FT UI Edukasi COVID-19 Lewat Game ‘Corona Go’

Aplikasi buatan Anak UI yang berkolaborasi dengan Anoman Studio ini dirancang untuk memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat dari berbagai kalangan melalui permainan


0

Pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas manusia tidak menghentikan Universitas Indonesia untuk terus berinovasi. Tim Mahasiswa Laboratorium Product Development and Innovaton Departemen Teknik Industri (DTI) Fakultas Teknik Universitas Indonesia dibawah bimbingan Dr. Ing. Amalia Suzianti, ST, MSc sebagai kepala laboratorium DTI FTUI mengembangkan sebuah aplikasi ponsel bernama ‘Corona Go’.

Aplikasi buatan Anak UI yang berkolaborasi dengan Anoman Studio ini dirancang untuk memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat dari berbagai kalangan melalui permainan telepon genggam. Ketua tim mahasiswa pengembang ‘Corona Go’, Almer Hafiz Yusuf mengatakan, timnya menggunakan pendekatan game di gawai agar lebih mudah memperkenalkan langkah preventif dalam mengatasi persebaran COVID-19 sehingga nantinya masyarakat lebih mudah memahami tindakan yang harus dilakukan di kehidupan sehari-hari.

“Melalui game, kami berusaha untuk menarik minat dan memberikan pengertian mengenai apa yang harus dilakukan dalam skenario yang disediakan oleh Corona-Go.” ujar Almer.

BACA JUGA: Keren! UI Kolaborasi dengan Facebook Lawan Corona

Melalui aplikasi yang kini sudah berupa prototipe, pengguna diajak untuk mengidentifikasi langkah preventif yang harus diambil pada masa pandemi dengan cara yang interaktif dan tidak membosankan. Pada intinya, game ini digambarkan seperti simulasi kegiatan sehari-hari dalam masa pandemi.

“Dalam keseharian terkadang kita melalui beberapa hal yang tak terduga, ada 100 kombinasi variasi kegiatan yang dapat ditawarkan,” katanya.

Skala kegiatan yang ditawarkan oleh ‘Corona Go’ beragam, mulai dari rumah tangga hingga bepergian menggunakan kendaraan umum. Terkait penggunaannya, pengguna diminta untuk memilih peran sebagai karyawan, ibu rumah tangga, atau mahasiswa. Lalu, pengguna akan menghadapi berbagai mini game interaktif mengenai aktivitas sehari-hari yang telah disesuaikan dengan peran masing-masing.

Bila pengguna memilih peran sebagai Ibu Rumah Tangga, maka pengguna akan melakukan aktivitas dengan bepergian menggunakan kendaraan umum.  Kamu diajak untuk mempraktikkan protokol kesehatan lewat game, seperti mengenakan masker, membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer saat bersentuhan dengan pegangan pintu dan kursi, serta hindari menyentuh bagian wajah dengan tangan. Game tersebut juga menyediakan beberapa event yang dilalui, seperti saat adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diberlakukan untuk warga Jakarta.

Bila pengguna memilih peran sebagai karyawan, maka pengguna diajak mempraktikkan panduan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19, seperti memakai masker dari/ke rumah dan di tempat kerja, menjaga jarak 1 meter saat menaiki kendaraan umum, cuci tangan pakai sabun setiba di tempat kerja, hingga tidak berkerumun di tempat kerja.

Di samping itu juga telah disisipkan sejumlah mini games interaktif bagi user yang dapat mereka lakukan. Hal ini diharapkan dapat membuat metode edukasi tidak membosankan. Tak hanya itu, nantinya pengguna juga akan mendapatkan informasi data mengenai angka kasus COVID-19 di Indonesia lho!

Aplikasi ‘Corona Go’ ciptaan Anak UI ini merupakan salah satu wujud dari program pengabdian (pengmas) kepada sivitas akademika FTUI, serta kontribusi untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19. Saat ini aplikasi ‘Corona Go’ telah dikembangkan hingga tahap purwarupa atas dukungan hibah dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI).

BACA JUGA: 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dengan Mengikuti Pengabdian Masyarakat Untuk Mahasiswa

Semoga dengan munculnya aplikasi ini dapat mengedukasi masyarakat dengan cara yang mengasyikan dan dapat membantu masyarakat dalam pengambilan langkah tepat di masa pandemi COVID-19 ya, Anak UI!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.

One Comment

Leave a Reply