Hari Lingkungan Hidup ala GC UI (Green Community UI)

Tahukah kamu ada hari lingkungan hidup? Tepat tanggal 5 Juni setiap tahunnya dirayakan hari lingkungan hidup. Mengapa harus  dirayakan’?

Ditengah krisis global yang mengantui, tidak dapat dipungkiri bahwa bumi kita mulai rapuh. Kalau boleh dilihat sih sebenarnya bukan karena bumi telah mau habis masa hidupnya, tapi karena ulah manusia yang tidak menghargai bagaimana bumi ini berjasa banyak buat mereka, yah bisa disebut buat kita.  Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk bumi kita yang sudah mulai rapuh ini?

Banyak cara looooh rekan! Mulai dari tidak mengotori bumi disembarang tempat sampai dengan melakukan proses degenerasi bagi bumi dengan menanam pohon. Hal ini terbilang penting untuk keberlangsungan umat manusia di masa depan, agar bumi tetap kokoh untuk menopang senyuman para penerus dengan tetap hijau-biru. Kebiasaan untuk hidup menghargai bumi itu memang bukan hal yang mudah dan cepat prosesnya, tapi butuh waktu yang tepat dan cukup lama.

Mengapaaaaaaaa begitu? Ya karena belajar mencintai dan merawat bumi ini butuh pemahaman dan kepedulian yang harus dijaga konsistensinya rekan! Kalau kegiatan kamu Cuma sebatas suka merawat bumi lalu pergi begitu saja itu sama dengan meninggalkan jejak harapan masa depan untuk bumi yang lebih kuat dan kokoh.

Nah dalam hal ini, GC UI (green community UI) mau bagi cerita mengenai pengalamannya dalam menjaga bumi di setiap kegiatannya khususnya di perayaan hari lingkungan hidup.  Setahun lalu, anak GC UI berhasil melakukan perayaan cinta lingkungan berskala besar di P. Rambut dan P.Untung Jawa dengan tema “Breath The World”. Kegiatan yang dilakukan itu berupa penanaman pohon mangrove dan workshop pengolahan buah mengrove. Acara ini didukung oleh kementrian lingkungan hidup dan pemprov DKI, tak hanya itu, antusias masyarakat terhadap acara hari lingkungan hidup ini sangatlah besar, pun ini sejalan dengan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dan hal positif untuk Bumi.

Tidak hentinya peduli dan berupaya untuk merawat bumi, GC UI tahun 2011 juga akan melaksanakan HLH di Pulau Pramuka, tepatnya 4-5 juni 2011 dengan tema “Heal The World : make it better place for you and me”. Waaaaaaw! Semakin dahsyat nih usungan temanya. Selaras dengan hal tersebut, perayaan tahun ini akan diwarnai oleh penanaman terumbu karang, kunjungan ke penangkaran penyu sisik, kampanye hari lingkungan hidup dan tentunya menyambung estafet kegiatan tahun lalu, penanaman pohon mangrove. Acara ini menghadirkan simpatisan sebagai peserta sebanyak 100 orang ; berasal dari kategori Anggota GC UI, mahasiswa Universitas Indonesia, dan komunitas pencinta lingkungan.

Ayo kita selami lebih dalam,  apaan sih acara ini?

Lets start it from penanaman terumbu karang. Kenapa di acara HLH tahun ini ada rangkaian penanaman terumbu karang? FYI, Indonesia itu memiliki terumbu karang terluas di Dunia, bahkan Raja Ampat di Papua Barat merupakan kepulauan dengan jumlah jenis terumbu karang tertinggi di dunia, tapi sangat disayangkan nih, 70 % terumbu karang di Indonesia kondisinya rusak parah! Nah oleh karena itu, GC UI menarik simpatisan sebagai peserta yang turut peduli terhadap permasalahan ini melalui penanaman terumbu karang.

Dalam kegiatan yang diusung GC UI, disponsori oleh PT. Antam  dan CIMB Niaga, dan di bantu oleh media partner DAAItv, Media Indonesia, RTC UI, Info Depok, dan anakUI.com ini akan memberikan sensasi edukatif menanam terumbu karang dengan teknologi transplatansi terumbu karang dengan penanaman atau pencangkokkan batu karang melalui media yang digunakan dengan suasana sunset. Kebayaaaang kan gimana asiknya berbuat suatu yang baik untuk bumi dengan mendapat hal lebih juga dari si bumi! Tapi tidak hanya disitu, setelah menanam terumbu karangnya, ada acara snorkeling untuk melihat bagaimana hasil dari penanaman terumbu karang tersebut! widiiiiiiiih mancaaaaap yaaa!

Bukan GC UI namanya kalau gak peduli lingkungan! Yaaaaaa, selain acara penanaman terumbu karang dan snorkeling, ada acara kunjungan ke penangkaran penyu sisik. Nah loh, apa hubungannya peduli lingkungan, merawat bumi dan penyu sisik? Seperti kata pepatah “ jika tak kenal maka tak sayang” , GC UI coba untuk mengajak peserta untuk mengenal lebih jauh lagi dengan salah satu fauna yang ada di Indonesia  sehingga timbul rasa kecintaan kepada bumi dan mau melestarikannya. Faktanya, 7 jenis penyu yang ada di dunia, Indonesia adalah satu-satunya Negara yang memiliki habitat untuk keenam jenis penyu tersebut.

Untuk acara special for earth, GC UI tahun ini juga masih mengusung acara penanaman pohon mangrove. Landasan acara ini adalah sebagai bentuk komitmen membantu pemerintah untuk menurunkan 26 % emisi gas karbon pada tahun 2020. Mengapa harus mangrove? Mangrove itu memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya abrasi pantai dan menciptakan kualitas udara yang lebih baik. Lagipula menanam mangrove ini kan tidak bisa disembarang tempat dan jarang orang yang melakukan penanaman mangrove, maka dari itu perlu dilakukan kegiatan seperti ini secara berkala untuk mewujudkan tujuan dari pemerintah yang berdampak baik juga untuk kita semua., so lets act now for our mother earth to make it better place for you and me!

Nah rangkaian yang terkahir dan gak kalah penting plus seru dibandingkan acara lain, yaitu kampanye hari lingkungan hidup! GC UI gak bisa sendirian juga loh peduli sama BUMI, tapi butuh orang banyak untuk bergerak bersama peduli sama Bumi, tahu tentang bumi, dan berkasi nyata untuk menjaganya. Acara kampanye ini bakalan seruuuuu banget lah yaaaaa. Seratus orang pemuda dan pemudi yang peduli lingkungan berbaur dengan alam pulau pramuka dan menggaungi para wisatawan serta penduduk disana loooh!

Hmmmmm gerak dan langkah pasti dari GC UI ini diharapkan dapat menjadikan bumi kita sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk kita dan generasi penerus untuk tetap hidup di Bumi.

KAMI PEDULI LINGKUNGAN HIDUP BUMI, KAMU?

Salam hijau GC UI!

GCUI: TAU, PEDULI, BERAKSI!

Visit us: FB GCUI

http://greencommunity-ui.blogspot.com

Leave a Comment