Review iBuyPower Y60, PC Gaming Elegan Performa Gahar

anakui.com – PC game ini terlihat seperti akuarium dan bergerak seperti binatang buas. iBuyPower Y60 adalah PC gaming yang hebat jika sobat menginginkan sistem yang menarik yang memainkan game dengan baik sambil memaksimalkan apa yang ada di dalamnya.

Spesifikasi iBuyPower Y60

Spesifikasi
VR Siap: Ya
Prosesor: Intel Core i7-12700KF
RAM: 16GB DDR4-3600
Kartu Grafis: Nvidia GeForce RTX 3070 Ti
Penyimpanan: SSD 2TB
Kelengkapan : Keyboard dan Mouse

Kelebihan

  • + Kasing kaca tempered terlihat bagus.
  • + Mudah dibuka dan dikerjakan di dalam
  • + Banyak port
  • + Cukup tenang

Kekurangan

  • – Menjadi panas
  • – Kasing besar dan berat

iBuyPower Y60 adalah PC gaming yang megah dan cantik, ideal bagi mereka yang menyukai tampilan tak terbatas tentang apa yang terjadi di dalamnya. Unit ulasan kami mengemas beberapa komponen yang kuat di dalam kasing tengah merek saudara iBuyPower, Hyte Y60.

Kasingnya hampir seluruhnya terbuat dari kaca temper di kedua sisinya, membuatnya terlihat seperti akuarium raksasa. Ini agak berat untuk dipindahkan, Tetapi begitu memiliki kasing, itu cukup lapang dan mudah untuk dikerjakan. Tapi begitu mulai menikmati permainan, unit ulasan akan menghasilkan panas yang cukup.

Tapi untuk itulah PC ini, dan setelah menggunakannya selama beberapa minggu, kami yakin bahwa iBuyPower Y60 adalah salah satu PC gaming terbaik di pasaran saat ini. Unit ulasan kami adalah salah satu dari sistem siap kirim “Gaming RDY” iBuyPower.

Ini menawarkan kinerja yang bagus untuk harganya. Tetapi jika menginginkan lebih karena spesifikasinya, sobat selalu dapat membayar iBuyPower dan membuat PC khusus dengan komponen yang diinginkan.

Harga dan Ketersediaan

  • Harapkan untuk membayar Rp. 15 jutaan atau lebih
  • Unit ulasan kami adalah sistem “Gaming RDY” pra-instal.

Sobat dapat membeli berbagai PC gaming siap pakai dari iBuypower atau menyesuaikannya sendiri melalui situs web perusahaan. Opsi untuk mengonfigurasi PC siap pakai bervariasi tergantung kapan memesan dan inventaris perusahaan, dan kisaran harga dari Rp. 12 jutaan hingga Rp. 60 jutaan dan lebih tinggi.

Unit ulasan kami adalah salah satu model yang dijual oleh iBuyPower sebagai bagian dari seri Gaming RDY dari PC gaming siap pakai.

Ini mengemas CPU Intel Core i7-12700KF berpendingin air, GPU Nvidia GeForce RTX 3070 Ti, RAM 16GB DDR4-3600, dan SSD NVMe 2TB M.2 dalam casing menara tengah Y60 dari Hyte, merek casing PC iBuyPower.  Pada saat peninjauan, sobat dapat membeli PC yang sama langsung dari iBuyPower seharga Rp. 35 jutaan.

Desain iBuyPower Y60

  • Kasing Y60 terlihat bagus di meja (memakan banyak ruang).
  • Itu menjadi suara yang bagus saat bermain game selama berjam-jam.

Kasing Y60 tempat unit ulasan kami tiba lebih menyerupai akuarium ikan. Dijual terpisah seharga Rp. 3 jutaan melalui situs web Hyte, Y60 berukuran 18,2 x 17,95 x 11,2 inci dan membutuhkan ruang yang cukup.

Tetapi siapa pun yang suka memamerkan bagian dalam PC mereka akan menghargai bidang pandang luas yang ditawarkan Y60. Y60 menampilkan panel berlapis tiga yang unik di sepanjang sisi kiri dan depan, memungkinkan untuk melihat ke dalam tanpa sudut yang mengganggu. Pilar yang menghalangi pandangan.

Lepaskan panel samping untuk mengakses interior, dan setiap panel diamankan melalui satu sekrup pengaman di bagian belakang casing. Seperti yang akan kami bahas nanti dalam ulasan ini, kami menemukan bahwa melepas panel samping kaca tempered agak rumit, tetapi setelah kami menguasainya, kami tidak kesulitan mengulanginya.

Jelas, jumlah panas dan kebisingan yang dihasilkan sangat bervariasi tergantung pada apa yang dimasukkan ke dalam casing, tetapi selama sesi permainan yang diperpanjang, kami menemukan unit ulasan kami mengeluarkan lebih banyak panas dari yang diharapkan. Tapi karena tidak menggunakan headphone secara teratur, suaranya tidak terlalu keras.

Untuk memberi pendapat perbandingan kasar, kami menempatkannya di posisi yang sama dengan Alienware Aurora R13 yang diulas beberapa waktu lalu dan menggunakannya dengan cara yang sama. iByPower Y60 membuat ruangan jauh lebih panas daripada Aurora R13 dengan tetap menjaga ketenangan.

Saat memainkan game yang sama dalam kondisi yang hampir sama. Jika ini menjadi masalah, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi masalah ini, mulai dari memasang solusi pendingin tambahan hingga memindahkan PC ke ruangan dengan pembuangan panas yang lebih baik.

Port dan Upgrade

  • Banyak port di bagian depan dan belakang
  • Kasingnya lapang dan mudah digunakan.

Kasing iBuyPower Y60 bagus dan lapang, dengan banyak port untuk kebutuhan. Bagian depan casing menampilkan sepasang port USB 3.0, port USB 3.2 Gen 2, dan jack audio/mikrofon di samping tombol daya.

Di bagian belakang, sobat akan menemukan port USB 3.2 Gen 2×2 (1 x USB Type-C), port USB-A 3.2 Gen 2, sepasang port USB-A 3.2 Gen 1 dan sepasang USB-A 2.0 port.

Juga tersedia output DisplayPort dan HDMI, lima atau lebih jenis jack audio, port Ethernet 2,5Gb, port keluar S/PDIF optik, dan port kombo keyboard/mouse PS/2 klasik.

Jika ingin masuk dan melakukan peningkatan atau pemasangan ulang sendiri, kasing Y60 membuatnya mudah. Salah satu panel samping dapat dilepas hanya dengan melepas sekrup pengaman di bagian belakang yang disebutkan di atas, yang harus ditarik keluar dari casing.

Kami kesulitan mendapatkannya secara gratis beberapa kali pertama mencobanya dengan panel samping kaca tempered. Butuh lebih banyak kekuatan dari yang diharapkan, tetapi meskipun takut memecahkan kaca dan menghancurkan unit peninjau, tarikan kuat menarik panel bebas.

Begitu masuk, sobat akan menemukan bahwa Y60 bagus dan lapang, dengan akses mudah ke GPU dan banyak ruang untuk mengotak-atik barang.

Performa Gaming

  • Performa game bergantung pada apa yang dimasukkan ke dalamnya.
  • Konfigurasi ulasan kami unggul pada game 1080p dan bagus pada 4K.

Unit ulasan iBuyPower Y60 kami tidak mengalami masalah saat memainkan Apex Legends, Cyberpunk 2077, Death Stranding, dan game lainnya pada 1080p dengan kecepatan bingkai 60+ fps yang mulus.

Bermain game di 4K memberi CPU Intel Core i7-12700KF, Nvidia GeForce RTX 3070 Ti, dan RAM 16GB sedikit lebih banyak masalah. Sebagian besar game yang menuntut grafis yang kami uji berosilasi antara 30-60fps pada resolusi yang lebih tinggi.

Kami mengujinya dengan Acer Predator XB323QK, layar 4K 32 inci yang merupakan salah satu monitor gaming terbaik di pasaran saat ini. Jika ingin memainkan game terbaru dan terhebat dalam 4K dengan kecepatan frame 60fps yang solid, sobat dapat membayar iBuyPower untuk Y60 dengan perangkat keras yang lebih baik daripada unit ulasan kami.

Namun, saat dikonfigurasi, unit peninjau kami kesulitan untuk memberikan frekuensi gambar tertinggi dalam game 4K. Untuk memberi gambaran tentang bagaimana unit ulasan iBuyPower Y60 kami dibandingkan dengan pesaingnya.

Kami menjalankan pengujian benchmark pada beberapa game populer dan membandingkan hasilnya dengan PC gaming serupa yang baru-baru ini kami uji. Ini lebih merupakan deskripsi komponen unit ulasan kami daripada PC itu sendiri. Karena sobat dapat menyesuaikannya dengan nyali berbeda yang bekerja jauh berbeda dalam pengujian yang sama.

Misalnya, Alienware Aurora R13 yang kami ulas bulan lalu (Intel Core i7-12700KF, Nvidia GeForce RTX 3080, RAM 32GB) mengungguli iBuyPower Y60 di semua game dengan selisih yang kecil namun signifikan. Ini menawarkan GPU yang lebih baik dan RAM dua kali lipat.

Namun, sistem iBuyPower bahkan mengalahkan PC yang lebih murah seperti Acer Predator Orion 3000. PC ini bagus untuk bermain game 1080p, tetapi tidak dapat memberikan performa yang sama dengan unit review Y60 kami.

Performa Keseluruhan

  • Daya yang cukup untuk tugas sehari-hari
  • Penyandian video cepat

Komponen kokoh yang membantu iBuyPower Y60 berputar melalui game terbaru memberikan daya yang cukup untuk menangani sebagian besar tugas sehari-hari. Selama berminggu-minggu menguji diri dengan Y60, kami tidak melihat adanya pelambatan atau masalah kinerja yang signifikan.

Bahkan multitasking antara Chrome dan Adobe Photoshop dengan 30+ tab terbuka saat menonton video 4K pada tampilan kedua. CPU Intel Core i7 Generasi ke-12 unit ulasan kami lulus benchmark CPU multi-core Geekbench 5.4, dengan skor 13.918.

Itu angka yang cukup bagus, mengalahkan 12.366 yang didapat CPU AMD Ryzen 9 5900X di PC gaming iBuyPower Revolt 3 yang kami ulas beberapa bulan lalu. Namun, itu masih tidak cocok dengan 15.329 yang didapat Alienware Aurora R13. Ini menarik mengingat paket unit ulasan R13 dan Y60 menggunakan CPU Intel Core i7-12700KF yang sama.

Unit ulasan kami juga menonjol dalam pengujian penyandian video kami, yang menggunakan Handbrake untuk mengukur berapa lama waktu yang diperlukan sistem untuk mentranskode file video 4K ke 1080p.

iBuyPower Y60 melakukan pekerjaan dalam waktu kurang dari empat menit, mengalahkan MacBook Pro 2021 untuk bagian terbesar dari PC gaming dan salah satu laptop terbaik untuk mengedit video yang dapat dibeli sekarang.

Software iBuyPower Y60

  • Minimal bloatware, fantastis.

Unit peninjau iBuyPower Y60 kami tiba dengan kurangnya bloatware. Selain fitur dasar yang disertakan dengan Windows 11 (seperti Disney+), satu-satunya perangkat lunak yang diinstal sebelumnya adalah Aorus, alat Gigabyte untuk mengontrol pencahayaan RBG pada GPU Nvidia yang disertakan.

Aorus sederhana dan mudah digunakan, dengan banyak opsi untuk mengonfigurasi pencahayaan pada GPU Gigabyte.

Keyboard dan Mouse

  • Keyboard dan mouse iBuyPower yang disertakan dapat diservis
  • Kenop pada keyboard adalah sentuhan yang bagus dan tidak banyak menggerakkan tombol start.

Unit ulasan iBuyPower Y60 kami tiba dengan set keyboard dan mouse gaming iBuyPower. Ini adalah perangkat yang dapat diservis dengan pencahayaan RBG terang yang tidak terlalu bagus atau buruk.

Kami sangat menyukai nuansa keyboardnya, tombol-tombolnya memiliki pergerakan yang bagus, dan penyertaan kenop (yang mengontrol volume secara default) di pojok kanan atas keyboard.

Yang tidak kami sukai adalah iBuyPower telah memindahkan tombol Windows ke pojok kanan bawah keyboard dan menggantinya dengan grafik iBuyPower untuk logo Windows yang sudah dikenal.

Kami tidak tahu mengapa, tetapi merepotkan ketika menghabiskan sebagian besar hidup secara naluriah mengetuk tombol Windows dengan tangan kiri. Mouse ini juga kuat dan fungsional, dengan tidak banyak fitur yang menonjol.

Kami menghargai susunan input yang bagus, karena ada dua tombol standar di bawah dua jari pertama, roda gulir, dua tombol lain yang lebih kecil di belakang kemudi, dan sepasang lainnya di sepanjang tepi kiri dekat sandaran ibu jari. Ini bukan putaran MMORPG yang mudah, tetapi cukup bagus untuk sebagian besar game.

Kesimpulan

iBuyPower Y60 adalah PC gaming yang hebat jika menginginkan sistem yang menarik yang memainkan game dengan baik sambil memaksimalkan apa yang ada di dalamnya.

Ini benar-benar sedikit merepotkan untuk bergerak, tetapi setelah menyiapkannya di meja, nyaman untuk digunakan di dalam, dan mudah dikonfigurasi berkat port yang ditempatkan dengan baik dan desain yang ramah pengguna.

Dan dengan komponen yang tepat di dalamnya, ini bisa berubah menjadi PC gaming yang luar biasa. Cara unit ulasan kami dikonfigurasi menjadikannya PC gaming yang hebat bagi mereka yang menginginkan performa hebat tetapi tidak memerlukan game yang paling menuntut untuk dijalankan pada 60fps pada 4K.

Jika menginginkan yang lebih baik, sobat harus membayar lebih untuk hak istimewa tersebut. Karena mencapai kecepatan frame 60fps yang solid di game PC terbaik dengan resolusi 4K cenderung menjadi ranah PC seharga Rp. 60 jutaan atau lebih.

Meskipun demikian, jika menyukai harga dan performa iBuyPower Y60 tetapi menginginkan sesuatu yang sedikit lebih ringkas, iBuyPower Revolt 3 menawarkan potensi daya serupa dalam casing yang lebih portabel.

Namun, ini mengorbankan sebagian besar akses mudah dan kemampuan upgrade Y60. Juga, sobat tidak dapat melihat apa yang terjadi di dalam PC di jendela yang sama selama sesi permainan maraton.

Leave a Comment