Kalau ditanya fakultas apa yang sering senang-senang di UI, ya jawabannya adalah FIB (Fakultas Ilmu Bersenang-senang). Ketahuan, kan, dari namanya aja udah menggambarkan sesuatu yang berbau euphoria. Acara di FIB sih gak mesti besar-besar, yang kecil-kecilan aja meriahnya luar biasa, terus gimana sama yang besarnya dong?

Setiap setahun sekali, FIB menggelar acara Festival Budaya UI atau biasa disingkat dengan Fesbud UI. Nah, Fesbud UI yang ke-30 telah diselenggarakan pada 26-28 November 2015 lalu. Sebanyak 15 jurusan “keluar kandang”. Acaranya pun beragam, mulai dari Karnaval Budaya, Gelar Sastra Raya, Festival Musik, FIB Satu Karya, hingga Petang Kreatif. Sebagai orang yang nonton, terjun langsung, dan penikmat acara Fesbud ini pasti akan punya sensasi-sensasi seperti rasa permen, kopi hitam, pahit, dan ada sepet-sepetnya.

Menghilangkan Stress dengan Menertawakan Orang

Tahun ini, Festival Budaya UI disenggarakan untuk ke-30 kalinya.

Tahun ini, Festival Budaya UI disenggarakan untuk ke-30 kalinya.

Untuk acara Festival Budaya, hal satu ini sah-sah aja. Ya, kan Fesbud turun ke jalan tujuannya mau menghibur masyarakat dan menunjukkan eksistensi seni di lingkungan FIB. Masalahnya, cara penyampaian anak-anak FIB itu selalu aja pakai hal yang luar biasa menghibur. Contohnya, ketika karnaval, mobil-mobil dari jurusan FIB akan jalan mengelilingi kawasan UI, dengan kostum yang bakal bikin kocak, deh. Ada yang pakai pakaian hantu, harajuku, kebaya, dan lagi mukanya dimake-up pakai cat.

 

Jadi Pengin Ikutan

Rangkaian acara karnaval dengan berkeliling UI

Rangkaian acara karnaval dengan berkeliling UI

Kalau malunya bareng-bareng, kamu mau ikutan gak? Ketika karnaval dan GSR ditampilkan, mata sama kaki langsung diam di tempat, deh! Terus bakal ngomong “Gila… gilaa… anak FIB gak ada malunya.”

Di penampilan karnaval udah jelas mereka turun ke jalan. Nah, di acara GSR semua jurusan akan menampilkan bakatnya masing-masing, ada yang nari perut, dance, teater mini, dan banyak lagi. Ujung-ujungnya ngebuat kamu jadi pengen ikutan.

advertisement

Ikutan Pesta

Serunya acara Fesbud UI bikin pengunjung jadi pengin ikutan.

Serunya acara Fesbud UI bikin pengunjung jadi pengin ikutan.

 

Acara Fesbud ini benar-benar diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut, dan selama 3 hari juga FIB berpesta, gak ada matinya, gak ada sepinya. Silahkan datang aja langsung ke FIB, dijamin mereka lagi pesta dan rame banget sampai malam. Acara besar ini bisa dinikmatin semua orang tanpa pandang bulu.

BACA JUGA: Alasan Kenapa Maba UI Harus Ikut Event-Event di Kampus

 

Cuma di FIB Acara 24 Jam

Fesbud UI berlangsung hampir 24 jam.

Fesbud UI berlangsung hampir 24 jam.

Iya, cuma di FIB yang acaranya bisa sampai 24 jam. Mau tau acara apa? Namanya adalah Petang Kreatif atau biasa disebut PK. Nah, PK ini adalah acara teaternya jurusan di FIB tapi yang main adalah maba-maba. Maba aja udah dilatih berkarya, keren gak tuh?

Bisa dibilang, ini acara puncak FIB. Teater mini yag ditampilkan ini gak mungkin gak mengundang tawa, pokoknya ada-ada aja deh lakonnya. Setiap jurusan tampil kira-kira 15 menit, terus ada 15 jurusan, jadi teater ini memakan waktu kira-kira 12 jam. Setelah itu acara masih dilanjut dengan penampilan-penampilan lain, dan di akhir acara diumumin siapa pemenang Fesbud ini. Ada kategorinya, sih seperti lomba karnaval, GSR, PK, dan juara umum. Jadi kalau ditotal acara ini menghabiskan waktu hampir 24 jam.

advertisement

 

Jadi Tahu Tentang Esensi Seni

Jadi Tahu Tentang Esensi Seni.

Jadi Tahu Tentang Esensi Seni.

Kalau kamu termasuk tipe orang yang lurus-lurus aja dan memandang seni sebagai sesuatu yang sepele, coba nonton Fesbud. Selain untuk acara senang-senang aja, Fesbud UI juga akan ngajarin kamu esensi seni itu seperti apa karena melalui seni, manusia bisa mengekspresikan diri. Nah, makanya nonton aja deh biar tahu sendiri—tentunya di tahun depan.

Begitulah rasa-rasanya Fesbud FIB, acara besar 3 hari ini benar-benar dipenuhi sama kegiatan seni. Sampai-sampai kalau lewat FIB, roman-romannya bau teater, bau tarian tradisional, nyanyi-nyayi, dan banyak lagi tapi gak ada bau ketek, ya! Karena biarpun capek karnaval mereka tetap mandi, kok!

 



[reaction_buttons]