FKGUI presents: Jambore Bakti Sosial (JAMBAKSOS) 2012 “Satukan Hati, Sehatkan Negeri”

Mahasiswa sebagai elemen intelektual merupakan pengemban amanah pembangunan bangsa sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Salah satu langkah konkret yang dapat diambil, dalam kapasitasnya sebelum berprofesi langsung di masyarakat, adalah melalui kegiatan-kegiatan penyuluhan kesehatan dan kemanusiaan.

Terkait dengan hal tersebut, bakti sosial merupakan suatu bentuk kegiatan yang sangat tepat; apalagi menurut data yang dikeluarkan oleh WHO, Indonesia menempati posisi yang memprihatinkan dalam tingkat derajat kesehatan masyarakatnya. Sama halnya dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) Depkes 2007 menunjukkan karies dialami 72,1% penduduk Indonesia.

Dengan adanya kegiatan JAMBAKSOS 2012 yang dilaksanakan di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada tanggal 18 – 20 Mei 2012, JAMBAKSOS 2012 merupakan program kerja rutin dari Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia yang dapat dijadikan wadah pengaplikasian teori dan ketrampilan yang telah didapat oleh mahasiswa selama mengikuti perkuliahan di FKG UI.

Kegiatan ini akan diikuti oleh staf pengajar, mahasiswa klinik (masa belajar semester 8-10), mahasiswa preklinik (masa belajar semester 1-7), dan karyawan FKG UI. Oleh karena itu selain menjadi bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam perbaikan derajat kesehatan masyarakat, kegiatan JAMBAKSOS 2012 ini juga dapat dijadikan sarana untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan seluruh sivitas akademika FKG UI, terutama angkatan 2010 sebagai panitia pelaksana kegiatan.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada “JAMBAKSOS 2012” ini terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu:

  1. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan cuci tangan, taman bacaan, dan kegiatan edukatif
  2. Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Workshop home industry pengolahan tanaman buah
  3. Pengobatan gigi
  4. Sirkumsisi (Khitanan/Sunatan Massal)
  5. Bazaar
  6. Malam Keakraban (Makrab)
  7. Outbond dan Penanaman Tanaman Buah

 

 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Jalan Salemba Raya No.4, Jakarta Pusat

Contact Person: Roseita (081315185488)

Sponsorshipjambaksos2012@yahoo.co.id

1 thought on “FKGUI presents: Jambore Bakti Sosial (JAMBAKSOS) 2012 “Satukan Hati, Sehatkan Negeri””

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA