Himamira UI selenggarakan UI Goes to Bengkulu 2013

UIGTB2013

 

University of Indonesia Goes to Bengkulu 2013 (UIGTB 2013)­ merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia yang berasal dari Provinsi Bengkulu. UIGTB merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat yang di tujukan secara nyata kepada siswa-siswi kelas XII se-Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini pertama kali diadakan pada tahun 2006. Awalnya kegiatan ini dinamakan Himamira Goes to Bengkulu (HGTB). Himamira sendiri merupakan suatu paguyuban yang di bentuk bagi mahasiswa yang belajar di Universitas Indonesia yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Kemudian pada tahun 2013 kegiatan ini diubah namanya menjadi University of Indonesia Goes to Bengkulu 2013 (UIGTB 2013).

UIGTB yang di selenggarakan himamira tahun ini memiliki tema besar “Pemuda Cerdas Bengkulu Berkualitas”. Kegiatan ini berlangsung dari pertengahan Januari hingga awal Februari 2013 yang berpusat di dua tempat yaitu Kota Bengkulu dan Curup .UIGTB 2013 ini memiliki rangkaian acara sebagai berikut:

1. Roadshow

Roadshow merupakan sarana untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi kelas XII SMA se-Provinsi Bengkulu melalui program sosialisasi ke beberapa SMA se-Kota Bengkulu, Curup dan Rejang Lebong. Acara ini mempertemukan mahasiswa Universitas Indonesia dengan adik-adik kelasnya untuk memberikan gambaran umum mengenai Universitas Indonesia, Beasiswa yang di tawarkan, serta jalur masuk yang ada di Universitas Indonesia. Acara ini di selenggarakan di 16 SMA di Kota Bengkulu dan 6 sekolah di Curup dan Rejang Lebong. Waktu pelaksanaan acara ini dari tanggal 14-18 Januari 2013.

2. Try Out Akbar

Try Out Akbar diselenggarakan dengan tujuan membantu siswa-siswi kelas XII se-Provinsi Bengkulu untuk mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pemenang dari acara ini akan di berikan hadiah berupa uang tunai, voucher bimbingan di Ganesha Operation, T-shirt,serta buku soal SBMPTN. Selain itu, door prize  yang di berikan panitia bagi siswa-siswi kelas XII yang beruntung adalah sebuah tablet pc. Acara ini di selenggarakan pada tanggal 3 Februari 2013 bertempat di Gedung C Universitas Bengkulu.

3. Bazar

Bazar merupakan rangkaian acara yang diperuntukkan bagi para masyarakat yang berada di sekitar lingkungan gedung C Universitas Bengkulu. Bazar tahun ini memiliki tema “Pasar Terapung UIGTB 2013”. Di dalam bazar tersebut sesuai dengan tema masyarakat dapat membeli berbagai macam makanan dan minuman serta berbagai aksesoris yang di tawarkan di bazar tersebut. Terdapat pula bazar hiburan dimana ditampilkannya beberapa acara hiburan seperti: pertunjukkan teater, musik, pembacaan puisi, dll. Acara tersebut di selenggarakan pada tanggal 3 Februari 2013 bertepatan dengan acara Bedah Kampus Universitas Indonesia bertempat di Gedung C Universitas Bengkulu.

4. Bedah Kampus

Bedah kampus merupakan kegiatan puncak sekaligus acara penutupan dari rangkaian kegiatan UIGTB 2013. Bedah kampus ini bertujuan kepada para siswa-siswi kelas XII SMA se-Provinsi Bengkulu untuk mengetahui lebih dalam mengenai fakultas-fakultas serta program studi yang ada di Universitas Indonesia. Bedah kampus tersebut di selenggrakan selama satu hari dan bertempat di Gedung C Universitas Bengkulu. Bedah kampus tersebut di selenggarakan pada tanggal 3 Februari 2013 dengan target peserta seluruh siswa-siswi kelas XII se-Provinsi Bengkulu.

 

Acara UIGTB 2013 ini bertujuan untuk mengenalkan HIMAMIRA UI di kalangan siswa-siswi kelas XII se-Provinsi Bengkulu. Acara ini juga  di harapkan dapat menyerap lebih banyak siswa-siswi kelas XII se-Provinsi Bengkulu yang melanjutkan pendidikan tinggi  di Universitas Indonesia. Untuk itu, harapan terbesar dari terselenggaranya rangkaian acara ini adalah untuk meningkatkan animo di kalangan siswa-siswi kelas XII se-Provinsi Bengkulu.

Leave a Comment