12 Headphone Over Ear Terbaik 2022 yang Wajib Dicoba

anakui.com – Headphone over ear terbaik menyeimbangkan suara yang bagus dengan sejumlah fitur berguna. Ini adalah pilihan teratas kami yang telah dicoba, diuji, dan diberi peringkat. Dengan banyaknya pilihan headphone, memilih yang sesuai dengan kebutuhan sobat seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

Apa Itu Headphone Over Ear?

Headphone over ear adalah headphone yang dikenal dengan tingkat kenyamanan yang tinggi. Dengan bantalan telinga yang menutup seluruh telinga dengan nyaman, untuk mengisi seluruh telinga dengan suara, bukan hanya saluran telinga, seperti in-earbud.

Desain over-ear juga efektif untuk mengurangi kebisingan luar di sekitar. Pengujian ekstensif telah menunjukkan bahwa isolasi kebisingan pasif semacam ini sangat efektif untuk meminimalkan kebisingan latar belakang yang mengganggu bahkan sebelum peredam bising aktif digunakan.

Headphone Over Ear Terbaik 2022

Mendengar sebelum membeli bisa menjadi tantangan besar. Itu karena tidak banyak toko audio yang memiliki stok demo yang dapat dicoba sebelum membeli.

Untungnya, kami di sini untuk membuat prosesnya sedikit lebih mudah, dan setiap model dalam ulasan headphone kami telah diuji secara menyeluruh oleh para ahli. Kami mengevaluasi kualitas audio, kenyamanan, daya tahan, dan berbagai kriteria di antaranya untuk membantu menghindari pusing dalam memilih headphone yang tepat.

Baik mencari headphone bergaya yang terbuat dari bahan mewah dan sarat dengan fitur terbaru, atau sesuatu yang sedikit lebih sederhana untuk penggunaan praktis dan portabel, kami memilih headphone over-ear terbaik. Banyak model didiskon besar-besaran dari harga jual dan tersedia untuk dibeli sekarang.

1. Sony WH-1000XM5

Headphone terbaik 2022 untuk keseluruhan fitur dan performa

Spesifikasi
Daya Tahan Baterai (Terukur): Hingga 40 jam; 30 jam (ANC diaktifkan)
Jangkauan Bluetooth: Tidak ditentukan
Fitur Khusus: ANC
Berat: 8,8 ons

Kelebihan

  • + Suara jernih dan menarik
  • + Pilihan kontrol yang bagus
  • + Pembatalan kebisingan yang mengesankan
  • + Kenaikan harga dengan desain ulang dan sertifikasi lingkungan

Kekurangan

  • – Area di sekitar telinga menjadi panas setelah lama mendengarkan

Headphone andalan baru Sony meningkatkan XM4 yang sudah terkenal dengan peredam bising aktif, kualitas panggilan, suara, kenyamanan, dan konektivitas yang lebih baik. Sebagian besar perubahan tidak besar (dua yang pertama jelas terkenal), tetapi cukup untuk mempertahankan posisi No. 1 Sony yang telah lama dipegang.

Kontrol sentuh dan masa pakai baterai (30 jam dengan ANC aktif, 40 jam dengan ANC mati) juga patut dipuji, begitu juga dengan aplikasi Kontrol Headphone Sony yang luar biasa yang memungkinkan Anda menyesuaikan EQ sesuai keinginan.

Desain yang agak hambar merupakan kerugian bagi mereka, seperti kenaikan harga. Tetapi XM4 masih ada jika ingin membelanjakan lebih sedikit. Secara keseluruhan tidak ada keraguan bahwa ini adalah headphone nirkabel terbaik yang dapat dibeli. Jika masih tidak yakin, lihat pertarungan Sony WH-1000XM5 vs WH-1000XM4 untuk melihat perbandingannya.

2. Bose 700

Headphone Over-Ear Terbaik untuk Peredam Kebisingan

Spesifikasi
Masa pakai baterai (nilai): 20 jam (ANC aktif)
Jangkauan Bluetooth: 9 meter (30 kaki)
Fitur Khusus: ANC yang Dapat Disesuaikan; EQ khusus; Casing pengisi daya (opsional)
Berat: 8,8 ons

Kelebihan

  • + Tingkat ANC yang dapat disesuaikan
  • + Desain ramping dan menarik
  • + Pembatalan kebisingan yang luar biasa untuk panggilan dan musik

Kekurangan

  • – Mahal

Tidak ada yang melakukan peredam bising aktif sebaik Bose. Mengganti Bose QuietComfort 35 II, ANC kualitas terbaik lainnya dapat diatur, Bose 700 menambahkan desain baru yang apik, kontrol sentuh kapasitif yang membantu, dan kualitas suara yang lebih baik.

Apa yang membuat ANC begitu hebat dan bisa dikategorikan sebagai headphone terbaik untuk musik bukan hanya efisiensinya, tetapi jumlah kontrol yang diberikan Bose kepada sobat. Ada lebih dari 11 level untuk dipilih melalui aplikasi seluler.

Baik ingin mendengarkan pengumuman atau tetap aman di dekat kemacetan lalu lintas, sobat dapat membiarkan suara sekitar yang masuk sedikit rendah atau menyetelnya ke senyap maksimal. Hal yang sama berlaku untuk jenis kebisingan yang dapat menyebabkan masalah pada ANC, seperti suara.

3. Bowers & Wilkins Px7 S2

Gaya dan suara canggih dalam paket premium

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: Tidak ditentukan; 10,8 ons
Daya Tahan Baterai (Terukur): Hingga 30 jam
Jangkauan Bluetooth: > 30 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Suara seimbang, menawan, dan percaya diri
  • + Pembatalan kebisingan yang lebih baik dibandingkan saudara Px7-nya
  • + Tampilan stylish (jika suka itu)

Kekurangan

  • – Tidak ada kontrol sentuh dan fitur-fiturnya agak mendasar.
  • – Pembatalan kebisingan ditingkatkan oleh saingan.
  • – Penampilan anonim (jika tidak)

Headphone over-ear Bowers & Wilkins Px7 S2 harganya sama dengan Sony. Mereka murung, tersusun dengan indah, dan tampan dengan cara yang bersahaja, atau terlalu bersahaja untuk kebaikan mereka sendiri. Tergantung selera. Ada pembatalan bising aktif dan aplikasi kontrol, tetapi ‘ekstensi’ bukan milik mereka.

Ini dirancang untuk menghadirkan suara nirkabel terbaik. Seluruh rentang frekuensi menyatu dengan baik tanpa dibesar-besarkan atau kesulitan dengan presentasi. Nada suaranya bersih, koheren, dan sepenuhnya meyakinkan.

Jika menginginkan semua fitur headphone wireless terbaik, sobat memiliki banyak pilihan. Namun, jika menginginkan sepasang headphone yang memaksimalkan informasi audio digital yang mereka berikan, Px7 S2 harus ada di pikiran sobat.

4. Bowers & Wilkins Px8

Keseimbangan indah antara desain mewah dan suara high-end

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: Tidak ditentukan; 11,2 ons
Daya Tahan Baterai (Terukur): Hingga 30 jam
Jangkauan Bluetooth: > 300 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Bentuk dan gaya yang canggih
  • + Kualitas suara generasi berikutnya
  • + Dukungan codec adaptif aptX

Kekurangan

  • – Daya tarik batas harga tinggi
  • – Tidak ada audio lossless aptX
  • – Tidak ada kontrol sentuh

Px8 adalah headphone peredam bising tercanggih dari Bowers & Wilkins hingga saat ini dan tambahan yang meyakinkan untuk pasar headphone kelas atas.

Audio nirkabel melalui Bluetooth 5.2 yang mendukung codec adaptif SBC, AAC, aptX HD dan aptX saat terhubung ke perangkat pemutaran yang kompatibel. Dan kabel untuk menghubungkan jack headphone berkabel juga disediakan.

Unit penggerak Carbon Cone 40mm khusus memberikan detail suara yang jauh lebih banyak di semua bagian rentang frekuensi daripada Px7 S2 perusahaan kelas atas, dan material mewah untuk lebih membantu kenyamanan.

Performa bass lebih gesit di Px8 berkat material driver baru, tetapi keunggulan headphone over ear murah andalan ini adalah memberikan banyak detail alami pada frekuensi menengah dan kejernihan rentang menengah, membuat setiap suku kata yang diucapkan terdengar nyata secara meyakinkan.

Meskipun kualitas suaranya ditingkatkan, peringkatnya sedikit lebih rendah dalam hal nilai keseluruhan karena harganya yang tinggi dibandingkan dengan sesama Px7 S2 dan pesaing terdekat.

5. Focal Bathys

Audio premium dan kenyamanan dengan harga terjangkau

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 9,4 x 8,25 x 2,75 inci 12,3 ons
Masa pakai baterai (nilai): 30 jam; 35 jam (mode jack audio); 42 jam (mode DAC)
Jangkauan Bluetooth: 50 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Suara berkualitas tinggi yang luas
  • + Dukungan DAC 24-bit/192kHz bawaan
  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Desain penuh warna dan mudah dibawa

Kekurangan

  • – Salah satu headphone ANC yang lebih mahal
  • – Pembatalan kebisingan normal
  • – Perangkat lunak buggy dan dukungan dukungan digital

Focal Bathys menawarkan keserbagunaan yang unik. Ini adalah headphone berperforma tinggi luar biasa yang sangat cocok untuk mendengarkan audiophile kritis di rumah, sementara nirkabel yang praktis dan nyaman memungkinkan pemilik untuk menikmati headphone saat bepergian.

Merk headphone wireless terbaik ini mungkin tampak mahal pada awalnya. Tetapi ketika mengevaluasi fitur unggulan seperti driver dinamis Focal, DAC terintegrasi dengan dukungan audio resolusi tinggi penuh, dan performa audio terbaik, terasa seperti harga murah.

Driver speaker M-dome Focal dipadukan dengan dukungan audio Hi-Res memastikan suara Bathys spektakuler. Selama sesi mendengarkan, rekaman sangat berlapis, memberi instrumen banyak ruang untuk bernafas, dan DAC onboard sangat bagus untuk suara 24-bit yang tidak terkompresi saat terhubung ke sumber lossless seperti Apple Music dan Tidal. Kesetiaan ditingkatkan dan pengiriman lebih ketat.

6. Apple AirPods Max

Headphone over ear terbaik untuk pengguna iPhone

Spesifikasi
Masa pakai baterai (nilai): 20 jam (ANC aktif)
Jangkauan Bluetooth: 10 meter (33 kaki)
Fitur Khusus: ANC; audio spasial; berbagi audio; Siri
Berat: 13,6 ons

Kelebihan

  • + Desain mewah
  • + Pembatalan kebisingan yang sangat baik
  • + Audio Spasial terdengar hebat.

Kekurangan

  • – Sangat mahal

Semahal AirPods Max, rasanya sobat mendapatkan apa yang dibayar. Konstruksi aluminium dan kain jala mewah dan nyaman, sedangkan kualitas suara dan efisiensi ANC tidak ada duanya.

Apple juga telah memasukkan beberapa fitur canggih ke dalam AirPods Max, seperti Adaptive EQ, yang menyesuaikan keluaran suara berdasarkan cara AirPods Max dikenakan di kepala. Frekuensi disesuaikan dengan mempertimbangkan kecocokan penutup telinga dan ukuran telinga.

Ada juga Audio Spasial, versi suara surround digital yang sangat mengesankan, tetapi fitur ini memerlukan perangkat iOS atau Mac modern, jadi AirPods Max adalah yang terbaik untuk penggemar lama Apple.

7. Sennheiser Momentum 4 Wireless

Masa pakai baterai terbaik untuk headphone nirkabel dengan ANC

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 7 x 7,67 x 1,82 inci; 10,3 ons
Masa pakai baterai (nilai): hingga 30 jam dengan ANC
Jangkauan Bluetooth: > 30 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Masa pakai baterai yang luar biasa
  • + Suara yang bagus
  • + Performa peredam bising yang efektif
  • + Kontrol sentuh yang andal
  • + Desain solid dengan gaya sederhana (jika Anda suka)

Kekurangan

  • – Gaya anonim
  • – Bantalan telinga dapat memanaskan telinga Anda.
  • – Masalah koneksi tidak stabil di aplikasi Smart Control

Desain yang diperbarui dari headphone Momentum Wireless generasi ke-4 Sennheiser tidak semenarik pendahulunya, tetapi masa pakai baterai 60 jam menyenangkan banyak orang dan membuat headphone bluetooth terbaik 2022 ini menonjol.

Menambahkan suara Sennheiser yang nyaman dan peredam bising yang efektif, Momentum 4 adalah beberapa headphone nirkabel paling praktis yang pernah kami lihat, dibuat dengan sempurna untuk penggunaan saat bepergian tanpa terikat ke soket daya yang memerlukan pengisian ulang baterai secara teratur.

Suara mellow house Sennheiser menangani berbagai konten musik, mulai dari ketukan yang berdebar hingga lagu yang menenangkan dan menenangkan. Ini mendukung Bluetooth 5.2 dan aptX Adaptive dan dilengkapi dengan kabel 3,5mm untuk koneksi kabel audiophile.

Performa ANC efektif, dan pengurangan kebisingan angin otomatis sangat mengesankan saat berdiri di peron kereta yang berangin dalam perjalanan harian.

8. Cleer Enduro ANC

Headphone over ear murah terbaik dengan ANC

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 7 x 6,6 x 3 inci; 10,6 ons
Masa Pakai Baterai (Terukur): Hingga 60 jam
Jangkauan Bluetooth: 30 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Nilai bagus
  • + Masa pakai baterai terbaik di kelasnya
  • + Suara kaya bass
  • + ANC yang efektif

Kekurangan

  • – Mikrofon ANC menangkap suara angin.
  • – Kenyamanan berkurang selama sesi mendengarkan yang lebih lama.

Lengkap dengan masa pakai baterai yang hebat, peredam bising penuh, dan mode ambien, Cleer Enduro ANC sangat terjangkau. Memang, teknologi ANC tidak setingkat dengan Bose 700, tetapi tidak banyak headphone over-ear yang menawarkan paket lengkap dengan harga di bawah Rp. 3 jutaan.

Ini juga mendukung codec Bluetooth Adaptive aptX berkualitas tinggi, dan sobat bahkan dapat mendengar audio Hi-Res saat terhubung menggunakan kabel 3,5 mm yang dibundel. Sobat juga dapat menyesuaikan EQ secara manual menggunakan aplikasi pendamping, tetapi kami menyukai ciri khas suara bass-heavy base.

9. Bose QuietComfort 45

Masa pakai baterai terbaik dengan ANC yang selalu aktif

Spesifikasi
Masa pakai baterai (nominal): 24 jam (ANC aktif)
Jangkauan Bluetooth: Tidak ditentukan
Fitur Khusus: ANC; Dapat dipasangkan dengan produk Bose lainnya; Pengoptimalan Volume EQ Aktif
Berat: 8,5 ons

Kelebihan

  • + Pembatalan Kebisingan Aktif Elit
  • + Suara yang kaya dan detail
  • + Masa pakai baterai yang layak
  • + Kenyamanan dan konektivitas yang fantastis

Kekurangan

  • – ANC tidak dapat dimatikan
  •  – Itu tidak memiliki beberapa fitur yang ditemukan di headphone Bose sebelumnya.

Mengganti QC35 II yang populer, QuietComfort 45 adalah pembaruan untuk model yang merevolusi kategori peredam bising. Seperti flagship 700, Bose telah melengkapi headphone over-ear dengan rangkaian enam mikrofon yang memblokir banyak kebisingan sekitar dan menghasilkan panggilan yang jernih di sebagian besar lingkungan.

Desain minimalis dan nyaman sebagian besar tetap utuh, tetapi lebih ringan dan lebih kuat dari yang sebelumnya. Kualitas suara telah ditingkatkan untuk menghadirkan audio yang lebih kaya dan detail. Waktu pemutaran yang lebih lama (24 jam dengan sekali pengisian daya) juga memberikan keunggulan versi ini dibandingkan model Bose lainnya.

Sayangnya Bose tidak memberikan opsi untuk mematikan mode ANC untuk menghemat daya. Headphone terbaik murah ini juga tidak dilengkapi dengan beberapa fasilitas aplikasi yang terdapat pada headphone Bose lama. Tetap saja, ini adalah produk peredam kebisingan terbaik yang dijual dengan harga yang wajar.

10. Anker Soundcore Space Q45

Performa serba hebat dengan harga kurang dari Rp. 2,2 jutaan

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 6,3 x 3,4 x 7,4 inci; 10,3 ons
Masa pakai baterai (nilai): hingga 50 jam (ANC aktif); Hingga 65 jam (ANC mati)
Jangkauan Bluetooth: 80 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Suara keras dengan bass yang kaya
  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Dilengkapi dengan fitur khusus
  • + ANC yang efektif
  • + Bluetooth 5.3 dengan dukungan multipoint dan LDAC

Kekurangan

  • – Kikuk
  • – Asisten digital perlu bekerja
  • – Kualitas panggilan dapat ditingkatkan karena hambatan angin yang lebih baik.
  • – Tidak ada fitur Temukan Headphone Saya

Seperti Cleer Enduro ANC (di atas), Soundcore Space Q45 dari Anker memiliki serangkaian fitur luar biasa dan kinerja ANC yang efektif dengan harga yang sangat terjangkau. Ini menawarkan masa pakai baterai yang hebat, suara luar biasa yang ditenagai oleh ANC berkualitas tinggi, spesifikasi kelas atas, dan fitur khusus.

Kualitas suaranya memiliki keaktifan yang menarik penonton ke barisan depan pertunjukan, apapun musik yang mereka dengarkan. Panggung suara sonik lebar dan imersif, dengan bass, mid yang kaya, dan nada tinggi yang tajam.

Anker mendesain Space Q45 dengan mode suara ambien serbaguna yang menampilkan pengaturan ganda untuk pengaturan peredam bising dan transparansi. Dan semuanya bekerja dengan baik bila digunakan dalam konteks yang tepat.

Headphone murah terbaik 2022 ini bukan tanpa beberapa kekurangan. Tetapi tetap saja, dengan setengah harga model andalan dari Bose dan Sony, headphone ini menghadirkan netralisasi suara dan kebisingan yang kuat, dan sangat layak untuk ditelusuri.

11. Yamaha YH-L700A

Headphone over-ear terbaik untuk audio spasial

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 3,5 x 8 x 10,5 inci; 11,64 ons
Masa pakai baterai (nilai): hingga 34 jam
Jangkauan Bluetooth: 40 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Performa audio spasial yang luar biasa
  • + Kualitas suara yang sangat baik untuk musik dan panggilan
  • + ANC yang terhormat
  • + Konektivitas yang kuat

Kekurangan

  • – Desain besar dan berat
  • – Masa pakai baterai tidak merata

Dalam hal suara 3D di headphone, AirPods Max mengunci pasar itu hingga Yamaha YH-L700A hadir. Nirkabel besar ini dapat mengeluarkan audio spasial terdepan dalam kategori, memberikan pengalaman mendengarkan yang dapat dinikmati dengan konten audio stereo apa pun dari “hampir semua sumber”.

Teknologi pelacakan kepala Yamaha mengubah musik dan film tergantung pada cara sobat menoleh, dan secara otomatis menyesuaikan output setiap saluran sehingga dapat mendengar detail dan efek secara akurat dalam pemandangan suara 360 derajat.

Beberapa mode 3D tersedia untuk berbagai konten, bersama dengan pembatalan bising yang kuat dan kinerja nirkabel. Karena ini adalah salah satu model yang lebih berat, kemungkinan besar sobat tidak akan memakainya ke dan dari tempat kerja.

Waktu pemutaran yang terputus-putus saat mengaktifkan dan menonaktifkan bidang suara 3D merupakan masalah bagi siapa pun yang keluar dari penerbangan internasional. Namun jika berencana menggunakan headphone audio spasial untuk mendengarkan di rumah, YH-L700A cocok untuk sobat.

12. Microsoft Surface Headphones 2

Headphone over-ear terbaik untuk bekerja dari rumah

Spesifikasi
Masa pakai baterai (nilai): 20 jam
Jangkauan Bluetooth: 40 kaki
Fitur Khusus: ANC; EQ khusus; Integrasi Microsoft 365
Berat: 10,22 ons

Kelebihan

  • + Tingkat ANC yang dapat disesuaikan
  • + Pasangkan dengan 10 perangkat secara bersamaan
  • + Kontrol cerdas

Kekurangan

  • – Masa pakai baterai lebih rendah dari pesaing
  • – Aplikasi Surface Audio membutuhkan lebih banyak fitur.

Microsoft mungkin bukan nama pertama dalam audio, tetapi Surface Headphones 2 adalah kejutan yang menyenangkan. Kedengarannya lebih baik dan harganya lebih murah dari pendahulunya, Surface Headphones asli, dan pengisian daya super cepatnya mengimbangi masa pakai baterai yang moderat.

Butuh waktu kurang dari satu jam untuk beralih dari kosong ke terisi penuh. Jika sering menggunakan Windows, Surface Headphones 2 mungkin juga merupakan pilihan yang baik.

Ini memerlukan langganan Microsoft 365, tetapi memiliki fitur dikte suara unik yang menggunakan mikrofon terpasang untuk mengonversi ucapan menjadi teks di Word atau Outlook, alat yang hebat untuk orang yang bekerja dari rumah.

Cara Memilih Headphone Over Ear Terbaik

Saat berbelanja headphone, kami telah mempersempit banyak hal dengan secara khusus memutuskan headphone over-ear. Namun, masih ada banyak variasi dalam desain pasangan individu, jadi sobat harus melihat faktor-faktor seperti bentuk headband atau jumlah bantalan earcup untuk menentukan seberapa nyamannya.

Jangan takut untuk memberikan headphone yang tidak disukai estetikanya. Kualitas suara jelas penting. Spbat dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mengujinya, tetapi harus mempertimbangkan apakah lebih menyukai suara yang seimbang atau bagian tertentu dari spektrum frekuensi.

Misalnya, penggemar elektronik mungkin lebih menyukai bass yang lebih berat. Konon, banyak headphone over-ear memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan Anda menyesuaikan EQ sesuai keinginan. Pertimbangkan juga masa pakai baterai yang dibutuhkan.

Headphone over-ear dapat diputar selama sekitar 20 hingga 60 jam, jadi tidak perlu terlalu sering mengisi daya. Umumnya, semakin lama semakin baik. Perhatikan bahwa ANC memerlukan catu daya permanen ke mikrofon terpasang, jadi menyalakannya akan mengurangi masa pakai baterai.

Cara Menguji Headphone Over Ear Terbaik

Kami menguji secara menyeluruh setiap pasang headphone berdasarkan berbagai faktor dan menggunakan pendekatan pengujian yang konsisten sehingga perbandingan dengan pasangan lain dapat diandalkan dan adil.

Dalam hal ini, kami menggunakan setiap pasang headphone over-ear selama seminggu selama dua jam sekaligus. Hal ini memungkinkan penguji untuk mengukur kualitas suara dari genre dan volume yang berbeda dan seberapa nyaman headphone saat dipakai dalam waktu lama.

Kami mendengarkan hip-hop, rock, jazz, klasik, pop, dan lainnya untuk melihat bagaimana masing-masing pasangan bermain, dan kami melakukan hal yang sama dengan film, podcast, dan game jika memungkinkan. Pelajari cara menguji dan mencoba trek demo sendiri di panduan kami untuk mendapatkan suara headphone terbaik.

Kami juga menguji keefektifan fitur seperti peredam bising dalam situasi dunia nyata dan memverifikasi bahwa klaim pabrikan tentang masa pakai baterai dan jangkauan Bluetooth akurat. Semua skema kontrol juga diperiksa, termasuk kualitas build, kemudahan penyiapan, dan yang terkait dengan aplikasi.

Kami menilai headphone over-ear pada sistem 5 poin (1 = terburuk, 5 = terbaik). Produk yang unggul dalam satu atau beberapa kategori tertentu yang menerima peringkat 4 bintang atau lebih tinggi dapat menerima penghargaan Pilihan Editor.

Leave a Comment