Info : Web Belajar Bahasa Arab (Yuk!)

Assalamu’alaikum..
berhubung ane anak UI, dan bukankah nasihat itu kepada yang terdekat? oleh karena itu ane ajak antum untuk mempelajari bahasa arab.. Bahasa Nabi kita, bahasa kitab suci kita, dan bahasa kita kelak di surga, insya Allah.. amatlah penting mempelajari bahasa ini, akan tetapi kadangkala kita dilupakan atau disibukkan dengan ilmu dan kegiatan lain sehingga lupa atau tidak mampu mempelajari bahasa yang luar biasa ini..

satu hal yang harus menjadi semacam cambuk sekaligus dorongan semangat kita selaku mahasiswa adalah betapa banyak waktu dan biaya yang kita keluarkan untuk memahami bahasa lain semisal bahasa inggris, tetapi adakah sedikit waktu saja yang kita luangkan untuk mempelajari bahasa agama ini??? kita rela mengatur ulang jadwal kita dan membatalkan jadwal-jadwal lain untuk fokus dalam mempelajari bahasa lain, tetapi adakah yang kita sediakan khusus untuk mempelajari bahasa kitab suci kita ini?

tempat belajar bahasa arab bertebaran dimana-mana. walhamdulillah.. yang mengerti bahasa arab di negara non-arab tak terhitung jumlahnya.. merupakan bukti kemudahan bahasa ini.. bahasa arab merupakan bahasa yang mudah jika dipelajari dengan sabar dan istiqomah.. apalagi jika diniatkan karenaNya.. segala sesuatu kan mudah jika diniatkan untukNya..

jadi, apalagi yang kita tunggu? niatkan dan azzamkan untuk mulai tekun mempelajari ilmu ini.. ilmu washilah yang merupakan salah satu kunci dalam memahami agama ini.. sy’air masyhur menyebutkan:

النَحْوُ اَوْلَى اَوَّلاً اَنْ يُعْلَمَ…. إِذْ الكَلاَمُ دُوْنَهُ لَنْ يُفْهَمَ

Ilmu Nahwu adalah hal utama yang pertama harus dipelajari.. karena sebuah kalimat tanpanya takkan dipahami..

untuk web: www.arabic.web.id
untuk bergabung di milist: bahasaarab@yahoogroups.com
untuk bergabung di forum: www.arabic.web.id/forum

Di web ini, ane berusaha menerjemahkan beberapa kitab kecil bahasa arab serta tutorial yang mudah untuk dipahami.. serta tidak lupa ane mengumpulkan beberapa materi dan link penting yang bertebaran di internet.. agar bisa lebih mudah untuk dimaanfatkan oleh kaum muslimin yang lain secara online.. meski harus dicatat, mempelajari bahasa arab itu sangat butuh keberadaan seorang guru..

semoga bermanfaat! 🙂

Yuk belajar bahasa arab! Mumpung Ramadhan masih menghiasi hari-hari kita..

Jika info ini bermanfaat, harap disebarkan ke milis dan forum-forum lain.. bagi yang punya blog, jangan lupa meletakkan banner web ini di blog-blog antum. kodenya telah tersedia di web tersebut..

Jazakumullah khairan Katsira.

Abu Abdin Nafi’ Khairul Umam Ibnu Syahruddin  Al Batawy
www.umam.web.id
Mahasiswa S1 Semester 7  Polimer Departemen Metalurgi dan Material UI
Mahasiswa  S1 Semester 2 Dakwah dan Ushuluddin Universitas Al Madinah Internasional (MEDIU)

5 thoughts on “Info : Web Belajar Bahasa Arab (Yuk!)”

  1. FAKTA LUGHATUNÂ: hanya dengan syarat bisa membaca Quran, dalam 16 pertemuan mampu BACA dan TERJEMAH KITAB BAHASA ARAB

    http://www.lughatuna.com
    (021) 9619 7050
    e-mail: lughatuna@yahoo.com

    Pada Ahad, 29 Rabiul Awwal 1429 / 6 April 2008, bertempat di Masjid Wadhah Albahr Pusdiklat Dewan Dakwah Tambun Bekasi Jawa Barat, Lughatunâ Arabic Course mengajak kaum Muslimin/Muslimat sekitar menyaksikan keberhasilan Lughatunâ Arabic Course mengantarkan peserta didiknya (yang sebelumnya tidak mengenal bahasa Arab, kecuali bisa membaca Alquran) mampu membaca kitab bahasa Arab (sumber bacaan kitab adalah Zâdul-Ma`âd, jilid 1, hal. 248-250) hanya dalam waktu maksimal 16 pertemuan (per pertemuan 40 menit x 5 jam pelajaran). Bagaimana caranya? Buku Lughatunâ adalah kunci sukses pendidikan bahasa Arab di Lughatunâ Arabic Course.

    BUKU LUGHATUNÂ? Buku Lughatunâ memuat hal-hal yang paling pokok tentang Nahw (tata kalimat) dan Sharf (tata kata) dalam bahasa Arab. Materi yang dipilih berdasarkan pada seringnya suatu tata kalimat atau tata kata digunakan. Materi dan tadribat (latihan) menampilkan penggunaan bahasa dalam lingkup ibadah yang menjadi keseharian individu Muslim, selain juga menggunakan nas-nas (teks-teks) Alquran. Hal lain, buku Lughatunâ disertai cara pembelajaran yang akan membantu Anda mempelajari materi ajar secara mandiri dengan mudah dan cepat, insya Allah.

    BUKU LUGHATUNÂ KAYA INOVASI?
    Apa yang membedakan buku Lughatunâ dengan buku pelajaran bahasa Arab lainnya?
    1. Buku Lughatunâ disusun berdasarkan prinsip dan karakteristik warga belajar dewasa.
    2. Buku Lughatunâ disusun untuk pemula.
    3. Buku Lughatunâ ditulis dengan bahasa Indonesia, sehingga memudahkan bagi pemula yang ingin belajar bahasa Arab. Hanya disyaratkan telah mampu membaca Alquran untuk dapat mempelajari buku Lughatunâ.
    4. Buku Lughatunâ disertai alat pembelajaran.
    Sebagai upaya agar buku Lughatunâ dapat dipelajari secara mandiri, buku Lughatunâ disertai alat pembelajaran, seperti:
    a. Memaparkan cara membentuk kata atau kalimat selangkah demi selangkah, khuthwatan fa-khuthwatan, step by step.
    b. Materi disusun secara hierarki dan berurutan serta disertai tadribat (latihan) secara terpisah.
    c. Halaman buku Lughatunâ dibagi dua.
    i. Badan halaman: memuat pokok bahasan materi.
    ii. Tepi halaman: memuat pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi pada badan halaman, atau simpulan materi yang telah lalu.
    Menggunakan dua warna: (1) hitam, digunakan untuk huruf-huruf dari kata dasar; dan (2) abu-abu [hitam 50-70 %], digunakan untuk imbuhan (awalan, sisipan dan akhiran) kata.
    5. Buku Lughatunâ menggunakan kosa kata seputar ibadah dan ayat-ayat Alquran.|a

    Hormat kami,
    Penulis

    Bang Asri Ibnu Tsani Djali
    http://www.lughatuna.com
    (021) 9619 7050
    e-mail: lughatuna@yahoo.com

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA