Review Jabra Elite 4 Active, Headset Sport Murah dengan ANC

anakui.com – Jabra Elite 4 Active adalah earphone terjangkau dengan suara luar biasa dengan suara yang dapat disesuaikan dan ANC bawaan untuk penggunaan saat bepergian. Jabra’s Elite 4 Active juga menjadi opsi earbud True Wireless ANC yang sukses untuk jenis kebugaran dengan anggaran terbatas.

Spesifikasi Jabra Elite 4 Active

Spesifikasi
Dimensi: 0,82 x 0,81 x 1,07 inci (per bud), 1,12 x 1,53 x 2,52 inci (casing pengisi daya)
Berat: 0,17 oz (earbud), 1,32 oz (casing pengisi daya)
Masa pakai baterai (nilai): 7 jam (ANC); 28 jam (casing pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 10 meter (33 kaki)
Dukungan codec: SBC dengan aptX

Kelebihan

  • + Suara seimbang
  • + Kualitas panggilan yang sangat baik
  • + ANC yang Efektif
  • + Tahan air
  • + Dukungan untuk aplikasi Jabra Sound+

Kekurangan

  • – Deteksi putar otomatis hilang
  • – Kurangnya keterampilan multi-point
  • – Tidak ada pengisian nirkabel
  • – Sedikit ketidaknyamanan saat menggunakan kontrol earbud

Diumumkan di CES 2022, earbud nirkabel Jabra Elite 4 Active semakin menggarisbawahi misi perusahaan untuk mendominasi pasar headphone olahraga yang terjangkau. Earbud nirkabel sejati terbaru, Elite 4 Active adalah alternatif yang lebih murah daripada Elite 7 Active dan berbagi lembar spesifikasi yang hampir sama.

Itu masih dilengkapi dengan fitur-fitur merek seperti pembatalan bising aktif (ANC), integrasi Alexa, Bluetooth 5.2 dan perlindungan tahan air IP57 bersama dengan kompatibilitas aplikasi Jabra Sound +. Faktanya, jumlah fitur yang ditawarkan Elite 4 Active cukup murah untuk harganya, menjadikannya salah satu headphone olahraga terbaik di bawah Rp. 1,5 jutaan.

Fitur-fitur baru seperti pengisian nirkabel dan teknologi multipoint yang memungkinkan koneksi simultan ke dua perangkat audio Bluetooth ditinggalkan untuk menjaga harga tetap rendah. Jabra juga meninggalkan beberapa fitur baru yang ditemukan pada model yang lebih mahal di seri Elite.

Haruskah pengecualian ini meyakinkan? Baca ulasan lengkap Jabra Elite 4 Active kami untuk mencari tahu alasannya.

Harga dan Ketersediaan

Jabra Elite 4 Active dijual seharga Rp. 1,8 jutaan dari pengecer online besar termasuk Amazon dan Best Buy, atau langsung dari Jabra. Tiga pilihan warna: hitam, navy dan mint. Earphone dilengkapi dengan wadah pengisi daya, kabel USB-C ke USB-A, dan tiga set tip EarGels.

Elite 4 Active lebih murah daripada beberapa model peredam kebisingan sporty populer seperti Beats Pro Fit dan model Jabra lainnya seperti Elite Active 75t dan Elite 7 Active. Mereka juga lebih murah daripada earbud nirkabel terbaik di pasaran, termasuk AirPods Pro dan Sony WF-1000XM4.

Tandai halaman penawaran headphone terbaik kami untuk semua penjualan earbud nirkabel terbaru.

Desain dan Kenyamanan

Mari kita lihat Elite 4 Active dan Elite 7 Active. Mereka berbagi bentuk dan skema warna minimalis yang sama, bersama dengan detail serupa seperti port suara bersudut dan mikrofon di setiap sisi. Dengan peringkat perlindungan kelembaban IP57 yang sama, setiap kuncup cukup tahan keringat dan air dan sempurna untuk berolahraga.

Membangun kualitas penting, karena Elite 4 Active dibuat dari plastik keras yang dapat menahan benturan keras pada beton. Namun, kami cenderung memilih eksterior karet lembut Elite 7 Active karena lebih melindungi dari benturan dan benturan.

Dari segi bentuk, Elite 4 Active agak segitiga, sedangkan Elite 7 Active lebih lonjong. Logo ditampilkan berbeda untuk setiap model. Elite 7 Active terukir.

Namun, casing pengisi daya paling membedakannya. Casing Elite 7 Active (kanan) berbentuk pil dan terletak rata, sedangkan Elite 4 Active (kiri) berbentuk persegi panjang dan berdiri tegak. Selain itu, ia memiliki struktur yang serupa, dilengkapi dengan pengisian daya USB-C, dan portabel.

Tingkat kenyamanan Elite 4 Active cukup menyenangkan saat mendengarkan, tetapi mengaktifkan tombol multifungsi pada earbud menyebabkan bud masuk lebih dalam ke telinga saya dan menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup besar.

EarGels eksklusif Jabra menutup rapat dan menjaga kuncup tetap di tempatnya saat melakukan aktivitas lateral dan stasioner. Tidak sekali pun kami merasakannya tergelincir saat berlari keluar.

Kontrol dan Asisten Digital

Kuncup ini menggunakan skema kontrol yang sama dengan Elite 7 Active, tetapi tidak memiliki deteksi di telinga untuk jeda/putar otomatis dan akses ke MyControls untuk menetapkan metode masukan. Awalnya, kami bingung dengan pengecualian fitur deteksi ini, tetapi kami ingat harganya.

Tombol mencatat gerakan tunggal, multi-ketuk, dan tahan, tetapi ada beberapa latensi dan perlu satu detik untuk mendaftar dan menjalankan perintah. Di samping kritik, kemampuan Jabra untuk memprogram rangkaian kontrol media penuh pada Elite 4 Active tidak boleh luput dari perhatian.

Kuncup kanan dicadangkan untuk putar/jeda (1 ketukan), lewati trek (2 ketukan), trek sebelumnya (3 ketukan) dan volume naik (tekan lama). Tunas kiri dapat menelusuri mode ANC (1 ketuk), aktifkan asisten digital/Spotify (2 ketuk) dan turunkan volume (tekan lama). Ini sepraktis mungkin untuk kuncup tanpa deteksi gerakan.

Integrasi Alexa sempurna untuk menjalankan perintah Alexa saat bepergian. Asisten Google dan Siri juga dapat digunakan untuk tugas-tugas umum, meskipun bot AI Google salah menafsirkan kata-kata tertentu saat menyampaikan permintaan.

Ini bukan masalah besar, karena perangkat lunak mengenali permintaan dengan benar, tetapi ini menunjukkan bahwa Elite 4 Active tidak mudah dipahami seperti Elite 7 Active yang lebih mahal.

Kualitas Suara Jabra Elite 4 Active

Beberapa orang akan mengatakan bahwa headphone olahraga terbaik membanggakan bass yang kuat. Elite 4 Active tidak hanya cukup baik untuk menjaga adrenalin terpompa, tetapi juga disesuaikan untuk menghasilkan mid dan high yang tajam, sehingga sobat akan menikmati suara yang seimbang di seluruh rentang frekuensi earbud.

Tendangan 808 yang menakutkan dan tuts piano yang ganas dari “Westside Story” The Game menghantam gendang telinga dengan keras dan membuat kami menganggukkan kepala dalam perjalanan ke gym. Mengambil low-end ke level berikutnya, mendengarkan “Goldie” dari A$AP Rocky, saya terkesan dengan betapa bersihnya sub-bass, mempertahankan getaran goyang trek tanpa mendistorsi vokal rapper.

Bahkan lagu-lagu rock dengan riff bass yang berat seperti “The National Anthem” dari Radiohead bertahan dengan kuat, terutama saat bagian brass yang agresif muncul di dekat akhir trek.

Sekali lagi, Elite 4 Active dapat melakukan lebih dari sekadar memberi telinga bass yang kaya dan kuat. Mainkan beberapa musik jazz klasik dan sobat akan menikmati kejernihan yang luar biasa. “It Could Happen to You” dari Miles Davis Quintet sangat cocok untuk pemulihan.

Bass ganda yang asyik dan permainan klakson yang lembut menenangkan, sementara hi-hat kecil menambah semangat untuk mendengarkan. Umpan balik ulasan kami didasarkan pada pengaturan EQ default, yang datar, tetapi dapat disesuaikan dengan keinginan di aplikasi pendamping.

Bass, mid, dan treble semuanya dapat disesuaikan, atau sobat dapat memilih salah satu dari lima preset yang dirancang dengan baik: Bass Boost, Energize, Smooth, Speech, dan Treble Boost. Masing-masing disesuaikan untuk melengkapi genre dan konten musik yang berbeda.

Suara membuat vokal lebih menonjol dalam lagu dan podcast, sementara Bass Boost memberikan lebih banyak kehadiran untuk kelas menengah ke bawah.

Peredam Bising Aktif

Harapan kami rendah, mengingat betapa biasa-biasa saja ANC di Elite 7 Active. Anehnya, Elite 4 Active menawarkan peredam bising yang lebih baik daripada saudara kandungnya yang lebih mahal, yang menarik karena menggunakan lebih sedikit mikrofon.

Sobat dapat menggunakan mode ANC normal apa adanya atau memilih untuk menyesuaikan netralisasi kebisingan melalui ANC khusus di aplikasi. Setelah menyelesaikan uji peredam bising, kami melihat beberapa peningkatan. Custom ANC melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk meminimalkan frekuensi menengah.

Dengan menggunakan kuncup di sekitar rumah, kami dapat meredam gangguan seperti bel pintu, TV yang keras, dan dengungan dari ruang cuci. Suara berfrekuensi tinggi, seperti tangisan anak laki-laki saat tidur siang, tidak dapat dihindari. Di luar adalah tempat Elite 4 Active bekerja paling baik.

Meskipun ada suara angin dan mobil yang lewat (tidak ada yang merugikan), buds membuat pelari yang cerewet keluar dan sebagian besar alat lansekap keluar. Kami pernah dikejutkan oleh klakson mobil, tapi itu sudah bisa diduga karena mikrofon Elite 4 Active tidak sepeka yang ditemukan pada model Jabra yang lebih mahal.

Teknologi HearThrough Jabra berguna bagi pelari yang ingin tetap sadar akan lingkungannya saat berada di luar. Mikrofon menangkap kebisingan sekitar yang cukup untuk memperingatkan pendengar tentang lalu lintas yang akan datang.

Kami merasa aman mendengarkan suara bel sepeda dan truk sampah bersama dengan sirene polisi dan peluit satu blok jauhnya. Sobat juga dapat menyesuaikan tingkat kebisingan sekitar yang ingin didengar di aplikasi.

Namun, satu keluhan kami adalah mikrofon kesulitan menangkap suara, dan merasa sulit untuk berkomunikasi dengan orang-orang di ruangan yang sama dengan earbud ini.

Aplikasi dan Fitur Khusus

Seperti semua earbud nirkabel Jabra lainnya, fungsionalitas tambahan diaktifkan melalui aplikasi Jabra Sound+. Ini adalah salah satu aplikasi pendamping terbaik berkat antarmuka yang ramah pengguna dan rangkaian fitur kaya yang meningkatkan pengalaman mendengarkan.

Tunjangan aplikasinya berlimpah dan termasuk preset EQ, HearThrough, Personalized ANC, dan Spotify satu sentuhan. Manfaat penting lainnya termasuk indikator masa pakai baterai, mode Find My Jabra (berguna untuk menemukan kuncup yang salah tempat) dan pembaruan firmware.

Fitur lanjutan seperti MyControls untuk menentukan perintah input, MySound untuk audio yang dipersonalisasi, dan equalizer panggilan untuk menambahkan lebih banyak treble atau bass saat panggilan hanya tersedia di model Jabra lainnya.

Meskipun demikian, ia mendapatkan fitur aplikasi yang paling didambakan, yang sangat penting untuk harganya.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

Jabra menilai masa pakai baterai pada 7 jam dengan ANC aktif. Ini lebih tinggi dari Elite Active 75t (5,5 jam) dan Fit Pro (6 jam), tetapi lebih rendah dari Elite 7 Active (9 jam). Kami menggunakan bud secukupnya (2 jam) untuk menelepon, mendengarkan sambil lalu, dan berolahraga selama 3 hari sebelum diisi ulang.

Jabra belum mengonfirmasi waktu pemutaran dengan ANC dimatikan. Kasing pengisi daya bertahan hingga 28 jam. Sebagai perbandingan, ini lebih dari casing AirPods Pro (24 jam), sama dengan casing Elite Active 75t (28 jam), dan kurang dari casing Elite 7 Active (35-42 jam).

Dengan 4 biaya tambahan yang diinginkan, ini lebih dari cukup untuk seminggu dan beberapa sesi latihan. Bagi penyuka fitnes yang sering lupa mengisi daya sebelum keluar rumah, sobat bisa mendapatkan satu jam waktu mendengarkan setiap 10 menit memasukkan earphone ke dalam casing.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Area lain di mana Elite 4 Active mengalahkan kakaknya adalah kualitas panggilan. Keempat mikrofon internal memiliki penutup jala yang meredam kebisingan angin sehingga pihak lain yang menelepon dapat mendengar dengan jelas.

Suara nyaring dan dapat dibedakan, menurut istri, saat berbicara di telepon dalam embusan angin dan suara sekitar. Elite 4 Active layak masuk dalam headphone terbaik dengan mikrofon untuk panggilan suara dan video. Bluetooth 5.2 bekerja dengan sempurna.

Saat membuka wadah pengisi daya, kuncup beralih ke mode berpasangan dan langsung terhubung ke perangkat terakhir yang diketahui. Google Fast Pair mempercepat proses di perangkat Android. Kisarannya panjang pada 40 kaki, sehingga sobat dapat bergerak bebas dari kamar ke kamar tanpa terputus.

Kesimpulan

Elite 4 Active menawarkan nilai yang lebih baik daripada Elite 7 Active. Model kelas menengah yang mengesankan dengan ANC yang layak, kualitas panggilan luar biasa, suara yang kaya, konektivitas yang kuat, dan perlindungan tahan air. Akses ke aplikasi Sound+ untuk kustomisasi audio membuat kesepakatan menjadi lebih menarik.

Label harga rendah berarti melewatkan beberapa pengaturan terbaru Jabra, bersama dengan fitur populer seperti teknologi multipoint dan pengisian daya nirkabel. Sobat juga dapat lebih berupaya dalam desain tombol multi-fungsi untuk kenyamanan optimal.

Semua earbud nirkabel Jabra yang sporty, terutama Elite Active 75t, menawarkan paket lengkap, tetapi dengan harga premium. Namun, Jabra Elite 4 Active adalah pembelian paling menarik untuk gaya hidup aktif dan tipe kebugaran dengan anggaran terbatas.

Leave a Comment