas,, kalo emang mau membangun bersama, ya harus sama2 tau apa yang masih harus dibangun..
    ===

    semua berakhir,,
    notes dibuat,,
    notes di publish,,
    notes dikomenin,,

    ada yang pro,,
    ada yang kontra,,
    ada yang kesel,,

    tapi yang paling menarik buat gw,,,
    ada berita baru,,
    dari salah satu komentator kita,,
    jurusan sipil,,
    berita itu bikin gw kaget.
    sejujurnya, gw gak pernah tau tentang info anak2 sipil yang gak mau ikutan bk dengan alasan2 seperti itu,,

    “Pengen ngasih tau aja kalo Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil tidak mengirimkan satu orang pun perwakilan, jika pun ada itu bukan utusan dari IMS (ikatan Mahasiswa Sipil). Berikut adalah tulisan yang dibuat IMS untuk warganya.

    Bidang Humas IMS 2009 memutuskan untuk tidak ikut serta dalam stand jurusan pada Bedah Kampus 2009. Keputusan ini diambil setelah serangkaian pemikiran dan pemahaman akan kondisi yang ada.”

    lohloh,, kok yang ngasihtau malah anak sipilnya yaaah? temen2 BK gak aada tuh yang cerita2 kalo sipil gak ikutan,, atau anak sipil merasa ada yang salah dengan peraturan2 di BK,,,

    kalo fisip dengan jemari iqbal dan inisiatif perwakilan2 jurusan di fisip gak mempublish permasalahan ini,,, mungkin panitia BK juga gak cerita2,, jadi, apanya yang bisa sama2 dibangun doooong?

  27. saran gw sih untuk BK taun depan supaya lebih memudahkan temen2 pengisi stand jurusan untuk kebutuhan manusiawi nya… makan, minum, maupun sholat…

    boleh ada aturan tapi jangan terlalu mengekang… siapkan jalur khusus pengisi stand jurusan untuk makan, minum, sholat.. jangan ampe mau sholat ajah pake kartu ini kartu ituh… jam segini jam segitu.. okeh coyy…

  28. kok yang gw liat ini ada intrik politik ya??
    maap aje bos..kalo yg gw liat sih banyak alasan yg terlalu di buat2..

  29. saudara irab,bisa dijelaskan alasan anda,dan bagian mananya yg nampak di buat2..
    qita kan sharing disini,ga usah di tahan2..

  30. @All: Mungkin saya harapkan ada PETINGGI BK or BEM UI yang bisa komen disini??? n Publish peraturan2 yang ada!

    @Aulia: thx deskripsinya, lebih kurangnya sperti itu, tapi ko anda tau kronologisnya ya??? wkwkwkwk

    @Irabirab: bisa jelaskan intrik politiknya???
    Saya kira ini menu diskusi, ada yg Pro dan KOntra
    semuanya dikeluarkan saja, klo ada kata2 kotor, kasar, ya tuliskan saja. Yang penting tidak dibawa kluar forum 😀

  31. ehm,, kan gw aulia, dengan nama asli aulia, dan nama gw dicantumkan secara jelas oleh si M iqbal,, ummm,, butuh komment gw lebih lanjut? ahahahha

  32. klo emang ada masalah ga usah diperbesar ngapa.kesannya mojokin banget,bukan ngasih solusi baik2 malah ngasih masalah baru,padahal masalah sebelumnya belom ada solusi.payah,,

    disini juga ada aturan ga boleh nulis pake kapital tapi tetep di langgar,lagi2 payah.setuju sama yang bilang klo ini ada intrik politik,sekali lagi payah…

    emang gw liat ada banyak hal yang menjadi kontra dan itu harusnya bukan menjadi masalah besar dan bisa dibahas kekeluargaan antar beberapa belah pihak yang ga setuju..
    misal lw ga setuju sama aturan panitia yaa lw bisa minta keringanan atau dispensasi.toh ini juga kebaikan dan kelancaran acara,lw pada tau mahasiswa pada mau masuk (berdasarkan BK sebelumnya) ya klo ga ada aturan keluar masuk pengisi standjur tambah penuh aja tuh balairung sama pengisi standjur yang bisa sampe 10-2- orang (mungkin) per jurusan dan itu mungkin kesananya bisa bikin kecemburuan sosial antar jurusan/fakultas..

    trus yang gw liat juga kayanya fakultas itu2 aja yang bikin masalah di atas,sekongkol kali ya??
    trus kanapa yang lain ga ngerasa dirugiin,padahal anak2 SMA ga cuman nyariin fakultas/jurusan lw doang ko,banyak yang lebih bagus dan lebih prospek buat kerja.mereka cuman ngeliat kuliah yang santai aja di tempat kalian,so jangan ngerasa punya nilai lebih karena kita sama2 di UI yang punya nilai lebih,bukan atas nama sepihak doang..(wow jurusan ini bagus loh,aah yang itu sih jelek).ga,ga gitu…

    gw setuju lw ngasih saran ke panitia,tapi ga gini caranya yang cuman bikin masalah baru (katanya udah clear).klo lw bilang panitia atau BEM UI hanya mencari duit,yaa lw ga jadi pengisi standjur ga masalah toh duit udah ngalir (tiket sold out) gitu dan ga mungkin mereka minta duit mereka lagi.jadi ini bener2 pengen ngebantu adek2 SMA biar tau ada apa aja sih di UI,fakultas ini itu,prospek kerja dimana..
    klo lw cuman mikir bisa bikin acara kaya BK UI ini (tanpa ikut di BK) di fakultas lw,ya lw egois.karena lw mikir fakultas lw doang ga bersatu majuin atas nama UI sendiri…

    sori klo ada kata yang ga enak karena gw cuman ga suka aja sebagian dari postingan ini.kasihlah saran yang membangun,klo bisa langsung ke panitia dan jangan lewat forum sampah kaya gini.lewat kekeluargaan ga akan ada salahnya..

    *sekali lagi maaf dan terima kasih*

  33. @Raka: Aneh… kayanya sudah jelas saya mengasih saran. Dan coba anda liat komen2 di atasnya. Tulisan ini saya buat untuk dokumentasi agar panitia selanjutnya dapat lebih jelas, konflik BK tahun sebelumnya.

    Justru saya melihat tulisan anda yang tidak membangun . . . 😀

  34. saya kan ga menilai tulisan sepihak,,di sini banyak yg ngasih masalah baru…

    ga membangun dari mana??jelas2 mengingaatkan kalian klo ada masalah ya langsung aja bicakan kepada panitia atau BEM langsung karena mereka yg melaksanakan,,bukan di umbar2 kaya gini karena bukan pula menjadi konsumsi publik.bagus cmn klo cuman anak UI yang liat,klo ada pihak luar gmana??
    anda mau tanggung jawab atas jeleknya nama UI??ngga kan??

    coba gw tanya deh,buat yang mengkritik di atas,mulai detik ini ke depannya ada yang punya niatan buat diskusi baik2 ga sih sama panitia kemaren atau sama anak BEM demi UI sendiri yang menjadi idaman para siswa2 SMA??
    jangan nyerang dari belakang doang,klo menurut kalian ini bagus ya diskusilah baik2 juga kembali ke niatan kalian.biar BK tahun depan bisa lebih baik dan ga ada masalah kaya kemaren dan ga di umbar2 kaya gini…

  35. @Raka: kayanya anda mulai tidak mengerti deh….
    saya tulis dengan jelas bahwa ini buat dokumentasi.

    Kalau soal permasasalahan ini, sudah selesai ko untuk BK 2009. Buktinya adalah dengan ikutnya FISIP dalam BK UI 2009.
    kalau kata anda mengumbar, maka justru permasalahan ini harus diketau oleh orang lain. Biar smakin banyak yang dapat megkritik dan memberi saran2 membangun…

    Apakah kita hanya diam saja, jika ada kesalahan di depan kita???

  36. kalo dari yang gw baca, sodara iqbal udah bertemu dengan panitia BK. kalau dari sipil, saran sudah diberikan ketika panitia datang. gw dengar sendiri dari Kabid Humas IMS, namun tidak ada perubahan. mungkin panitia menilainya sudah terlalu terlambat, udah mepet. menurut gw

    masalah ini memang perlu dibahas, karena gw gak yakin panitia tahun ini ama tahun depan sama. karena perbedaan panitia itulah dipost disini.

  37. Oke klo emang masalah udah clear,,asal jangan nyari masalah baru aja bos.apalagi untuk tahun depan yang sebagian mungkin dari panitia kemaren dan takutnya mereka (panitia) ga tau ada postingan kaya gini.jangan sampe juga tahun depan ada maslaah baru seiiring udah diperbaruinnya kesalahan kemaren..

    semoga aja ga ada fakultas yang sok2 special dan minta akomodasi lebih.yang kaya gitu harus dibasmi…

    thx

  38. @Raka: Justru perkataan anda yang bikin suasana semakin kisruh. Menurut gua, klo ada fakulatas yang begitu, pasti ada asalmulanya. Dan jika anda tau, gua rasa ngga ada yang minta akomodasi lebih….

    Kami dari fakulatas ingin semuanya sama, karena itu akhirnya permasalah itu muncul… dan manjalar ke yang lainnya.

    Saya bingung dengan anda, justru yang tadi yang dibilang oleh Salboy, ini agar panitia selanjutnya akan tau. BUkan bikin masalah baru, jika hal ini tidak diselesaikan, dan tahun depan masih memakai cara yang sama, maka hal ini akan tetap berlangsung.

    Tapi, note ini sudah saya invite ke semua kandidat calon ketua BEM UI….. semoga bisa didengarkan

  39. Buat irabirab:

    “…kok yang gw liat ini ada intrik politik ya??…”

    Intrik politiknya gimana deeh? Kok gw yang malah jadi bingung?

    Buat Salboy:

    “….. gw dengar sendiri dari Kabid Humas IMS, namun tidak ada perubahan. mungkin panitia menilainya sudah terlalu terlambat, udah mepet…”

    Mungkin bukan hanya terlalu mepet, tapi karena lo gak berjalan secara fakultas,, gw jadi pengen tau,, apa yang bisa dilakukan BKui versi raka, kalo terjadi masalah seperti ini,, semua yang mau omongin ini baik2 diserang, semua yang protes dan keberatan dibilang gak penting, ehehehe

    Buat Raka:

    “…klo emang ada masalah ga usah diperbesar ngapa.kesannya mojokin banget,…”

    Emang ada yang ngerasa di pojokin yaaaah? Kalo sampe ada,, gw secara pribadi atas nama comment2 gw minta maaf yang sebesar2nya,, tapi,, kenapa sampe harus merasa dipojokkan yah?

    “…misal lw ga setuju sama aturan panitia yaa lw bisa minta keringanan atau dispensasi….”

    Keringanan atau dispensasi?? Memang hirarki seperti apa yang anda bayangkan sampai kami harus meminta –keringanan atau dispensasi-? Kami buat salah? TIDAK!.

    “…trus yang gw liat juga kayanya fakultas itu2 aja yang bikin masalah di atas,sekongkol kali ya??…”

    Fakultas bikin masalah? Atau fakultas (dan atau jurusan tertentu) mempermasalahkan,, itu term yang BEDA banget deeh,, coba diklarifikasi.. terus,, saran gw sih lo juga baca teori konflik,, cari di FISIP aja, bukunya banyak,, atau datang ke ilmu politik, biar dosen2 kami menjelaskannya kepada anda.. sekongkol, TIDAK samasekali,,, tapi musuh bersama (saat itu, sebelum akhirnya clear),, mungkin aja,, musuh bersama kami adalah kemunduran,, dan yang kami inginkan adalah perbaikan,, bersama2 juga pastinya,,

    “…anak2 SMA ga cuman nyariin fakultas/jurusan lw doang ko,banyak yang lebih bagus dan lebih prospek buat kerja.mereka cuman ngeliat kuliah yang santai aja di tempat kalian,..”

    Wah,, kayaknya kalo bagian kata2 yang ini, musti di jawab sama setiap jurusan di seantero UI deh,, terutama ‘sebagai tersangka utamanya’ FISIP. (Prospek kerja, kuliah santai,,, ckckckck,,,)

    “…klo lw bilang panitia atau BEM UI hanya mencari duit,yaa lw ga jadi pengisi standjur ga masalah toh duit udah ngalir (tiket sold out) gitu…”

    Lo serius? Wahh, dear iqbal dan siapapun yang membaca ini, tolong di crosscheck lagi deh,, ini orang ngomong atas nama siaapa,, mudah2an sih atas nama pribadi,,, bukan atas nama BEMui atau panitia BK ui.. (jadi pengen tau,, penulis tulisan ini,,, anak BEMui atau bukan yaaaah? Anak jurusan apa yaaaah? Kok tulisannya tidak hati2 dan sangat provokatif sekali,,, dari mulai ngebahas prospek jurusan lah,, kuliah santai lah,, fakultas bikin masalah lah,,, aduh2,,,)

    “…,klo bisa langsung ke panitia dan jangan lewat forum sampah kaya gini….”

    Masalah langsung datang ke forum mah udah kaaaaleeee,,,, liat lagi deh kronologisnya,, ah,, kok ngomel2 gak ada juntrungannya gini sih,,, sampe ngebahas forum sampah segala,,, kalo masalah forum sampah,, wak gw gak ikut2an lah,, gw sih nggak bilang kayak gitu,, kayaknya personally lo mesti minta maaf karna menyebutkan diskusi di anakui.com itu adalah diskusi di forum sampah dehhh,,, (saran aja)

    “….jelas2 mengingaatkan kalian klo ada masalah ya langsung aja bicakan kepada panitia atau BEM langsung karena mereka yg melaksanakan,,bukan di umbar2 kaya gini..”

    Ditulisan gw sebelumnya,, gw sudah memberikan ilustrasi tentang izin (secara tidak tertulis) kalo tepat setelah BK kita bakalan publish masalah ini di anakUI.com atau fb,,, ini bukan mengumbar,, perkara ternyata ada yang comment di forum terus kita sebagai orang2 yang bertanggung jawab atas dipublishnya tulisan ini merasa perlu menjelaskan untuk meluruskan persepsi yang mungkin tidak tepat, itu lain soal.. namanya juga mencari model terbaik.. lagian kalo gak dipublish, hal seperti apa yang akan lo bayangkan? Belum tentu juga kan orang2 yang kemarin menjanjikan iniitu ke fisip menjabat di BK selanjutnya? Kalaupun menjabat, belum tentu kepikiran,, dan kita juga dari pihak FISIP bisa jadi udah lupa detail apa yang terjadi,, jadi sebelum semuanya hilang, kita publish lah,,, kita Bantu temen2 untuk mendokumentasikannya

    “….bagus cmn klo cuman anak UI yang liat,klo ada pihak luar gmana??
    anda mau tanggung jawab atas jeleknya nama UI??ngga kan??….”

    UI gak bakalan punya image jelek, selama kita terus memperbaiki diri,,, gw, iqbal, dll itu anak UI juga kan,, ui lo,, ui gw juga!! tapi seharusnya kita cukup jantan untuk mengakui bahwa UI tidak akan pernah sempurna, dan bahwa kesalahan atau kekurangan apa aja mungkin terjadi.. takut UI di cap jelek? Yang ngecap ui jelek biasanya juga orang yang gak bias sadar diri dengan kejelekannya,, dan yang ketakutan kalo nama ui bisa jelek itu kayaknya mesti mikir ulang deh,, apakah selama ini penilaiannya tentang sesuatu masih wajar aja, atau sudah memasuki taraf lebay,,,

    “…,mulai detik ini ke depannya ada yang punya niatan buat diskusi baik2 ga sih sama panitia kemaren atau sama anak BEM demi UI sendiri…..”

    Bukan hanya mulai deetik ini bung,, dari mulai masalah muncul,, kita langsung dateng ke pusgiwa untuk ngomongin baik2,,jadi kalo soal niat,, gw malah meragukan niat lo nih,, koment2 disini, njelek2in fakultas lain, ngomel, njelek2in forum ini,, tolong bikin struktur dan arah omongan yang jelas lah,, jangan muter2 tapi gak dapet intinya,,

    “…jangan nyerang dari belakang doang….”

    Devinisi tentang nyerang dari belakang itu gimana yah? Situs ini situs umum dan bisa diakses siapa aja kan yah? Materi yang disampaikan juga terdokumentasikan, jadi,, kalo ada masalah (misalnya lo sebagai entah anak mana dan megang peranan seperti apa di BEMui, bisa aja kasih tau anak2 BEMui nya, kalo ada post kayak gini,,) secara pribady, gw dan M Iqbal juga udah nge-post notes serupa, dari fb kita masing2,, di fb tertulis jelas info, dan link2 kita. Foto2 dan karakter kita (iqbal dan gw) seperti apa,,, yang nyerang dari belakang itu siapa? Siapa yang (bisa jadi) gak make nama atau identitas aseli dalam forum ini? Apakah orangnya gw? BUKAN. Walaupun cw, gw cukup gentle untuk bilang, gw adalah aulia, yang dalam tulisannya iqbal disebut sebagai perwakilan FISIP untuk BKui,, kalo lo? Gw gak berani nge-claim deh,, sebaiknya lo bisa menjelaskan siapa lo sebenarnya

    “….panitia kemaren dan takutnya mereka (panitia) ga tau ada postingan kaya gini.jangan sampe juga tahun depan ada maslaah baru seiiring udah diperbaruinnya kesalahan kemaren…”

    Kalo masalah panitia tahun deepan yang nggak tau masalah ini, kekhawatiran anda mudah2an gak terjadi, karena para calon ketua BEMui 2010 udah di tag2in soal ini di fb (betul kan bal?) nahhh, ini baru kalimat lo yang menurut gw agak nyambung,, karena kekhawatiran yang sama itulah, kita nge-post masalah ini,, jangan sampe ada masalah yang hilang ditelan waktu, tanpa dokumentasi, ,tanpa publikasi, seolah2 (misalnya) masalah BK-Sipil, gak pernah ada,, kalo kayak gitu kejadiannya, gak pernah ada juga perbaikan, yang ada malah Kesalahan Kemaren yang Diperbaharui,

    “….semoga aja ga ada fakultas yang sok2 special dan minta akomodasi lebih.yang kaya gitu harus dibasmi…”

    Lo bagusnya dateng ke BKui di Pusgiwa, terus lo minta copy-an peraturan2 yang lo bilang cukup itu deh,, terus lo dateng ke FISIP, ketemu GW untuk liat, salinan hasil forbama yang gw punya, serta details apa aja yang menurut kami memberatkan dan merugikan panitia2 stand jurusan.. selain itu, lo boleh juga ketemu sama sekitar 80 orang penjaga stand jurusan fisip di BK2009, dan bilang secara langsung kemereka, kalo sikap mereka ini lo anggap sebagai sikap “so’ special” atau wujud “minta akomodasi lebih” serta “harus dibasmi”. Kami akan jabarkan, seberapa banyak kami mengeluarkan waktu, tenaga, pikiran dan juga UANG, yang samasekali gak sebanding dengan 500ribu yang kami tuntut,,, kami juga akan menjelaskan apa yang kami dapatkan dari BKui,,,, asal,, lo juga bawa data yang cukup untuk membuat kami tidak kembali menuntut LO karena udah ngomong sembarangan. Lo harus kasih tau secara detil, apa aja yang panitia BK dapat dari dana yang masuk melalui BKui.. apa aja yang BEMui bisa buat dengan dana tersebut,, dan termasuk, apa yang kami dapat dari yang dinikmati oleh BEM tersebut..

    kayaknya comment gw bukan gw tujukan kepada panitia BK,, karena personally gw ngerasa panitia BK2009 hebat banget,, gak sembarangan ngomong,, nggak ngomel2,, dan bisa face masalah ini, sampai H-5hari,,, (WHAT A TEAM!! Kerenkerenkeren). Tapi ni komen untuk lo doang deh raka,, karena banyak tulisanlo yang mesti di klarifikasi, sebelum apa yang lo sebut sebagai “bikin suasana semakin kisruh” itu terjadi, karena tulisan2 lo.

  40. @Aul: panjang bgt tulisannya… mending buat forum sendiri deh lw ul…. wkwkwkwk….

    Secara jantan….. emang lw jantan ul????

  41. udah lewat ngapain dipost deh, bner tuh, bkin masalah baru aja.. udahlah ga usah dibahas, acaranya juga udah lewat.. ribet bner..

  42. liquid..
    buset2,,, gak asik, gak asik,,, awal lo yah!! hahahhaa
    julbe,,
    u dont know me,, ask liquid, ahahahha,,,
    yampuun,,
    emang BKui 2010 gak bakal ada yah?

  43. Intinya masalah udah clear kan??RIGHT…

    trus saran dan kritik harus sampe di pihak yang benar yaitu panitia kemaren dan bem ui sendiri…

  44. yah.. koq dah pada mo nutup ni diskusi sih
    cukup bagus koq diskusinya
    ga trmasuk comment #42-44 seh

    klo dari gw c mao comment untuk saran no.1 nya anak FISIP neh
    buat gw opsi ini ga konsisten deh ama pernyataan yg bilang “BK UI terlihat sebagai ajang Komersialisasi Informasi Pendidikan oleh BEM UI”
    klo dibilang gt brarti ya jgn terus klo luw dapet bagian jadi sah2 aja tuh komersialisasi
    kan jadinya aneh ya
    mknya mnrt gw opsi no. 1 itu jadi ga mgk

    atau.. anak FISIP ngerasa komersialisasi informasi itu bukan hal buruk?? klo ky gt brarti gw yg mohon maaf deh. brarti salah nangkep tulisan luw nih..

  45. Hahaha . . . forum ini idup lagi.

    Intinya gini mas, kita memang mempermasalahkan mengenai hal ini. BK yg dibawah DANUS. Nah, ini masalah dasar ttg komersialisasi itu.

    Tapi, kamii ingin ttp BK ada. Oleh karena itu kita ttp ingin untuk tahun ini BK berjalan sebagaimana adanya, walau ada beberapa perubahan terkait proses ini. dan dengan tulisan ini kami berharap bisa menjadi dokumentasi bahwa tahun 2009 ada yang mempermasalkan tentang hal-hal dasar terkait BK UI.

    Kami memang berharap, UI tidak lagi namanya dijual untuk kepentingan pihak manapun, namun kami berharap UI dapat menjadi milik semuanya.

    Namun, harapan itu sampai saat ini hanya dapat kami salurkan melalui forum ini, dan pada saatnya kelak (BK UI 2010) kami akan kembali HADIR!!!

  46. ass wr.wb
    perkenalkan saya nofar teknik metalurgi & material 2006
    alhamdulillah dalam bkui 2009 sebagai kepala bidang penunjang
    melihat forum diskusi ini,
    saya mewakili seluruh panitia bkui 2009 mengucapkan terima kasih atas kerjasama,masukan,saran,dan kritik yang sangat membangun untuk bkui.
    semoga semua itu dapat menjadikan BKUI tahun berikutnya lebih baik lagi.Aminn.
    untuk seluruh permasalahan yang terjadi dalam bkui 2009 sudah diselesaikan secara kekeluargaan sehingga tidak terdapat permasalahan lagi.
    terima kasih atas perhatian rekan-rekan.
    wass.wr.wb

  47. Dasar BEM….. Berkoar-koar tentang Komersialisasi kampus……. Tapi BEM sendiri juga melakukan Komersialisasi terhadap acaranya, apalagi ini bedah kampus UI, dimana masyarakat butuh informasi yang luas tentang UI tapi malah di komersialin….

    Hal ini udah terjadi sejak tahun 2000an, udah sering kritikan, dan masukan ….. tetap aja belum diperbaikin…

    Seharus Bedah Kampus itu GRATIS……!!!! atau setidaknya tiket masuknya tidak terlalu mahal cukup untuk operasional kegiatan aja… bukan untuk KEUNTUNGAN DOANK!!!!