Ini Dia 6 Organisasi Persma di UI yang Bikin Mahasiswa Melek Isu Kampus

Salah satu organisasi yang terlihat “wah” di mata mahasiswa lain adalah organisasi pers mahasiswa (persma). Gimana nggak, mahasiswa yang menjadi anggota dari organisasi tersebut dianggap lebih tau isu atau masalah yang ada di kampus. Selain itu, mereka juga dianggap punya akses untuk mewawancarai petinggi kampus, mulai dari dekan sampai rektor.


0

Menjadi mahasiswa bukan hanya sekadar berkutat di dunia akademik, tetapi juga non-akademik. Salah satu opsinya adalah dengan bergabung ke organisasi. Dengan bergabung organisasi, mahasiswa tidak hanya mendapat relasi lebih luas, tetapi juga dapat mengembangkan minat dan bakatnya.

Salah satu organisasi yang terlihat “wah” di mata mahasiswa lain adalah organisasi pers mahasiswa (persma). Gimana nggak, mahasiswa yang menjadi anggota dari organisasi tersebut dianggap lebih tau isu atau masalah yang ada di kampus. Selain itu, mereka juga dianggap punya akses untuk mewawancarai petinggi kampus, mulai dari dekan sampai rektor.

Buat kamu yang tertarik sama dunia jurnalistik, kamu bisa bergabung dengan salah satu dari enam organisasi persma berikut ini.

1. BO Pers Suara Mahasiswa UI

Sumber: Akun Instagram Suma UI

Badan Otonom (BO) Pers Suara Mahasiswa UI ini merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UI. UKM yang biasa disebut Suma ini bisa dibilang satu-satunya organisasi mahasiswa di bidang jurnalistik satu-satunya di tingkat universitas. Karena itulah, anggotanya berasal dari berbagai fakultas.

Suma memiliki produk pers utama berupa laman berita dengan alamat www.suaramahasiswa.com. Sebelumnya, Suma juga memiliki produk majalah dan buletin. Namun, untuk sementara ini produk tersebut berhenti diproduksi. Walaupun begitu, kamu bisa mengaksesnya dalam bentuk soft file di platform Issuu.

2. BO Fisipers UI

Sumber: Akun Instagram Fisipers UI

BO Fisipers UI merupakan organisasi jurnalistik mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Produk persnya dapat diakses di akun Instagram, Twitter, dan Medium mereka.

Berdasarkan penelusuran anakui.com, Fisipers juga pernah mengunggah majalah mereka di platform Issuu. Namun, anakui.com hanya menemukan satu file di sana.

BACA JUGA: Walaupun Hectic, Aktif Organisasi Tetap Worth-It!

3. BO Perfilma FH UI

Sumber: Akun Instagram Perfilma FH UI

BO Pers, Fotografi, Film, dan Musik Mahasiswa (Perfilma) adalah organisasi di Fakultas Hukum (FH) UI yang mengasah kemampuan pers, fotografi, film, dan musik di lingkup kampus, khususnya lingkup FH UI.

Karena tidak hanya berfokus pada dunia jurnalistik, platform Perfilma pun lebih bervariasi, mulai dari Youtube hingga Spotify. Mereka juga sering memproduksi film pendek, music cover, dan photoshoot. Langsung aja kunjungi laman mereka di www.studioperfilma.org.

4. BO Economica FEB UI

Sumber: Akun Instagram Economica FEB UI

BO Economica (BOE) merupakan organisasi persma yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI. Produk persnya berupa majalah dan laman berita dengan alamat www.economica.id. Selain itu, mereka juga memiliki produk tahunan berupa buku Agenda UI.

BACA JUGA: 8 Fakta Pusgiwa UI yang Cuma Diketahui Aktivis UKM dan Organisasi

5. Teknika FT UI

Sumber: Akun Instagram Teknika FT UI

Teknika merupakan organisasi persma yang ada di Fakultas Teknik (FT UI). Teknika memiliki beberapa produk pers, yaitu laman berita dengan alamat www.teknikaftui.net, Koran Biru, dan Teknika Magazine. Selain itu, Teknika juga memiliki aplikasi Android yang saat ini sedang dikembangkan.

6. Media Aesculapius FK UI

Sumber: Akun Instagram Media Aesculapius FK UI

Siapa bilang anak kedokteran cuma berkutat sama dunia kesehatan doang? Fakultas Kedokteran (FK) UI juga punya organisasi persma nih, namanya Media Aesculapius (MA). Organisasi tersebut merupakan organisasi mahasiswa FK UI yang berkecimpung di dunia jurnalistik dan penerbitan kedokteran. Mereka sudah ada sejak tahun 1970, loh.

Beberapa produk pers mereka antara lain Surat Kabar MA (SKMA), situs beranisehat.com, Kapita Selekta Kedokteran (KSK), dan berbagai buku lainnya. SKMA terbit dua bulan sekali dan dapat diakses di beranisehat.com. Selain itu, produk KSK telah menjadi pegangan di kalangan kedokteran, keperawatan, dan tenaga medis lainnya.

***

Itu tadi enam organisasi persma yang ada di UI. Kamu bisa pilih mau ikut di tingkat fakultas atau tingkat universitas. Oh iya, persma ini nggak cuma buat kamu yang suka menulis loh, tetapi juga buat kamu yang tertarik pada dunia fotografi atau videografi jurnalistik dan menyusun infografis. Selain itu, dengan bergabung dengan persma, dijamin kamu bakal lebih melek isu kampus.

BACA JUGA: Kalian Maba UI yang Suka Musik? Wajib Ikut UKM dan Komunitas Ini!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply