Mungkin bagi teman-teman yang sudah memasuki dunia perkuliahan dan punya cita-cita untuk merantau ke negara seberang nun jauh disana, pernah mendengar beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Yap! Beasiswa ini ada untuk memfasilitasi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan setelah perguruan tinggi (magister, doktor dan lainnya) ke luar negeri atau dalam negeri di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Keuntungan dari beasiswa ini sangat beragam dan persyaratan beasiswa LPDP pun dapat dilihat di artikel ini. Yuk kita simak!

Latar Belakang Beasiswa LPDP

Awal mulanya, amandemen keempat UUD 1945 menjelaskan bahwa negara wajib memprioritaskan anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBN sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Tahun 2010, Menteri Keuangan yang sangat legendaris, Ibu Sri Mulyani memiliki inisiatif untuk menyisihkan alokasi dana pendidikan dan pada bulan November 2011, Menteri Keuangan Agus Martowardoyo menginisiasi pembentukan tim kerja untuk persiapan pembentukan lembaga pengelola dana abadi tersebut. Pada tanggal 28 Desember 2011, dibentuklah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dibawah Kementerian Keuangan. Peresmian dibentuk LPDP ini lebih tepatnya pada tahun 2012 dan menjadi proyek bersama 3 kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan.

Dana abadi yang dimaksudkan adalah Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Biaya ini memang dikhusukan untuk pembiayaan lebih lanjut pada program magister atau program doktor di perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) ini memiliki tujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki intelektual tinggi (dalam hal ini, berpendidikan tinggi) dan berkualitas, serta memiliki jiwa leadership (kepemimpinan) yang tinggi. Dengan menargetkan pelamar adalah warga negara Indonesia, LPDP berusaha menanamkan asas nasionalisme, integritas dan cinta tanah air melalui beberapa fase seleksi program beasiswa LPDP ini, baik pada seleksi dokumen maupun seleksi pada program kepemimpinan.

Poin-poin misi yang dikedepankan oleh LPDP ini adalah mempersiapkan pemimpin dan profesional untuk masa depan Indonesia dengan mendapatkan biaya pendidikan, memajukan riset strategis dan/atau inovatif yang dapat diimplementasikan pada negara serta menciptakan nilai tambah melalui pembiayaan riset, pengelolaan dana abadi yang optimal sehingga diharapkan keberlangsungan pendanaan pendidikan terjamin bagi generasi berikutnya dan adanya Dana Cadangan Pendidikan.

Keuntungan Beasiswa LPDP

Dari beberapa pengalaman yang penulis lihat di internet, ada beberapa keuntungan beasiswa LPDP yang dapat disimpulkan. Jika teman-teman mau menambah pengetahuan lebih banyak lagi, bisa browsing di internet lagi untuk melihat-lihat pengalaman dari orang-orang yang pernah menjalani seleksi hingga lolos beasiswa LPDP atau hanya menjalani seleksi saja.

Keuntungan pertama dalam beasiswa ini adalah beasiswa ini dibuka 4 kali seleksi dalam setahun! Tentunya persaingannya jadi lebih berkurang, tidak seperti beasiswa Monbukagakusho, AAS, Fulbright, Chevening dan lainnya yang mungkin pembaca lebih paham. Untuk pencari beasiswa yang menginginkan adanya pelatihan yang dapat menambah skill kepemimpinan dan lainnya, teman-teman dapat mengambil beasiswa ini karena terdapat Pelatihan Kepemimpinan yang notabene harus diikuti seluruh awardee kemudian baru akan diberikan beasiswa. Hal ini dapat menjadi keuntungan kedua untuk teman-teman yang mengikutinya ūüėÄ

advertisement

Keuntungan ketiga adalah beasiswa ini dapat dipastikan akan membiayai berapapun kebutuhan kita. Dalam hal ini, bukan artinya bisa foya-foya banyak. Akan tetapi setidaknya, teman-teman gak perlu sampai kerja part-time dan kerja serabutan untuk menutupi kebutuhan, mencukupi (living allowance diberikan 2 kali saat pertama kali kedatangan). Hal ini dikarenakan pihak dari LPDP sering melakukan survei terhadap awardee yang tinggal di negara tempat kita mendapatkan beasiswa (pendapat dari salah seorang awardee yang penulis wawancara). Oh iya, beasiswa ini juga meng-cover biaya non-pendidikan seperti visa, biaya transportasi, asuransi dan living allowance.

Kalau penulis baca di salah satu blog awardee, mereka bercerita bahwa adanya Program Pengembangan Alumni, yang merupakan adanya beasiswa lanjutan yang memprioritaskan penerima beasiswa LPDP sebelumnya untuk mendapatkan beasiswa lagi. Wah, beasiswa ini pas sekali untuk teman-teman yang memang ingin melanjutkan kuliah hingga jenjang paling tinggi dari rantai pendidikan Indonesia (hehe, kayak rantai makanan aja ada yang paling tinggi).

Selain keuntungan diatas dengan mengikuti beasiswa ini, teman-teman dapat memperluas jaringan pertemanan dengan peraih beasiswa lainnya yang mendapat tempat perkuliahan di negara yang berbeda-beda. Biasanya, awardee akan diberikan pembekalan dari LPDP selama 10 hari yang berisikan internalisasi visi dan misi LPDP dan menurut seorang awardee, pelatihan ini menguatkan militansi penerima beasiswa. Wih, menantang sekaligus penasaran yah!

Persyaratan Beasiswa LPDP

Konon katanya, persyaratan beasiswa LPDP ini tidak ribet dan mudah sekali. Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk beasiswa ini? Penulis akan menjabarkan secara umum, karena teman-teman bisa langsung membuka website LPDP di http://www.lpdp.depkeu.go.id/ jika melihat persyaratan khusus untuk program yang berbeda. For your information, program beasiswa LPDP terdiri dari beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialis kedokteran dan presidential scholarship.

Persyaratan yang paling awal adalah warga negara Indonesia, karena ini beasiswa dikeluarkan oleh Kementerian dari Republik Indonesia. Oke nih? Yuk lanjut ke syarat kedua.

Syarat kedua untuk mengajukan beasiswa ini adalah sudah menyelesaikan program sarjana atau program magister. Tentunya LPDP memiliki saran perguruan tinggi mana saja yang dibolehkan, yaitu perguruan tinggi yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), perguruan tinggi kedinasan dalam negeri dan perguruan tinggi di luar negeri yang terdaftar pada Direktorat Jenderal Pendidikat Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

advertisement

Lalu, syarat yang harus teman-teman penuhi adalah memiliki jiwa kepemimpinan, integritas, idealism dan nasionalisme. Untuk hal ini, akan dilihat pada letter of statement yang akan diberikan saat mengajukan beasiswa ini. Poin ini akan sangat disorot oleh interviewer kelak sebagai perwujudan visi-misi dari LPDP itu sendiri.

Sebagai orang yang aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan is a must! Dalam beasiswa ini, para interviewer kelak akan melihat sekali poin-poin dimana kamu telah berkontribusi pada negara.

Poin kelima dalam persyaratan LPDP ini adalah bersedia menandatangani surat pernyataan. Surat pernyataan ini memiliki sub-poin bahwa penerima beasiswa tidak akan menerima/akan menerima  beasiswa dari sumber lain, tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar kode etik akademik, selalu mengabdi untuk kepentingan bangsa Indonesia (well, agak gemeteran juga baca sub-poin yang ini…), selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (yang ini juga bikin gemeteran, jangan selingkuhin negara ini yah) dan sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan  LPDP.

Bagi teman-teman yang sudah bekerja, teman-teman harus mendapatkan izin dari atasan. By the way, buat teman-teman yang sudah bekerja, dapat meminta recommendation letter dari atasan teman-teman.

Nah, ini adalah poin yang penulis bahas sebelumnya. Teman-teman harus mendapatkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum bekerja atau rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja. Jangan takut mengenai masalah tokoh masyarakat, kepala RT di dekat rumah juga terhitung sebagai tokoh masyarakat kok!

Pelamar beasiswa memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang keilmuan yang disyaratkan LPDP. Tentunya yang ini teman-teman dapat melihat daftar lengkapnya di website LPDP. Selain itu, teman-teman juga harus memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan persyaratan LPDP.

Untuk melihat keseriusan teman-teman sekalian, LPDP mewajibkan teman-teman untuk membuat esai dengan judul ‚ÄúPeranku Bagi Indonesia‚ÄĚ dan ‚ÄúSukses Terbesar dalam Hidupku‚ÄĚ.

Dengan melihat keuntungan dan persyaratan beasiswa LPDP ini, diharapkan teman-teman sekalian dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan membawa misi pembangunan bangsa.

Sumber lainnya :

1 2

Sumber gambar: Will Folsom via Compfight cc



[reaction_buttons]