Ngekos itu udah sehati sama yang namanya anak kuliahan. Gak bisa dipisahin. Pun kalau ada mahasiswa yang gak ngekos, pasti punya temen yang ngekos. Suatu saat mereka yang gak ngekos akan dapet kesempatan untuk berkunjung, bahkan menginap di kosan temannya. Bisa jadi ikutan ngekos atau ngekos bareng teman.

BACA JUGA: 7 Hal Penting Jika Kamu Masih Bingung Cari Kosan

Bahkan yang lebih epik,  ngontrak rumah rame-rame. Dan percayalah, ngekos sendiri itu gak asik. Minimal kamu punya temen yang kosannya deket atau malah satu kosan cuma beda kamar supaya asik. Ngekos bareng-bareng itu bawa banyak keuntungan buat kamu, dan berikut ini adalah beberapa keuntungan tersebut.

advertisement

 

Beres-beres

Asyiknya sih kalau punya temen yang rajin bersih-bersih via facingmood

Asyiknya sih kalau punya temen yang rajin bersih-bersih via facingmood

Akan selalu beres-beres kosan dan kamu jadi rajin beres-beres. Ini gak universal sih, kalau kamu emang sudah disetel jadi makhluk jorok dan sialnya punya temen yang jorok juga, kamu gak akan beres-beres. Tapi kalau kamu aslinya cuma males beres-beres, kamu kemungkinan besar akan jadi rajin beres-beres. Kenapa?

BACA JUGA: Cara Cepat Melipat Baju Buat Anak Kosan

advertisement

Kamu akan punya tendensi beres-beres karena biasanya temen sekamar atau temen sekosan kamu suka terganggu kalau kamu berantakan. Mau gak mau kamu harus beres-beres. Kalau kamu punya kamar sendiri pun, kadang si temen kamu suka iseng main ke kamar kamu randomly, dan kamu jadi harus beres-beres biar nyaman dan jaga image kamu sendiri.

Punya temen sekamar yang lebih jorok dari kamu akan memaksa kamu untuk lebih rajin beres-beres, punya temen yang lebih rajin beres-beres juga bikin kamar kamu rapi tanpa perlu berusaha. Enak deh pokoknya ngekos bareng temen.

 

advertisement

Gak pernah bener-bener sendiri

Gak pernah bener-bener sendiri

Gak pernah bener-bener sendiri

Kalau kamu galau, kamu butuh distraction dan distraction yang paling efektif adalah hang out bareng temen, minimal kamu ngobrol ngalor-ngidul deh sama temen, menghindari galau kamu. Kalau kamu mau makan keluar juga kamu gak bakal sendirian, karena minimal dia juga belum makan dan pasti mau diajak keluar bareng, yang penting gak lone wolf dan pergi sendirian.

Tapi kalau kamu sukanya sendiri ya… yaudah.

 

advertisement

Gross habits are gone

Gross habits are gone via

Gross habits are gone via Photo Credit: bradleypjohnson via Compfight cc

Kamu pasti punya kebiasaan yang gross atau nasty, misal kentut sembarangan atau ngupil dan menyebarkan upil kamu ke penjuru tempat macam orang nyebarin agama. Atau kamu jarang ibadah. Atau apa kek, yang jelas kebiasaan buruk yang akan mengundang konflik. Kalau kamu sendiri, kebiasaan yang begitu akan tetap abadi.

BACA JUGA: Suka Duka Anak Kosan Libur Lebaran Bareng Keluarga

Tapi kalau kamu ngekos bareng temen, kamu akan punya konflik dan bakal bertengkar, dan kemudian akan mencapai kesepakatan atau peace treaty yang memaksa kamu untuk menghilangkan kebiasaan kamu yang aneh dan menjijikan itu. Untung, kan? Jadi, sebelum nikah dan serumah sama istri, kamu udah bisa menyingkirkan kebiasaan aneh yang bisa merusak rumah tangga kamu kelak.

 

Harta bersama

Semua barang di kamar jadi harta bersama via

Semua barang di kamar jadi harta bersama via Photo Credit: chrismetcalfTV via Compfight cc

Kamu gak punya piring di kosan, temen kamu punya. Paket internet kamu abis, dia masih ada. Dia pengen main gitar, kamu punya. Dia ada bantal yang empuk, kamu bisa pinjem. Laptop dia gak kuat game, kamu pinjemin laptop kamu. Dia lagi males jalan, kamu pinjemin motor. Kamu mau jalan sama cewek, dia pinjemin mobil.

BACA JUGA: Bingung Pilih Pulang-Pergi atau Ngekos?

Kurang helm, bisa pinjem punya temen. Duit abis, dia bisa pinjemin. Ketika sama-sama gak punya, setidaknya kalian punya masing-masing. Punya temen kosan menjamin kehidupan kamu dalam tingkat kesejahteraan yang lebih baik ketika kamu sendirian.

 

Dramaaa

Nobar jadi lebih asyik via bangkitsasongko

Nobar jadi lebih asyik via bangkitsasongko

Kabar terbaru, gossip, kelakuan temen-temen lain, kepoin orang lain, etc bakal lebih seru ketika kamu gak melakukannya sendirian. Kamu bakal mengalami banyak drama kalo punya temen kosan. Ada aja kejadian yang bisa dibahas, ada aja yang bisa diperdebatkan, kadang malah nonton film di kosan bisa jadi lebih seru karena berasa ramean nonton bola. Komentarnya aneh-aneh. Serunya maksimal. Cobain deh ngekos bareng temen.

Seru kan ngekos? Lebih seru lagi kalau kamu share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line supaya ada temen kamu yang belum ngekos jadinya kepengen ngekos dan ngekos deket atau malah bareng kamu!