Inilah Alasan Kenapa FISIP Begitu Dicintai Mahasiswanya

Pernah bingung kenapa FISIP UI ramenya bukan main? Atau mahasiswa yang bangga pakai kaos bertulis "Gue Anak FISIP"? Nah, ini dia jawaban kenapa FISIP UI dicintai banget sama mahasiswanya.


0
Keramaian ini tidak sepadan dengan lingkungan perkuliahan yang bisa dikatakan sempit via ridhaintifadha

FISIP adalah salah satu fakultas di Universitas Indonesia yang dikenal telah melahirkan generasi anak-anak gaul pada masanya. Hingga sekarang. Bener nggak?

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI termasuk Kelompok Fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Indonesia. FISIP UI mengelola program pendidikan jenjang dengan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) serta program pelatihan kursus non-gelar. Saat ini FISIP UI dipimpin oleh Dr. Arie Setiabudi Soesilo untuk masa bakti 2013-2017.

Didirikan pada tahun 1968 dan pada mulanya merupakan bagian dari Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM). Pada tanggal 1 September 1962, bagian Pengetahuan Masyarakat yang kemudian menjadi bagian Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan secara resmi diperluas sehingga meliputi Jurusan Ilmu Publisistik, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi, Kriminologi, Sosiologi, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Perkembangan bidang-bidang ilmu sosial yang demikian pesat mendorong ditingkatkannya status Bagian Ilmu Pengetahuan Kemasyarakat menjadi fakultas yang berdiri sendiri.

Setelah 4 minggu kamu menginjakkan kaki di lingkungan FISIP, kamu akan berteriak “GILA! INI FAKULTAS RAME BANGET!”

BACA JUGA: yang Muda yang Berprestasi: Dosen-dosen Muda Terbaik dari FISIP UI

Keramaian ini tidak sepadan dengan lingkungan perkuliahan yang bisa dikatakan sempit via ridhaintifadha
Keramaian ini tidak sepadan dengan lingkungan perkuliahan yang bisa dikatakan sempit via ridhaintifadha

Well, di tahun 2010 saja fakultas ternama ini digandrungi oleh lebih dari 8.000 mahasiswa. Gak heran deh, kalau ada orang nanya “Kuliah dimana?” lalu kamu jawab “FISIP” orang akan langsung tahu bahwa FISIP yang kamu maksud pastilah FISIP UI. Sayangnya, keramaian ini tidak sepadan dengan lingkungan perkuliahan yang bisa dikatakan sempit. Karena sempit dan ramai, maka adalah hal yang wajar jika semakin sore, FISIP akan makin rame!

Salah satu hal yang membuat fakultas ini kebanjiran mahasiswa adalah karena prodi yang ditawarkan adalah prodi yang unbelievably interesting! You can name it, Administrasi (Fiskal, Negara, Niaga), Antro, HI, Kesos, Komunikasi, Kriminologi, Politik dan Sosiologi!

Mungkin gak sedikit yang bakal berpikir “Gila, jurusan-jurusan di FISIP keren-keren banget! Gua berasa jadi Green Arrow atau Batman nih kuliah di sini” – well, for that point, gak bo’ong deh. Memang seru jika kamu bisa tahu setiap seluk-beluk dunia kriminal, pelajarin antropologi, atau mempelajari sejarah bangsa-bangsa di dunia. But then, seringkali kekaguman ini terhenti saat kamu berada pada semester akhir, di saat kamu sadar, “Abis lulus, gua mau kemana?”

Don’t worry, jika kamu benar-benar masuk FISIP karena kecintaanmu pada bidang yang kamu pelajari, kenyataannya lulusan FISIP UI banyak yang kepakai either sebagai diplomat, pakar/ilmuwan, atau bahkan you really can be your own “Batman” and starts your own career path.

Banyak tokoh terkenal yang berasal dari FISIP UI via Alinea TV
Banyak tokoh terkenal yang berasal dari FISIP UI via Alinea TV

Putro Perdana, for example, karena kecintaannya, ia berhasil melihat sisi unik dari bidang yang pelajari sewaktu mengambil studi kriminilogi di FISIP UI, and you know what? Sekarang ia menjadi salah satu analis berbakat dalam bidang Grafologi – sebuah studi kriminologi untuk mengungkap kepribadian dan karakter seseorang berdasarkan tulisan tangannya – dan seringkali bekerja sama dengan tim forensik untuk menganalisa kasus-kasus kriminal yang pastinya seru banget!

Dan jika kamu mengambil prodi politik, Effendi Ghazali adalah salah satu alumni FISIP UI yang bisa kamu idolakan karena ia kini dikenal sebagai pengamat yang selalu memiliki pandangan tajam akan situasi politik negeri ini.

Selain itu, FISIP UI juga telah menyabet   juara 7 kali berturut-turut dalam Olimpiade UI dan memiliki jajaran atlet-atlet legendaris yang masih kuliah ataupun yang telah menjadi alumni, Ade Rai hanyalah salah satunya.

BACA JUGA: Review Fuyunghai Chinese Food Takor FISIP UI

Anak fisip gak akan malu dan bakal bangga bilang, "Gue anak FISIP" via commdept.fisip.ui
Anak fisip gak akan malu dan bakal bangga bilang, “Gue anak FISIP” via commdept.fisip.ui

“You are product of your environment” – W. Clement Stone.

Kutipan tersebut bisa dikatakan cukup menggambarkan suasana perkuliahan di FISIP UI. Selain gaul karena banyak tempat nongkrong, macam Takor, Bloc, MBRC, Teater Kolam, lingkungan kuliah di FISIP juga kaya akan sifat egaliter dan kekeluargaan dari teman-teman setongkrongan. Mungkin karena sebagian besar prodi di FISIP mengarah kepada hal-hal yang bersifat sosial, maka tak heran bila intelektual sosial mahasiswanya pun terasah dengan baik.

Dan yang paling menyenangkan, setiap anak fisip gak akan malu dan bakal bangga bilang, “GUE ANAK FISIP.”

Inilah yang membuat FISIP tak hanya digandrungi namun juga akhirnya dicintai oleh setiap mahasiswanya. So, buat kamu teman-teman yang baru masuk UI, kamu yakin gak mau pindah ke FISIP?

Yuk, bagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter dan LINE kamu! Dan pastikan, kamu mampir ke FISIP minggu ini buat hangout sama kita dan cari temen baru! It will be fun!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

One Comment

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals