Gejala Penyakit Kencing Tikus Yang Perlu Di waspadai

anakui.com – Mikro Organisme Berbahaya Leptospirosis / Penyakit Weil dari tikus Pekerja konstruksi dapat terkena sejenis Leptospirosis yang disebut Penyakit Weil. Halaman ini memberi tahu Anda cara mengontrol risiko ini dan alasannya. Anda juga perlu mengetahui informasi umum tentang gejala penyakit kencing tikus

Identifikasi dan nilai: Risiko penyakit Weil terkait dengan area di mana ada atau pernah ada tikus. Pekerjaan dianggap berisiko lebih tinggi jika ada bukti serangan tikus. Ini kemungkinan besar terjadi selama pekerjaan perbaikan atau pembongkaran. Situasi potensial lainnya termasuk pekerjaan yang terkait dengan kanal, sungai atau selokan.

Gejala Penyakit Kencing Tikus

Penyakit Weil: penyebab, gejala, dan tindakan pencegahan yang harus diambil
Kematian pendayung Olimpiade Andy Holmes menyoroti bahaya urin hewan yang terinfeksi dalam air
Penyakit Weil, diyakini telah menyebabkan kematian pendayung peraih medali emas Olimpiade.

adalah bentuk manusia akut dari infeksi bakteri dengan rakit nama yang berbeda demam lumpur, demam rawa, penyakit kuning berdarah, penyakit babi, penyakit selokan. flu. Semuanya dikenal sebagai Leptospirosis, kasus ringan yang menyerang jutaan orang setiap tahun di seluruh dunia.

Infeksi didapat melalui kontak dengan urin hewan yang terinfeksi (terutama dari hewan pengerat, tikus atau babi), umumnya di air yang terkontaminasi, dan biasanya masuk ke tubuh melalui luka atau goresan, atau lapisan hidung, mulut, tenggorokan atau mata. Hanya sedikit pasien yang mengalami penyakit parah yang mengancam jiwa yang dikenal sebagai penyakit Weil, yang diperkirakan membunuh dua atau tiga orang per tahun .

Setelah masa inkubasi yang bervariasi dari tiga hari hingga tiga minggu, sebagian besar pasien menderita sakit kepala parah, mata merah, nyeri otot, kelelahan, mual, dan suhu 39C atau lebih. Kira-kira sepertiga kasus terjadi ruam kulit; terkadang halusinasi.

Dalam kasus yang sangat parah, gejalanya meliputi pendarahan dari mulut, mata, dan bagian dalam. Ada kerusakan organ yang signifikan dan cepat: gagal hati dan ginjal dapat terjadi dalam 10 hari, menyebabkan penyakit kuning (ini adalah satu-satunya kasus yang dapat disebut penyakit Weil dengan benar). Rawat inap, diikuti dengan antibiotik dan seringkali cuci darah, akan diperlukan jika pasien ingin bertahan hidup. Pemulihan bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Menurut British Rowing, risiko tertular penyakit Weil dari rekreasi air di Inggris “sangat kecil”. Infeksi secara logis lebih mungkin terjadi pada air yang bergerak lambat atau stagnan dan daerah di mana pertanian dan hewan pengerat bercampur; danau, kolam, dan kanal lebih.

mungkin terkontaminasi daripada aliran deras, meskipun beberapa aktivitas – memancing, misalnya, di mana luka kecil dan torehan biasa terjadi, dan berenang, di mana sebagian air hampir pasti akan masuk ke mulut  dapat meningkatkan paparan .

Pendayung dan kano harus menutupi semua luka dan lecet; hindari memercikkan diri, atau menelan air yang berpotensi terkontaminasi; cuci tangan dengan hati-hati dan jika mungkin mandi sesudahnya; dan mencuci semua peralatan dan pakaian secara teratur. Siapa pun yang mengalami gejala mirip flu setelah kontak dengan air tawar harus segera menemui dokter.

Kontrol

Pengendalian: Jika penyakit Weil diketahui/diasumsikan ada, kendalikan risiko ini dengan Kontrol umum ikuti kontrol umum untuk mikro-organisme berbahaya. Berikan perhatian khusus pada:

  1. mengenakan pakaian pelindung seperti sarung tangan
  2. mengikuti kebersihan dasar yang baik termasuk mencuci tangan secara teratur dan menghindari kontak tangan ke mulut / mata dll
  3. istirahat, termasuk makan dan minum, jauh dari area kerja;
  4. segera cuci luka dan gores dengan sabun dan air mengalir Tutupi semua luka, lecet, dan kerusakan lain pada kulit dengan pembalut dan/atau sarung tangan tahan air.
  5. Tinjauan Awasi  Pastikan bahwa kontrol efektif dan digunakan oleh pekerja.

Apa yang harus Anda ketahui

Leptospirosis bentuk penyakit Weil dikontrak dari urin tikus yang terinfeksi. Bakteri masuk ke tubuh Anda melalui luka dan goresan atau melalui lapisan mulut, tenggorokan dan mata setelah kontak dengan urin yang terinfeksi atau air yang terkontaminasi.

Ini adalah kondisi langka di Inggris. Penyakit ini dimulai dengan gejala mirip flu seperti sakit kepala atau nyeri otot. Kasus yang lebih parah dapat menyebabkan meningitis, gagal ginjal, dan kondisi serius lainnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Ada sebanyak 35 penyakit yang dibawa oleh hewan pengerat seperti tikus dan mencit. Penting untuk melindungi diri Anda dari kontaminasi atau infeksi jika Anda harus berurusan dengan tikus mati atau mencit, atau jika Anda memiliki kutu tikus atau mencit di rumah Anda.

Penyakit dapat ditularkan dengan berbagai cara.

  1. Gigitan atau cakaran tikus
  2. Paparan urin atau feses tikus
  3. Kontak dengan air liur tikus
  4. Kontak dengan parasit tikus  (seperti kutu atau pinjal)
  5. Paparan rambut tikus atau tikus, bulu, kotoran atau alergen lainnya
  6. Tanda biohazard hitam dan kuning.

Urin tikus bertanggung jawab atas penyebaran leptospirosis, yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Bisa juga tertular melalui penanganan atau penghirupan kotoran (feses atau urin). Komplikasi termasuk gagal ginjal dan hati, serta masalah kardiovaskular.

Penting untuk dicatat bahwa tikus dan mencit meninggalkan jejak urin kecil ke mana pun mereka bepergian, dan itu dapat dilihat di bawah lampu neon. Jika terdapat infestasi hewan pengerat, penghuni rumah kemungkinan besar berurusan dengan kotoran hewan pengerat dan paparan urin.

Tikus juga merupakan sumber potensial alergen. Kotoran, bulu, dan rambut rontok mereka dapat menyebabkan orang bersin dan mengalami reaksi alergi lainnya. Penyakit yang ditularkan oleh tikus termasuk dalam salah satu dari dua kategori:

penyakit yang ditularkan langsung dari paparan kotoran, urin atau gigitan tikus yang terinfeksi dan
penyakit yang ditularkan secara tidak langsung kepada orang-orang melalui perantara vektor arthropoda seperti kutu, caplak atau tungau perlu mengenali Gejala Penyakit Kencing Tikus.

Daftar Isi

Leave a Comment