Review HP Omen 30L Gaming Desktop, PC Gaming Multifungsi

anakui.com – HP Omen 30L bertenaga dan senyap, tetapi sobat membayar mahal untuk pengalaman tersebut. HP Omen 30L Gaming Desktop menjalankan game dengan indah berkat perangkat keras yang kuat dan sistem pendingin yang senyap.

Namun, itu mahal dan mencakup banyak perangkat lunak dan aksesori yang tidak relevan.

Spesifikasi HP Omen 30L Gaming Desktop

Spesifikasi
VR Siap: Ya
Prosesor: Hingga Intel Core i9-10900K Generasi ke-10
Grafik: hingga Nvidia GeForce RTX 3090
RAM: hingga 64GB
Penyimpanan: Hingga 2TB SSD + 2TB HDD
Aksesori: Keyboard Kabel USB HP, Mouse Kabel USB HP

Kelebihan

  • + Komponen Kuat
  • + Performa luar biasa
  • + Running diam
  • + Desain mencolok

Kekurangan

  • – Konfigurasi mahal dan membingungkan
  • – Perangkat lunak dan aksesori yang tidak perlu

Desktop Gaming HP Omen 30L memiliki satu keunggulan penting dibandingkan banyak pesaingnya. Ini menyala dengan dengungan lembut dan memberikan suara putih sekitar saat memainkan game yang menuntut. Bandingkan dan kontraskan dengan suara mesin jet pada rig gaming modern lainnya.

Omen 30L juga menawarkan banyak manfaat sebagai alat berat produktivitas sehari-hari. Namun muat game favorit dan Omen 30L akan merendernya dengan indah dan menjalankannya dalam resolusi tinggi dengan kecepatan frame yang lancar.

Dipersenjatai dengan GPU Nvidia 3080, prosesor Intel Core i9, dan RAM 32GB, sistem ini dapat menangani hampir semua hal. Mulai dari pengolah kata dan musik hingga desain grafis dan pemutaran video. Membuat sobat benar-benar membenamkan diri dalam game tunggal dan multipemain yang menuntut. .

Sobat tidak dapat merasakan kekuatan Omen 30L jika tidak dapat menemukan unitnya. Dengan ketersediaan yang membingungkan dan harga yang tinggi, melacak salah satu mesin ini tidaklah mudah.

Selain itu, sobat harus menghapus semua bloatware yang tidak perlu dan mengganti mouse dan keyboard yang disertakan secepatnya. Meski begitu, Omen 30L bisa dibilang salah satu PC gaming terbaik yang bisa didapatkan.

Harga dan Ketersediaan

Seperti banyak komputer dengan GPU seri Nvidia GeForce RTX 30, HP Omen 30L saat ini sulit didapat. Dan jika dapat menemukannya, itu tidak murah. Model Omen 30L termurah di website HP adalah model GT13-0295xt.

Harganya Rp. 30 jutaan dan dilengkapi dengan CPU Intel Core i7-10700K, GPU Super Nvidia GeForce RTX 2080, RAM 16GB, penyimpanan SSD 512GB + HDD 2TB, dan sistem pendingin udara. Stok habis pada saat penulisan.

Bandingkan dan kontraskan dengan model termahal, Omen 30L GT13-0380t, mulai dari Rp. 49 jutaan. Itu akan memberi sobat CPU Intel Core i7-10700K, GPU Nvidia GeForce RTX 3090, RAM 16GB, penyimpanan SSD 512GB + HDD 2TB, dan sistem pendingin cair. Model ini tersedia. Ini mungkin karena harganya yang mahal.

Model ulasan kami adalah GT13-0093, yang berada di tengah-tengah. Saat ini tidak tersedia di mana pun dengan MSRP, tetapi dikunci pada Rp. 55 jutaan di daftar Amazon. Model ini dilengkapi dengan CPU Intel Core i9-10900K, GPU Nvidia GeForce RTX 3080, RAM 32GB, penyimpanan SSD 2TB + HDD 2TB, dan sistem pendingin cair.

Ini adalah mesin yang sangat kuat, dan mengingat tingginya permintaan untuk 3080 GPU, tidak mengherankan jika sekarang terjual habis.

Desain HP Omen 30L Gaming Desktop

Desktop gaming HP Omen 30L adalah mesin yang menawan. Sasis hitam yang kokoh, desain depan yang mencolok, dan panel samping kaca yang keren digabungkan untuk menjadikannya salah satu desktop gaming paling keren yang pernah kami ulas.

Bagian depan alat berat memiliki permukaan kaca dengan berlian LED berwarna dan lampu kipas LED berwarna. Sobat dapat melihat komponen RGB yang bagus di sisi mesin. Sisi-sisinya sangat berlubang untuk ventilasi dan tampaknya lebih merupakan pilihan artistik daripada kebutuhan mekanis.

Dengan ukuran 17,1 x 16,6 x 6,7 inci dan berat 28,4 pound, perangkat ini tidak terlalu besar atau berat. Mesin ini mungkin bisa diletakkan di atas meja yang kokoh. Meskipun demikian, kami tidak kesulitan menempatkan unit ulasan di lantai (seperti yang dilakukan oleh banyak meja permainan terbaik).

Tidak membosankan dan juga tidak berlebihan, Omen 30L menunjukkan bahwa desktop gaming bisa tampil elegan dengan estetika yang pas.

Port dan Kemampuan Upgrade

Desktop Gaming HP Omen 30L memiliki banyak port. Apakah itu port yang dibutuhkan, atau di mana sobat membutuhkannya, adalah masalah lain. Bagian depan perangkat memiliki dua port USB-A, jack headphone 3,5 mm, jack mikrofon 3,5 mm, dan pembaca kartu SD. Perhatikan kurangnya port USB-C di bagian depan.

Kami yakin melakukannya Pengawasan yang aneh dan tidak nyaman untuk perangkat yang sangat kuat. Tentu saja, ada satu port USB-C di bagian belakang, lima port USB-A, satu port Ethernet, dan beberapa port audio 3,5 mm lainnya. Tergantung pada GPU, opsi DisplayPort dan HDMI juga tersedia.

Kurangnya port audio optik dapat mengecewakan audiofil. Lihat pilihan kami untuk headset gaming terbaik yang akan berfungsi dengan Omen. Dimasukkannya hanya satu port USB-C di bagian belakang perangkat terasa bertentangan dengan komponen Omen 30L yang lebih mutakhir.

Banyak periferal game (belum lagi hp) telah mengadopsi konektivitas USB-C, dan itu tidak akan berubah dalam beberapa tahun mendatang. Kami tidak dapat membayangkan mayoritas gamer lebih memilih pembaca kartu SD depan.

Di sisi lain, mengupgrade Omen 30L tidak terlalu sulit. Panel samping dapat dilepas tanpa menggunakan alat, dan tata letak interiornya lapang dan bersih.

Performa Gaming

Desktop gaming HP Omen 30L menghadirkan performa yang diharapkan dari PC dengan prosesor Intel Core i9 dan GPU GeForce RTX 3080. Omen 30L dengan Dell XPS 8940 dan Corsair Vengeance i7200. Keduanya adalah desktop gaming tangguh yang dapat, tetapi tidak harus, melebihi harga yang wajar.

Hasilnya cukup jelas di seluruh papan. HP Omen 30L bekerja lebih baik daripada XPS 8940, tetapi tidak sebaik Corsair Vengeance i7200. Dalam kasus Dell, ini masuk akal karena dilengkapi dengan GPU RTX 3070 daripada RTX 3080.

Namun, menarik bahwa Vengeance i7200 bekerja lebih baik. Kedua sistem memiliki GPU RTX 3080, tetapi Vengeance i7200 sebenarnya memiliki prosesor yang kurang bertenaga. Ada perbedaan signifikan dalam performa 1080p antara Omen 30L dan Vengeance i7200.

Hampir 20 fps di Assassin’s Creed dan lebih dari 10 fps di GTAV. Namun, kinerja 4K antara keduanya sebanding, jadi ingatlah itu jika berencana untuk bermain dalam UHD. Secara kualitatif, Omen 30L menjalankan game dengan sangat baik.

Kami menguji mesin dengan Age of Empires III: Definitive Edition, Doom Eternal, Baldur’s Gate III, dan Final Fantasy XIV. Bahkan dengan grafik yang ditingkatkan ke Ultra pada monitor QHD, kecepatan bingkai biasanya melebihi 60 fps, dan gim itu sendiri tampak fenomenal.

Omen 30L dapat dengan mudah menangani game PC apa pun di pasaran, dan terlihat bagus untuk beberapa tahun ke depan. Jika ingin menambah opsi penyimpanan, HP menyediakan ruang HDD secara default. Sebagai gantinya, cukup instal SSD sendiri. Perbedaan waktu muat sangat signifikan.

Performa Keseluruhan

Dalam hal produktivitas sehari-hari, desktop gaming HP Omen 30L juga tidak bungkuk. Menjalankan semua program harian saya (pengolah kata, pemutar musik, program obrolan, klien email, dll.) Secara maksimal, ini menggunakan sekitar 1/3 dari memori sistem saya dan kurang dari 10% dari CPU.

Seperti kebanyakan desktop game, pekerjaan kantor tidak banyak mengganggu Omen 30L. Demikian pula, Omen 30L benar-benar mengungguli XPS 8940 dan Vengeance i7200 dalam metrik produktivitas tertentu. Sobat dapat menyalin media yang lebih besar dari 25GB dari thumb drive pada 1.166MBps.

Bandingkan dan kontraskan dengan XPS 8940 pada 439MBps atau Vengeance i7200 pada 824MBps. Dalam hal metrik buatan mentah, skor Omen 30L 11.258 dalam uji tolok ukur Geekbench 5.4.

Kami belum membandingkan PC gaming lain yang menggunakan Geekbench 5.4, jadi sulit untuk mengatakan bagaimana perbandingan Omen 30L dengan para pesaingnya. Tapi dalam ruang hampa, itu skor tinggi. Mesin produktivitas harian dapat mencetak sekitar 1.500 poin untuk perbandingan.

Seperti disebutkan di atas, sistem pendingin cair Omen 30L adalah keindahan yang membuat GPU tetap dingin (hingga 35 derajat Celcius untuk produktivitas dan hingga 80 derajat Celcius untuk bermain game) dan menjaga sistem tetap senyap.

Namun, ada dua komponen pada Omen 30L yang menghalangi alur kerja, yaitu mouse dan keyboard yang disertakan.

Keyboard Kabel USB HP dan Mouse Kabel USB HP tidak diragukan lagi adalah periferal bawaan terburuk yang pernah kami uji, dan saat mencari aksesori yang lebih baik, kami tidak dapat merekomendasikannya bahkan sebagai pengganti sementara.

Keyboard memiliki profil yang sangat rendah, perjalanan tombol yang dangkal, sedikit ruang di antara tombol, dan desain yang sedikit di tengah dengan tombol F dan J yang penting. Demikian pula, mouse sangat rendah dan memiliki roda gulir yang kecil dan tidak efisien.

Ini bukan perangkat game yang bagus. Ini bahkan bukan alat produktivitas yang baik. HP benar-benar membuat beberapa aksesori game yang layak dan kami tidak mengerti mengapa mereka tidak menyertakannya.

Software HP Omen 30L Gaming Desktop

Area lain di mana Desktop Gaming HP Omen 30L gagal adalah paket perangkat lunak yang disertakan. Ada cukup banyak perangkat lunak pra-instal, tetapi tidak ada yang benar-benar berguna. Ada pengelola audio yang tidak lebih baik dari sistem suara Windows biasa. Ada program HP JumpStarts.

Sepertinya ada banyak sekali iklan di atas nomor serinya. Omen Gaming Hub mengontrol pencahayaan PC, yang berguna, tetapi menawarkan iklan dan penawaran untuk mengelola game dengan cara yang sudah lebih baik dilakukan oleh perangkat lunak Nvidia GeForce Experience.

Namun, masalah sebenarnya adalah Antivirus McAfee pra-instal. Kmi sebelumnya telah menulis tentang bagaimana McAfee menandai file game secara salah dan selalu menjalankan program sambil menguras sumber daya sistem. Copot pemasangannya dan gunakan Windows Defender sebagai gantinya.

Lebih baik lagi: Segera setelah menerima Omen 30L, bersihkan dan lakukan penginstalan bersih Windows 10. Sobat dapat mengelola lampu secara terpisah dengan mengunduh perangkat lunak Omen.

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa aksesori dan perangkat lunak yang dipertanyakan, desktop gaming HP Omen 30L tetap cantik. Elegan, tenang dan bertenaga. Mereka juga sangat mahal dan membeli yang tepat bisa sangat membingungkan, jadi jika itu terdengar seperti rig gaming, bersiaplah untuk melakukan riset.

Corsair Vengeance i7200 bisa dibilang merupakan mesin yang lebih bertenaga dalam kisaran harga umum yang sama, dan juga merupakan mesin yang cukup cantik. Namun, Vengeance sedikit lebih besar dan lebih besar, dan tidak ada salahnya mencoba menghemat sedikit ruang di atas atau di bawah meja.

Leave a Comment