Coba tebak, ada berapa teman satu kelas kamu yang sering baca koran? Berapa orang teman kamu yang benar-benar update ngikutin berita terkini? Gak cuma berita-berita seputar informasi gaul masa kini namun juga berita-berita yang katanya “berat” kayak politik, criminal, dan ekonomi? Atau, kapan terakhir kali kamu ngikutin berita yang beneran berita?

Hampir sebagian besar dari kita tahu dan memahami betapa pentingnya arti suatu berita untuk diketahui dan diikuti. Namun, seringkali kita terperangkap dalam ironi pribadi yang menganggap kita selalu update sama berita-berita terkini tapi pas ditanya Ryamizard Ryacudu itu siapa masih plonga-plongo.

Well, I know cat videos and quizzes identifying which EXO member you’re the most similar to are more entertaining, but the news plays a huge role in our lives and should be given the attention it’s due.

Kenapa? Berikut alasan utamanya.

 

Tentang Kamu Kok

Mahasiswa harus tingkatkan kepakaanmu terhadap kondisi sosial, politik, dan ekonomi di sekitar via geotimes

Mahasiswa harus tingkatkan kepakaanmu terhadap kondisi sosial, politik, dan ekonomi di sekitar via geotimes

Not specifically you, but you as a young adult. Menjadi mahasiswa membuatmu bukan lagi manusia biasa. Membuatmu harus meningkatkan kepekaanmu terhadap kondisi sosial, politik, dan ekonomi dari dunia di sekitarmu.

advertisement

Bagaimana harga BBM yang naik bisa berpengaruh terhadap harga nasi warteg langgananmu. Bagaimana kebijakan politik tertentu berpengaruh terhadap fasilitas transportasi umum yang biasa kamu gunakan? Juga bagaimana mantan kamu berpaling darimu ke pilihannya lain yang ternyata memiliki wawasan lebih luas dari kamu. Lebay? Nope, ini realistis, Bro.

All this, can change differently if you just follow and catch up the right news.

 

Tentang Nilai Kuliahmu

Memberikan wawasan-wawasan baru seputar mata kuliah yang tengah dibahas via eng.ui.ac

Memberikan wawasan-wawasan baru seputar mata kuliah yang tengah dibahas via eng.ui.ac

Pernahkan kamu punya temen sekelas yang selalu vokal di kelas. Gak cuma jago mengkritik tapi juga mampu memberikan wawasan-wawasan baru seputar mata kuliah yang tengah dibahas. Belum lagi sang dosen sampe kenal sama doski gegara si dosen kepincut buat diskusi terus sama dia ketimbang sama kamu atau mahasiswa yang lain.

Atau, temen kamu yang satu lagi, yang keliatannya jarang belajar dan sering hang out sana-sini, pas mau ujian pasrah aja gak tau bakal ngejawab apa, tau-tau pas hari H ujian dia ngumpulin paling duluan dan pas pengumuman nilainya A sendiri. Kemungkinan besar, dia menjawab soal-soal ujian hanya berdasar wawasan yang ia terima ketika ia membaca koran atau mengikuti berita.

Apa pun yang kamu pelajari di kelas perkuliahan, pada akhirnya semua akan dielaborasikan dengan situasi terkini di lapangan, that’s why kamu seringkali kaget pas baca soal ujian karena ngerasa kok kayaknya gak pernah diajarin di kelas? Well, secara konsep diajarin, namun implementasinya hanya bisa diketahui kalau kamu ngikutin berita-berita terkini dan membaca buku-buku lain yang masih relevan.

advertisement

Gak percaya? Coba tanya dosen kamu dan jangan kaget ya sama jawaban doski. 😉

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG

 

Percaya Diri

Kamu gak akan pernah kehabisan bahan buat ngobrol via http://suma.ui.ac.id/

Kamu gak akan pernah kehabisan bahan buat ngobrol via suma.ui.ac.id

Dengan mengikuti informasi terkini seputar isu-isu lokal dan nasional pada bidang sosial, ekonomi, dan polhukam kamu pun tentunya memiliki wawasan yang lebih luas daripada kebanyakan temen-temen kamu, which means kamu gak akan pernah kehabisan bahan buat ngobrol dan nongkrong asik bareng temen-temen kamu.

Kamu bisa diskusikan isu-isu yang kamu ikuti dengan bahasa kamu yang lebih gaul dan cair sehingga tidak membosankan. Tentunya hal ini dapat mem-boost kepercayaan diri kamu karena kamu menjadi terlihat unik dan memiliki value tersendiri dibanding teman-temanmu yang lain.

It’s fun to know things! We’re living the history that future generations will be reading about in textbooks, and we shouldn’t take that for granted. Take your time, dan nikmati kata demi kata yang kamu temukan dari koran yang kamu baca hari ini atau berita yang kamu dengar di radio pagi ini. Cepat atau lambat, kamu akan ketagihan menyimak berita dan akan terus menjadi individu yang stay current!

Gak mau ketinggalan jaman? Yuk baca berita sekarang! Bagikan tulisan ini lewat Facebook, Twitter dan LINE kamu agar semakin banyak teman kita yang ikutan update hari ini!



[reaction_buttons]