Gelar Jepang 2011

Gelar Jepang adalah suatu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (HIMAJA FIB UI). Acara ini diadakan sebagai wadah apresiasi kebudayaan Jepang dan ajang aktualisasi diri bagi peminat kebudayaan Jepang dengan berbagai bentuk aktivitas. Gelar Jepang kali ini adalah Gelar Jepang ke-17. Tema yang kami angkat untuk Gelar Jepang 2011 ini adalah “perjalanan waktu” dengan tagline “Jelajahi Dimensi Waktu, Temukan Perpaduan Pesona Budaya Dua Bangsa”.

Gelar Jepang 2011 akan dilaksanakan pada Jum’at-Minggu, 24-26 Juni 2011, mulai pukul 10.00, di Pusat Studi Jepang UI (Hari I&II) dan Lapangan Parkiran Dosen FIB UI (Hari III).

Konsep perjalanan waktu dan kolaborasi warna budaya ini pun dilambangkan melalui maskot Gelar Jepang kali ini yaitu seorang anak laki-laki Indonesia yang bernama Eka dan gadis Jepang yang bernama Momoko sebagai lambang dari dua kebudayaan ini. Mereka ditemani oleh seekor hewan menyerupai kelinci yang bernama Pokoro yang melambangkan lompatan-lompatan waktu sesuai dengan tema acara Gelar Jepang kali ini. Ketiga maskot ini akan menaiki mesin waktu berupa balon udara.

Sebagaimana kita ketahui, Jepang merupakan negara yang sangat peduli akan budayanya. Oleh karena itu, sebagai sesama negara kepulauan yang kaya akan budaya dan memiliki hubungan persahabatan yang sudah terjalin cukup lama, Gelar Jepang 2011 tidak hanya ingin memperkenalkan kebudayaan Jepang, tetapi juga mengakrabkan kembali budaya Indonesia, juga ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk belajar dari Jepang, bagaimana mereka menghargai budaya nasionalnya.

Gelar Jepang 2011 akan menampilkan berbagai kesenian tradisional Jepang dan Indonesia, band performances, dance covering, pameran komik, seminar animasi, berbagai lomba dan workshop, layar tancap, dan masih banyak lagi. Dengan MC Dmust Akira dan Barry. Info lebih lanjut dapat dengan mengunjungi blog Gelar Jepang 2011, http://gelarjepang2011.blogspot.com atau follow twitter kami @gelarjepang2011.

1 thought on “Gelar Jepang 2011”

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA