Hati-hati pake Facebook..

ABOUT FACEBOOK

Facebook sudah mendunia dan mewabah! Blackberry bisa dijual laku keras juga gara-gara Facebook. Facebook menyalip kepopuleritas aplikasi sejenis di dunia maya.

Namun berikut ada beberapa hal-hal yang perlu diketahui dan dipertimbangkan:
1.Facebook adalah aplikasi web yang tujuannya untuk komunikasi sosial.
2.Facebook adalah PEMILIK semua isinya
(http://www.facebook .com/terms. php?ref=pf)

Nah berikut adalah kekeliruan yang sering kalian pikir benar:
Semua posting saya di Facebook account saya adalah milik saya! Ini adalah salah besar. Memang kalian bisa mengkontrol siapa yang bisa akses terhadap postingan kalian. Kalian bisa mengatur siapa yang bisa baca blog saya, siapa yang bisa lihat photo saya dan sebagainya. Tetapi apapun yang sudah upload ke Facebook sudah menjadi hak milik (property) dari Facebook. Facebook berhak melakukan apa saja terhadap isi yang sudah kita upload. Jika kita upload photo anak-anak kita. Maka suatu ketika ada iklan produk bayi yang photonya anak kita ya jangan kaget. Kalau para bajul upload photo bugil dan kinky dan meski hanya diset yang bisa akses diri sendiri, jangan kaget kalau photo itu suatu saat muncul dalam bentuk iklan kondom. Kok bisa? Ya bisa!
Karena Facebook punya hak menjual semua isi Facebook.

Makanya, jangan posting sesuatu yang isinya benar-benar private. Jangan post photo keluarga, photo anak-anak, dsb yang punya nilai kenangan. Jangan post sesuatu yang punya nilai hak cipta milik anda. Misalnya ada yang mengarang buku lalu post di Facebook. Facebook berhak menjual buku anda! Karena dengan post di Facebook anda menyatakan itu milik Facebook!

Satu hal lagi yang crucial:
Kalau anda post sesuatu di facebook lalu menghapusnya, jangan berpikir bahwa anda sudah benar-benar menghapusnya. Apa pun yang sudah di post di facebook itu sudah menjadi milik facebook dan mereka simpan. Kalau anda menghapus, itu hanya menghapus access di acount anda saja. Physically, postingan anda still there!

Dah di baca kan kutipan email di atas?? Ya, sekedar ngucapin aja cukup sekedarnya aja menggunakan facebook” segala sesuatu yang berlebihan tidak baik :P”

Masih mau pakai facebook?? (g bisa insert polling.. bukan blog pribadi sich.. hiks)

Sumber: Email temen… hehe ­čśŤ

9 thoughts on “Hati-hati pake Facebook..”

  1. kebiasaan buruk saya.

    Tidak pernah baca terms & agreement dulu sebelum login. Jadi kaget kalau tahu seperti ini.

    *pokoknya accept aja deh biar cepet ­čśŤ

    Reply
  2. segala sesuatu di dunia maya sudah barang tentu menjadi milik internasional; termasuk hak cipta, dan hak guna-pakai. jadi, apapun blog-nya, kita kalau sesuatu sudah di upload di dunia maya; ya wajar aja dapat digunakan siapa pun, kapan pun, dan dimana pun. Bukankah, sekarang ini, banyak sekali pembajakan hak cipta, hak guna, dan hak pakai di dunia maya?Contohnya, film, musik, dan video, buku, dan foto aja; udah banyak sekali yang dibajak di dunia maya. jadi, bukan facebook aja bro !! termasuk friendster, twitter, segala macam web site; bahkan…termasuk juga ar-rahmah.com. google.com, dan yahoo.com.

    Reply

Leave a Comment