Ingin Menjadi Ketua BEM UI atau Anggota DPM UI? Ini Syarat-Syaratnya yang Harus Kamu Tahu!

Yang terpenting sebagai seorang ketua adalah harus bertanggung jawab dalam membimbing anggotanya serta yang terpenting sebagai seorang anggota adalah bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan dan kewajibannya.


0

Syarat menjadi ketua BEM UI dan anggota DPM UI. Banyak dari kita, dan sebagian besar mahasiswa, tidak asing lagi dengan yang namanya BEM. Lembaga kemahasiswaan ini memang menggunakan nama yang berbeda di beberapa kampus, ada yang menggunakan nama Kabinet Mahasiswa, Ikatan Pelajar, dan lain-lain. BEM sendiri merupakan akronim dari Badan Eksekutif Mahasiswa. Badan ini selain berada di tingkat fakultas, ada juga yang berada di tingkat fakultas atau bahkan departemen.

Nah kira-kira syarat apa aja sih yang dibutuhkan untuk menjadi ketua BEM UI, yuk simak syaratnya!

Ada sebelas syarat umum untuk menjadi ketua BEM UI, di antaranya:

  1. Anggota Aktif IKM UI
  2. Tidak sedang mengalami cuti perkuliahan
  3. Tidak sedang menjabat sebagai pengurus lembaga kemahasiswaan di lingkungan UI
  4. Tidak terancam putus kuliah
  5. Telah memperoleh sekurang-kurangnya 111 (seratus sebelas) SKS untuk program sarjana dan sekurang-kurangnya 77 (tujuh puluh tujuh) SKS untuk program vokasi
  6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75
  7. Tidak sedang dicabut haknya untuk dipilih
  8. Tidak sedang menjalani pidana kurungan atau penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum mengikat
  9. Bukan pengurus partai politik dan/atau organisasi underbouw-nya
  10. Memperoleh dukungan dari Anggota IKM UI
  11. Bersedia mengisi pakta integritas yang dirumuskan oleh Panitia Pemira IKM UI.

Eitsss jangan salah, masih ada persyaratan administratif dimana sang calon harus melengkapi berkas-berkas untuk pendaftaran sebagai pasangan calon. Ada lagi syarat yang harus dipenuhi, yaitu setiap calon harus mengumpulkan petisi dukungan yang berasal dari 125 anggota IKM UI dari setiap fakultas dan program vokasi, kurang lebih repotnya sama seperti melakukan penelitian nih.

Selain itu mereka harus membuat tugas esai, melampirkan curriculum vitae atau CV, dan juga Grand Design. Banyak yang bertanya “Kalau dari vokasi bisa maju jadi ketua BEM UI, gak sih?” jawabannya tentu bisa, boleh saja, asal memenuhi kriteria umum diatas dengan memperoleh sekurang-kurangnya 77 SKS.

Tadi kita sudah membahas tentang syarat menjadi calon ketua BEM UI, lalu bagaimana dengan DPM?

Berikut persyaratan umum Bakal Calon Anggota DPM UI adalah sebagai berikut:

  1. Anggota Aktif IKM UI
  2. Tidak sedang mengalami cuti perkuliahan
  3. Tidak sedang menjabat sebagai pengurus Lembaga Kemahasiswaan di lingkungan UI
  4. Tidak terancam putus kuliah
  5. Tidak sedang dicabut haknya untuk dipilih
  6. Tidak sedang menjalani pidana kurungan atau penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum mengikat
  7. Bukan pengurus partai politik dan organisasi underbouw-nya
  8. Memperoleh dukungan dari Anggota IKM UI;
  9. Bersedia mengisi pakta integritas yang dirumuskan oleh Panitia Pemira.

Kurang lebih syarat umumnya sama begitupun dengan syarat administratifnya, namun tidak ada syarat mengenai nilai minimum IPK dan minimal SKS yang telah terlampaui. Bagaimana dengan mahasiswa baru? Apakah boleh mengajukan diri menjadi anggota DPM UI? Ya boleh aja kok, bisa, asalkan memenuhi syarat umum.

Nah itu dia seyarat-syarat yang dibutuhkan jika kamu tertarik untuk mencalonkan diri menjadi ketua BEM UI atau menjadi calon perorangan DPM UI, jika memang kamu merasa belum siap untuk mencalonkan diri tahun ini, tak apa-apa, bookmark artikel ini dan kamu bisa menyiapkan diri kamu untuk maju dalam periode berikutnya.

Yang terpenting seorang ketua harus bertanggung jawab dalam membimbing anggotanya serta bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan dan kewajibannya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

One Comment

Leave a Reply