Hasil KRI/KRCI Tingkat Nasional 2008


0

Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2008 tingkat Nasional telah berlangsung di Balairung UI Depok, tanggal 14-15 Juni lalu. Juara Kontes Robot Indonesia (KRI) 2008 adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan robot JUMP-BE. Tim JUMP-BE akan mewakili Indonesia dalam kontes robot tingkat Internasional ABU ROBOCON 2008 yang akan berlangsung di Pune, India pada tanggal 31 Agustus nanti, dimana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri.

Tim JUMP-BE dari PENS melaju ke partai final setelah mengalahkan Tim PALAPA dari UGM. Di partai semifinal lainnya, Tim KHIL_G dari Universitas Brawijaya mengalahkan Tim KOUMORI dari ITS. Pada partai Final, JUMP-BE mengalahkan KHIL_G dengan skor 30-12. Selain menjadi juara, Tim JUMP-BE juga mendapatkan penghargaan Tim dengan Algoritma Terbaik. Tim PALAPA dan KOUMORI masing-masing juga mendapatkan penghargaan Tim dengan Inovasi terbaik dan Tim dengan Desain Terbaik.

Langkah Tim RENGOSAKUSEN dari UI terhenti di perdelapan final oleh Tim RENGGANIS dari UNESA. Pada pertandingan tersebut, Tim UI hanya kurang beruntung. Ketiga robot otomatis berjalan dengan baik, dan satu robot telah berhasil mengambil white butter (balok putih). Satu robot otomatis gabungan lainnya juga sudah siap mengangkat yellow butter (balok kuning), namun cengkeraman tangan robot tidak mampu mengangkat balok karena robot tertabrak oleh robot Tim RENGGANIS dari UNESA. Tim NGGOTONG-ROYONG dari ITB yang menjadi Juara di Regional 2 juga hanya bertanding sampai perdelapan final setelah dikalahkan Tim POSTER-MPX dari UNHAS.

Tahun ini adalah tahun pertama pelaksanaan kontes secara betahap, dimulai dengan Kontes Regional pada 4 (empat) wilayah yaitu Pekan Baru, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Pemenang dari keempat Kontes Regional tersebut kemudian bertanding dalam Kontes tingkat Nasional. Di tingkat nasional, pertandingan yang diikuti 24 tim yang berasal dari 24 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia ini berlangsung sangat seru. Setiap Tim telah menyiapkan strateginya masing-masing. Suasana pertandingan pun terasa menegangkan. Pada beberapa pertandingan, sempat terjadi tabrakan robot-robot otomatis peserta. Selain itu, dukungan supporter juga sangat meriah, terutama dari Surabaya dan UGM. Sedikit disayangkan, walaupun UI menjadi tuan rumah, namun supporter yang ada tidak sebanyak dan semeriah supporter dari PENS, ITS, dan UGM.

KRI/KRCI 2008 dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA, dan ditutup oleh Rektor UI, Prof. Dr. Gumilar R. Somantri. Pak Rektor berharap PENS yang mewakili Indonesia dalam ABU ROBOCON 2008 mampu mengharumkan nama bangsa dengan menjadi Juara Pertama. Selain itu, Beliau juga berharap Indonesia dapat menjadi Tuan Rumah ABU ROBOCON pada tahun 2010 atau 2011 nanti.

Untuk KRCI, berikut daftar pemenang dari semua kategori yang ada:
– Divisi Senior Beroda
Juara Pertama : Du 114 V8 dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
Juara Kedua : TENSAI dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

– Divisi Senior Berkaki
Juara Pertama : RASYID dari Politeknik Caltex Riau
Juara Kedua : al_FajRy dari Institut Teknologi Sepuluh November

– Divisi Expert – Single
Juara Pertama : gho-Zie dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Juara Kedua : dot.B dari Politeknik Negeri Bandung

– Divisi Expert – Swarm
Juara Pertama : DU 102 dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
Juara Kedua : Black_Ant_Teus dari Universitas Surabaya

Penghargaan lain yang ada berhasil diraih oleh Tim DU 102 dari UNIKOM sebagai Tim Dengan Algoritma Terbaik, Tim Black_Ant_Teus dari UBAYA sebagai Tim Dengan Inovasi Terbaik, dan Tim Preaten C 128 dari UI sebagai Best Spirit Team.

Bagi yang tertarik mengetahui aturan pertandingan KRI atau KRCI bisa mendownloadnya dari link berikut: Rules KRI & Rules KRCI
Atau bisa langsung melihat videonya : ABU Robocon 2008


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
farisfar

Undergraduate Student Majoring in Computer Science, University of Indonesia

4 Comments

Leave a Reply

  1. Untul pencapaian hasil mungkin iya, tapi jika dilihat dari proses dan kualitas robot sebenarnya tahun ini telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

    Oya, ini ada gambar dan video yang ketinggalan..

    [IMG]http://i142.photobucket.com/albums/r96/faris_adp_lc/KRI2008a.jpg[/IMG]
    Balairung UI Depok

    [IMG]http://i142.photobucket.com/albums/r96/faris_adp_lc/KRI2008b.jpg[/IMG]
    Suasana Pertandingan

    [IMG]http://i142.photobucket.com/albums/r96/faris_adp_lc/KRI2008c.jpg[/IMG]
    Perebutan Yellow Butter (Balok Kuning) oleh Robot-robot Tim Peserta

    Semifinal KRI 2008 : ITS vs Unibraw http://www.youtube.com/watch?v=EP01PqvXrY4

    Semifinal KRI 2008 : PENS vs UGM http://www.youtube.com/watch?v=2tWtj-B_lrs

    Final KRI 2008 : PENS vs Unibraw http://www.youtube.com/watch?v=1T38ZU-yKgg

  2. Auntisiasme anak UI juga harus ditingkatkan dong… Kemarin sepertinya supporternya agak sepi deh. Masak supporter tuan rumah kalah suara sama anak-anak ITS dan UGM.

    Ini kan kandang kita…

  3. Betul betul..UI sering banget jadi tuan rumah cuman kayaknya publikasi malah gencar di luaran daripada di tingkat kampus sendiri. Contohnya aja suporter tim robot UI cuma banyak dari teknik a.k.a temen2nya si pembuat robot. Dari fakultas lain..ampir ga ada sodara2 (kecuali saya yg 4 taun ini demen banget liat ntu KRI/KRCI).Kalah jauh sama suporter ITS yang dari jauh2 hari udah booking tiket beratus-ratus lembar, niat nginep di luar balairung n brangkat ke Jakarta pake duit ndiri.

    Udah gitu (pengalaman pribadi) peserta robot dari UI-nya juga kurang respek ama panitia (2 taun lalu sih, ehehhe..mudah2an yg skrng enggak ya..).Jadi kurang simpatik deh.

    tapi intinya, kalo taun depan masi jadi tuan rumah, mari bersama-sama dukung si robot UI biar menang. Masa PENS ITS mulu, bosen kali..