Gimana Sih Cara Bikin Niat yang Kuat Agar Tujuan Kita Tercapai?

RAS inilah yang bisa ngebantu kamu mencapai tujuan. Gimana sih caranya? Ini dia tips yang bisa kamu lakukan.


0

Aku pokoknya harus kurus!! Ih ga jadi deh, berat ternyata. Nanti aja….

Aku mau coba banyak lomba!! Kok tim lain keren-keren ya. Seram. Ga jadi deh…

Aku harus lulus cumlaude IPK 4!!! Huaaaa apaan ini. Ga sanggup. Mau nyerah aja….

How to Set Intention and Get It Done. Kamu pernah ga sih ngalamin hal kayak gitu? Udah nentuin tujuan tapi seringnya minder dan ragu duluan, eh akhirnya ga jadi ngapa-ngapain. Sedih ya. Kita udah pingin banget tujuan kita tercapai, tapi malah berhenti ditengah-tengah.

Nah, jangan khawatir. Sebenernya, otak kita punya sistem yang keren banget buat ngebantu kamu. Coba bayangkan kamu ada di ruang publik. Banyak orang-orang berlalu lalang sambil berbicara, teriak, nangis, tertawa, dan jangan lupa ada juga suara mesin atau kendaraan. Bising banget ga sih pastinya? Tapi, kamu berhasil kan meredam semua suara itu? Kamu ga terganggu sama sekali dan ga mendengar kebisingan sekitar. Di tengah kebisingan itu, ada seseorang yang manggil nama kamu dan seketika kamu menoleh. Wow. Kok bisa? Ketika kamu meredam semua suara bising tapi bisa sadar kalau nama kamu dipanggil? Itu adalah bukti kerja sistem otak kamu.

Sistem apa sih? Reticular Activating System (RAS). RAS ini adalah kumpulan saraf di otak manusia yang berperan menyaring informasi gak penting agar akses informasi penting bisa lewat. Suara bising itu ga penting pasti dan nama kamu pasti penting kan buat kamu? RAS inilah yang bisa ngebantu kamu mencapai tujuan. Gimana sih caranya? Ini dia tips yang bisa kamu lakukan.

1) Tentukan Tujuan

Sumber: parkwired.com

Kamu tidak perlu berkutat dengan pertanyaan “How to set intention?”. Dalam menentukan tujuan, kamu hanya perlu bertanya kepada diri sendiri apa yang kamu mau.

Penting banget buat percaya diri dengan apa yang kamu mau dan bukannya ikut-ikutan dengan orang lain. Jika kamu belum yakin dan percaya diri, kamu bisa menanyakan pertanyaan pemantik seperti ini.

  • Siapa aku? (Who am I?)
  • Apa yang aku lakukan? (What do I do?)
  • Kenapa aku melakukannya? ( Why do I do that?)
  • Apa yang akan aku dapatkan? (What will I get?)

2) Mental Movie

Apakah kamu pernah mendengar mental movie? Mental movie adalah bagaimana kamu mengimajinasikan situasi ketika kamu berhasil meraih tujuan kamu di masa depan. Kamu dituntut untuk membayangkan suara, percakapan, visual, dan detail yang terjadi dan mengulanginya terus menerus. Semakin detail dan sering kamu melakukannya, sistem RAS akan semakin menganggap hal tersebut sebagai hal penting dan mendorong kamu untuk meraihnya.

3) Sugesti RAS

Sistem kerja otak yaitu Reticular Activating System (RAS) berperan untuk menyaring hal tidak penting agar hal penting dapat lewat. Semakin kamu terus menerus mensugesti bahwa tujuan kamu adalah hal penting, RAS akan semakin mudah membantu kamu yakin dan percaya diri mencapai tujuan. Salah satu, sugesti yang dapat kamu lakukan adalah menempelkan sticky notes dan reminder tentang tujuan kamu di lokasi yang mudah ditemukan. Salah satunya adalah menempel sticky notes di kulkas, di dinding sebelah kasur, dan screen HP/Laptop.

Selain itu, kamu bisa mensugesti diri dengan bermeditasi setiap malam. Meditasi yang dapat kamu lakukan adalah memvisualisasikan mental movie yang telah kamu buat. Semakin sering kamu mensugesti diri terhadap visual tersebut, semakin besar keinginan kamu untuk berjuang mencapainya.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar kamu makin yakin dan semangat mencapai tujuan kamu. Eitss, jangan lupa. Tentunya kamu ga boleh lupa ya untuk bergerak dan melakukan action untuk mencapai tujuan kamu. Langkah ini adalah hal yang paling perlu kamu lakukan.

Kamu tentu ga bisa dong berharap mencapai sesuatu tapi cuma berdiam diri. Yuk, kita mulai melakukan action sekecil apapun. Dari action kecil, akan semakin menjadi action besar. Semangat!!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply