Hasil Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Tingkat UI Bidang Pendidikan dan IPA


0

Pada hari Selasa s.d. Kamis, 22-24 April 2008, diselenggarakan babak final Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) bidang Pendidikan, IPA, dan IPS, bertempat di Gedung Kesejahteraan Fasilitas Mahasiswa (GKFM) UI. Babak final KKTM bidang Pendidikan diselenggarakan hari Selasa, 22 April 2008, sedangkan bidang IPA diselenggarakan pada Rabu, 23 April 2008, dan IPS pada Kamis, 24 April 2008.

Sekedar informasi saja, seleksi KKTM tingkat UI ini dilakukan dengan menyeleksi seluruh karya tulis yang masuk ke rektorat, kemudian pihak juri memilih 10 besar karya tulis terbaik dari masing-masing bidang untuk masuk ke babak final. Pada babak final ini, karya tulis tersebut dipresentasikan di depan dewan juri. Juara satu dari setiap kategori akan mewakili UI melaju ke seleksi tingkat wilayah. Pada tingkat wilayah, UI akan bertarung lagi dengan juara-juara universitas lain di wilayah barat. Juara 1, 2, dan 3 dari seleksi tingkat wilayah ini akan masuk ke babak grand final di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Hasil dari babak final ini diumumkan langsung oleh dewan juri pada hari itu juga, saat semua tim telah selesai melakukan presentasi. Inilah hasil KKTM bidang Pendidikan dan IPA:

Bidang Pendidikan

Juara 1, yang akan mewakili UI di seleksi tingkat wilayah:
Rahmad Mahendra (Fasilkom 2004), Rahma Mutia (FT 2007), dan Sefni Yenti (FT 2006), dengan judul karya tulis “Greening Education: Arti Penting Pendidikan untuk Menumbuhkan Kesadaran Muda Indonesia Terhadap Lingkungan Hidup”

Juara 2,
Andy Setyawan, (FIB 2005) dan Wolfgang Sigogo S. (FIB 2005), dengan judul karya tulis “Urgensi Pengimplementasian “Accelerated Learning” Melalui Sistem “Cross Content Study” & “Moving Class” pada Siswa Reguler dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Strategis Coping Stress pada Siswa SMA/MA Guna Meningkatkan Prestasi Belajar”

Juara 3,
Maruli Tua Jaya (FISIP 2006), Noviyanti (FISIP 2005), dan Sarah Choirinnisa (FISIP 2005), dengan judul karya tulis “Role Playing sebagai Alternatif Pengembangan Metode Pembelajaran bagi Anak di Indonesia”

Bidang IPA

(sumber selengkapnya ada di Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa IPA (Behind The Scene))

Juara 1, yang akan mewakili UI di seleksi tingkat wilayah:
Berlian Dewirani (FMIPA 2004) dengan judul karya tulis “Pemanfaatan Pregel Pati Singkong Propionat sebagai Sediaan Mukoadhesif”

Juara 2,
Samuel J.O (FK 2005) & Hilda Dwijayanti (FK 2005) dengan judul karya tulis “Potensi Pemanfaatan Vaksin Mukosa Berbasis Tanaman sebagai Strategi Imunisasi Global”

Juara 3,
Kartika Anggun D.S (FKM 2006), Lassie Fitria (FKM 2005) & Yunita (FKM 2005) dengan judul karya tulis “Potensi Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius) sebagai Larvasida Alami Pemberantas Nyamuk Aedes Aegypti”

Selamat berjuang kepada Rahmad Mahendra dan timnya serta Berlian Dewirani yang akan mewakili UI di seleksi KKTM tingkat wilayah. Dukung dan do’akan mereka ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

One Comment

Leave a Reply

  1. Tetap berjuang anak UI
    Kita pasti bisa bersaing dengan universitas lainnya
    dengan adanya kalian bisa menjadi inspirasi buat gw n anak lainnya untuk lebih giat lagi berkarya