FISIP UI Hadir Dengan Acara Segar : A TRIBUTE TO FOREST


0

Inilah salah satu wujud kreativitas mahasiswa FISIP UI. A Tribute to Forest : Sebuah acara lingkungan yang dibalut dengan kreativitas seni dan musik. Berangkat dari kepedulian akan keadaan hutan Indonesia saat ini, Tribute to Forest dibandrol dengan beberapa rangkaian acara sekaligus. “Kita mau ngajak anak muda untuk ikut peduli lingkungan, karena kalo bukan generasi kita yang peduli, siapa lagi?” tutur Hegar sang ketua acara. Tidak tanggung-tanggung, terdapat seabreg tetek bengek acara menarik yang disuguhkan! Mulai dari anak SMA, mahasiswa, sampai masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi.

Lantas apa saja acara yang rangkaian acaranya?

Band Audition

Bagi yang hobi bermusik, Tribute to Forest menyediakan ruang untuk menyalurkan kreativitas tersebut. Dengan mengikuti Audisi Band yang akan berlangsung pada bulan Maret, selain berkesempatan untuk tampil di acara puncak, Tribute to Forest memberikan 1 majalah Rolling Stone gratis bagi setiap pendaftar.

Lomba Komik, Karikatur & Fotografi

Untuk yang mencintai seni visual, lomba ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA se-Jabodetabek. Dengan bertemakan lingkungan hidup, hasil karya para peserta akan dipamerkan pada hari-H di stand-stand yang telah disediakan panitia.

Seminar Lingkungan Hidup

Kalau ingin membuka wawasan mengenai lingkungan hidup, hanya di sini para pakar yang berkompeten akan memaparkan aneka permasalahan lingkungan hingga cara mengatasinya! Seminar ini diadakan pada bulan Maret dan terbuka untuk mahasiswa serta kalangan umum.

Kontribusi Koran Bekas

Untuk pelestarian hutan melalui penghematan penggunaan kertas, Tribute to Forest memberikan bonus free entry bagi pengunjung yang membawa koran bekas saat acara puncak berlangsung.

Kontribusi Unik

Ingin merasakan pengalaman unik dalam menanam pohon? Tribute to Forest memberikan kesempatan pada pengunjung acara puncak untuk menanam benih tanaman! Kontribusi ini merupakan realisasi dari visi acara : Tanam Pohon Sebanyak Mungkin.

Signature

Bagi yang juga merasa gerah terhadap penebangan liar, ayo sertakan dukungan mu pada pengumpulan petisi signature! Signature ini nantinya akan disampaikan ke Departemen Kehutanan sebagai intervensi terhadap aksi illegal loging yang selama ini marak terjadi.

Uji Emisi

Sebagai kontribusi terhadap visi ‘langit biru’, Tribute to Forest memberikan layanan gratis pengujian mobil pengunjung untuk mengetahui sudahkah mobil tersebut ramah lingkungan.

Box Cerita

Tempat curhat tentang lingkungan! Pengunjung yang masuk ke dalam box ini boleh berkomentar tentang lingkungan saat ini, serta memaparkan apa saja yang telah mereka lakukan untuk memperbaikinya. Beberapa yang terpilh akan ditayangkan pada big screen acara.

Uji Paru – paru

Ingin tahu sejauh mana kesehatan paru-paru mu? Pengujian dengan alat-alat medis hanya ada di acara puncak Tribute to Forest. Cukup datang dan buktikan. Gratis !

Video Lingkungan

Tidak hanya seni musik, saat acara puncak berlangsung pengunjung juga disuguhi berbagai tontonan gratis mengenai fakta-fakta lingkungan saat ini. ‘Hiburan dapet, ilmu juga dapet!’

LSM Lingkungan

Para LSM lingkungan rupanya tak mau ketinggalan untuk berpartisipasi. Saat acara puncak berlangsung, kita dapat mengunjungi stand-stand LSM tersebut untuk mengikuti permainan interaktif ataupun menyimak pemaparan mengenai lingkungan.

Sayembara Pohon

FISIP UI merangkul 38 SMA se-Jabodetabek dan 12 fakultas UI sebagai peserta lomba merawat pohon. Tanpa biaya apapun, Tribute to Forest juga mendistribusikan 5 bibit pohon untuk ditanam di areal sekitar para peserta. Sayembara pohon ini telah berlangsung sejak bulan Januari di SMA-SMA se-Jabodetabek.

Pentas Seni dan Musik

Acara yang paling dinanti akhirnya tiba. Pentas ini merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian acara Tribute to Forest. Dengan mengundang beberapa artis atau band ternama, band featuring, serta band audisi, pengunjung bukan saja bisa menikmati hiburan yang disuguhkan, tetapi juga mendapat pengetahuan mengenai lingkungan. “Semoga setelah acara selesai, semua yang udah berpartisipasi bisa lebih peduli dan menyumbang sesuatu untuk lingkungan sekecil apapun itu” harapan sang ketua. Sekarang tinggal pilih, anda mau berpartisipasi di bagian mana. Kalo anak FISIP UI bisa, begitu juga dengan anda bukan?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

18 Comments

Leave a Reply

  1. Gw lihat di acara itu tidak ada presentasi perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan seperti perusahaan pengolah sampah ataupun perusahaan pengolah limbah, yang mereka membawa adanya kesadaran lingkungan bersamaan dengan kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Gw pikir yang harus diketahui oleh kita sebagai awam adalah antara kesadaran lingkungan dan keuntungan ekonomi sebenarnya adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Buat apa kita mempunyai kesadaran lingkungan tetapi tidak didorong oleh adanya keuntungan ekonomi dan begitupula sebaliknya.

  2. Gw pikir, ni acara punya beberapa ide yang lumayan fresh. Cuman…. POSTERNYA BAGUSAN NAPA?! Gw malah lebih cepet ngebaca ni tulisan buat tau acaranya. Secara artistik ma fungsional poster berikutnya musti dibenahin tuh! Hehe…ga sepenting itu juga seh..yah whatever. Namanya juga..sedikit terlalu ketebak. Kasi wordplay dikit kek (contoh: Live Aid jadi Live 8). Hehe..mungkin udah telat juga sih… soalnya nama Tribute blabla terlalu frontal aja. Well ga important amat sih hehe.. GOOD LUCK YAH! -R

  3. Sebelum saya berkata-kata, perkenalkan saya Wimmy salah satu panitia Tribute to Forest.. Sebelumnya terimakasih banyak atas masukan – masukan dari Ian, ad, damien dan koko.. Untuk masalah keuntungan ekonomi atau pengelolaan sampah, setelah acara ini FISIP UI punya ‘Sampah Waste Management’ yang nantinya kita akan mengelola sendiri sampah-sampah tersebut.. Untuk ad terimakasih atas pujiannya.. Untuk damien, segera setelah ini kita akan memperbaharui poster, maklum poster yang sekarang dipake itu versi ‘coming soon’, jadi masih belum konkrit.. Untuk koko, seperinya bikun belum bisa ikutan uji emisi karena uji emisinya sendiri akan diadakan di Senayannya langsung pas acara diadakan, sedangkan masalah panitia juga merokok.. Hehehe saya juga setuju tentang itu.. Panitia sendiri juga udah pada semangat untuk uji paru-parunya masing-masing kayaknya..

  4. Sipsip. Kalo gw boleh ‘sok tahu’ dikit…hehe.. Laen kali, mau konkrit ato kaga, ada bagusnya kalo bikin poster…perencanaannya ‘berkesinambungan, gradual’. Jadi seolah2 poster mewakili evolusi secara bertahap yang terjadi di dalam pre-produksi dan produksi acara. Saran gw yg laen, mending kreatifnya bikin logo/brand tetap yang bisa dimodif dikit tiap tahunnya, soalnya feeling gw nih acara bakal jadi even tahunan nantinya. Kudos for u guys!

    -damien-

  5. Lah, mang napa kalo Poster dimasalahin? Kalo posternya ga bagus, awareness ma first impression orang ke acaranya bisa ga bagus. Yang aneh lu kali, bw2 Salemba mulu, sangat IRrelevan… Dateng2 bukannya ngomongin Trifor malah ngomongin komentar orang.. Weirdo.

    -damien-

  6. @damien si kembar:

    Sayembara Pohon

    FISIP UI merangkul 38 SMA se-Jabodetabek dan 12 fakultas UI sebagai peserta lomba merawat pohon. Tanpa biaya apapun, Tribute to Forest juga mendistribusikan 5 bibit pohon untuk ditanam di areal sekitar para peserta. Sayembara pohon ini telah berlangsung sejak bulan Januari di SMA-SMA se-Jabodetabek.

    Hm… berdasarkan tulisan di atas nih ya, ada mo koreksi pernyataan?

    +iR+
    http://www.jadul.org/forum/
    http://fkui02.net/biawak/

  7. sori marori nih kawan2…..

    acara tribute to forest,yang mengutamakan lingkungan

    setelah selesai juga sampahnya dimana2,banyak banget

    bukanya malah bikin sampah baru yah?

  8. akh, sebenarnya ini acara udah lama lewat, tapi jadi gatel pengen ngomentarin juga. kalo dibilang acara seger, apanya yang seger ? duitya ? konsernya yang bikin glob. warming tambah parah ? ato sampah2nya yang bikin bumi tambah kotor ?
    norak, idenya pasaran n kekanak2an acaranya.