Indonesia Tebar Pesona 2015


0

Indonesia Tebar Pesona (ITP) merupakan sebuah acara di bawah naungan Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI) UI yang rangkaian acaranya meliputi bidang kesusastraan, penulisan, dan pariwisata. Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat masyarakat terhadap bidang-bidang tersebut. Acara ini diadakan selama satu hari dengan rangkaian acara berupa seminar penulisan dan talkshow pariwisata.

ITP poster dan konten

 

ITP 2015 bertujuan untuk :

  1. Sebagai wadah bagi masyarakat umum yang tertarik pada bidang kesusastraan, penulisan, dan pariwisata
  2. Memperkenalkan objek-objek wisata kepada masyarakat umum
  3. Sebagai ajang untuk memperkenalkan biro seni, penulisan, dan majalah yang ada di IKSI UI

 

Target Peserta ITP 2015:

  1. Sivitas Akademika UI
  2. Mahasiswa FIB UI
  3. Paguyuban Mahasiswa UI
  4. Pelajar SMA
  5. Masyarakat Umum

 

Acara ITP 2015 akan memiliki tema “Citra Nusantara” dan akan dilaksanakan pada :

hari, tanggal : Selasa, 26 Mei 2015

tempat : Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI

 

Konsep acara ITP 2015

– Acara pembuka

Rangkaian acara ITP 2015 akan dimulai dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi perayaan ulang tahun IKSI UI, kemudian diikuti persembahan dari biro-biro IKSI UI. Salah satu biro, yakni Sasina, akan menampilkan musikalisasi puisi lalu dilanjutkan dengan penampilan tari tradisional dari komunitas Katarsis.

– Seminar Penulisan Kisah Perjalanan (Travel Writing)

ITP 2015 akan mengulik proses penuangan keindahan alam Indonesia ke dalam kata-kata dan disampaikan oleh para penulis yang gemar melakukan perjalanan. Acara ini akan menghadirkan narasumber, yaitu Arief Rahman @ariefrahman, Sutiknyo atau Tekno Bolang, penulis blog lastpacker.com, dan Diego Christian, penulis buku Percaya dan Travel In Love. Dalam seminar ini, turut disertakan biro IKSI UI di bidang jurnalistik, yaitu Gaung.

– Talkshow Kisah Perjalanan (Travelling)

Keindahan alam Indonesia akan dibahas secara tuntas dalam Talkshow oleh para pecinta jalan-jalan, alias para pelancong. Talkshow ini akan menghadirkan narasumber, yakni Reporter Indonesia Bagus NET TV*, Rahman dari Backpacker Indonesia, dan Yudha, Catatan Backpacker.

– Penampilan Teater Pagupon

Teater Pagupon sudah tidak diragukan lagi prestasinya. Pada kesempatan ITP tahun ini, teater berlambang burung dara ini akan mempersembahkan pementasan yang ke-91 dan memanjakan seluruh pecintanya selama beberapa jam penampilan. Untuk judul pementasannya sendiri adalah “Sayang Ada Orang Lain”, karya Utuy Tatang Sontani dengan sutradara Cai.

– Penampilan Sasina

Sasina akan memeriahkan rangkaian acara ITP 2015 dengan lirik-lirik puisi indah yang didendangkan dengan alunan musik nan merdu. Puisi-puisi yang dilagukan oleh Sasina tidak hanya hasil karya sastrawan besar, melainkan juga hasil karya mahasiswa Sastra Indonesia sendiri. Jam terbang Sasina sampai saat ini sudah cukup banyak dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

 

(*) : dalam tahap follow up


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals