Inovasi Layanan Asuransi Buatan Mahasiswa UI Raih Juara 1

Dua mahasiswa dari Jurusan Ilmu Aktuaria Angkatan 2018 Universitas Indonesia, yaitu Gracella Jovita dan Justine Kael Tanady, memberikan ide inovatif dalam menanggapi permasalahan kebutuhan asuransi. Lewat inovasi buatannya, mereka berhasil menyabet gelar juara pertama


0

Anak UI, Pandemi COVID-19 yang tak kunjung kelar dari tahun lalu tentunya membatasi aktivitas masyarakat, salah satunya masyarakat yang bekerja di perusahaan asuransi. Karena tak dianjurkan bertatap muka,  pastinya agen asuransi kesulitan untuk menawarkan produk kepada calon konsumen.

Nah, dua mahasiswa dari Jurusan Ilmu Aktuaria Angkatan 2018 Universitas Indonesia, yaitu Gracella Jovita dan Justine Kael Tanady, memberikan ide inovatif dalam menanggapi permasalahan kebutuhan asuransi. Lewat inovasi buatannya, mereka berhasil menyabet gelar juara pertama dalam kompetisi nasional Cigna Inovation Challenge 2020 yang diselenggarakan oleh PT Asuransi Cigna, sebuah perusahaan layanan kesehatan global yang berbasis di New York.

Buat Anak UI yang belum tahu, Cigna Innovation Challenge merupakan kompetisi karya tulis ilmiah yang ditujukan bagi mahasiswa S1 dan S2 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Ada dua tema yang diangkat dalam kompetisi nasional ini, yakni “Program untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan finansial di Indonesia”, dan “Inovasi dalam Penjualan Asuransi pada Era Normal Baru.”

Nah, kontigen FMIPA UI ini menciptakan inovasi berupa teknologi chatbot atau program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini mampu menyimulasikan percakapan layaknya manusia melalui sistem komunikasi  otomatis pada pesan teks.

Gracella, ketua tim kontingen FMIPA UI, mengatakan, inovasi ini merujuk pada salah satu dari dua tema yang ditawarkan, yakni Inovasi dalam Penjualan Asuransi pada Era Normal Baru. Bersama timnya, Gracella merancang chatbot yang diberi nama ALI (Asisten Layanan Interaktif).

Lewat robot virtual ALI, keduanya mencoba fokus pada upaya peningkatan pelayanan perusahaan asuransi terhadap pengguna, baik pemegang polis maupun calon pemegang polis, dari segi komunikasi yang efektif.

Hal ini pastinya akan mempermudah pengguna mengakses layanan asuransi, seperti mendapatkan rekomendasi polis asuransi yang sesuai dengan profil diri mereka (kesehatan, usia, pengeluaran).

Menariknya lagi, konsumen tak perlu bertatap muka dengan agen asuransi untuk membeli produk asuransi. Calon pemegang polis tinggal unduh identitas diri, isi data dan TADA! rekomendasi polis asuransi bisa segera didapatkan. Pastinya cara ini membuat database calon konsumen jadi lebih rapi dan terstruktur sehingga meminimalisir error.

Justin, rekan satu timnya melanjutkan, penggunaan chatbot di masa pandemi seperti saat ini sangat relevan. Saat ini ruang gerak manusia untuk melakukan berbagai hal menjadi sangat terbatas, ditambah lagi jika pihak perusahaan mendapatkan banyak pertanyaan atau permintaan dari pelanggan dalam waktu yang sama sekaligus, maka penggunaan chatbot tersebut cukup efisien untuk memudahkan pihak perusahaan dalam merespons pelanggan.

“Walaupun teknologi chatbot ini belum bisa sepenuhnya menggantikan peran manusia, namun asisten digital ini cukup baik dalam memproses permintaan, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat,” ujar Justin.

Gracella dan Justin mengawali tahap kompetisi dengan merancang proposal mengenai implementasi dari inovasi yang akan mereka tawarkan. Pada tahap tersebut, keduanya berhadapan dengan 92 tim lain dari seluruh Indonesia. Setelah dinyatakan lolos pada tahap penyisihan, keduanya melaju ke tahap presentasi. Di tahap ini mereka mempresentasikan inovasi chatbot di hadapan tim manajemen Cigna Indonesia. Mereka berhasil menyingkirkan 7 tim lainnya hingga meraih gelar juara.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017)

0 Comments

Leave a Reply