Review Jabra Elite 85t, Headset Peredam Suara Terbaik

anakui.com – Jabra Elite 85t adalah penerus luar biasa yang menawarkan peredam bising dan suara luar biasa. Dengan spesifikasi yang kuat dan ANC yang mengesankan, Jabra Elite 85t adalah penerus seri Jabra yang diakui secara kritis.

Spesifikasi
Warna: Hitam, Abu-abu, Tembaga/Hitam, Emas/Krem, Titanium Hitam
Masa pakai baterai (nominal): 5,5 jam (ANC aktif), 7,5 jam (ANC mati), 24 jam (casing pengisi daya dan ANC aktif), 28 jam (casing pengisi daya dan ANC mati)
Ukuran: 0,9 x 0,8 x 0,6 inci (per buds); 2,6 x 1,6 x 1,1 inci (casing pengisi daya)
Berat: 0,3 ons (per tunas); 1,6 ons (casing pengisi daya)
Konektivitas: Bluetooth 5.0 (Codec: SBC dan AAC)
Prosesor: Qualcomm QCC5126

Kelebihan

  • + Suara berani dan dinamis
  • + Pembatalan Kebisingan Aktif yang Kuat
  • + Desain mewah
  • + Berbagai fungsi personalisasi melalui aplikasi pendamping
  • + Tabel Spesifikasi Kuat

Kekurangan

  • – Beberapa bug di sistem kontrol
  • – Masa pakai baterai bisa lebih baik.

Jabra Elite 85t menghadirkan tambahan kuat lainnya ke dunia earbud nirkabel sejati. Menggantikan Jabra Elite 75t yang banyak disukai, pasangan terbaru ini memiliki sedikit kekurangan dalam performa. Pembatalan Kebisingan Aktif (ANC) yang ditingkatkan memungkinkan menggunakan produk seperti AirPods Pro dan earbud Bose QuietComfort.

Ini adalah beberapa earbud nirkabel terbaik yang dapat Anda beli saat ini, tetapi bagaimana cara mendapatkannya? Suara yang lebih besar, mode mendengarkan yang ditingkatkan, lebih banyak fitur dan spesifikasi luar biasa semuanya dihargai.

Itu juga merayap pada saudara nirkabelnya yang sebenarnya, Jabra Elite Active 75t, salah satu yang terbaik di kelasnya. Apa yang dapat dikatakan adalah bahwa ini adalah kuncup Jabra yang paling kuat dan kaya fitur hingga saat ini, dan itu sudah berbicara banyak.

Tag harga Rp. 3,5 jutaan mungkin tampak sedikit mahal, terutama karena Jabra menawarkan pembaruan ANC nirkabel gratis untuk model Elite 75t, tetapi banyak yang menganggap Elite 85t layak untuk diinvestasikan. Baca ulasan Jabra Elite 85t lengkap kami untuk melihat bagaimana earbud nirkabel ini bersaing dengan pesaing.

Jabra Elite 85t juga memenangkan penghargaan earbud nirkabel terbaik dalam Audio di 2021! Selain menerima anggukan yang sangat direkomendasikan untuk penghargaan keseluruhan untuk headphone terbaik, mereka mengklaim kemenangan keseluruhan ini.

Harga dan Ketersediaan

Jabra Elite 85t dapat dibeli seharga Rp. 3,5 jutaan dari pengecer online besar termasuk Amazon dan Best Buy, atau langsung dari Jabra, tetapi diskon ditawarkan secara berkala .

Desain dan Kenyamanan

Ditempatkan di sebelah model Elite 75t generasi terakhir, Elite 85t terlihat hampir identik. Satu perbedaan penting adalah bingkai yang lebih besar, yang memungkinkan kuncup lebih menonjol saat dikenakan di telinga.

Pada saat yang sama, keduanya jauh lebih terpisah daripada AirPod yang menggantung atau earbud QuietComfort yang memanjang. Konstruksi serba plastik juga memberikan nuansa substansial pada bud ini yang memberikan tampilan kelas bisnis yang dibuat dengan baik.

Konstruksi plastik 100% memiliki kesan substansial dan lapisan matte yang lembut tidak hanya memberikan tampilan kelas bisnis pada bud, tetapi juga melengkapi berbagai warna Jabra. Awalnya hanya tersedia dalam warna Titanium/Hitam, kini sobat dapat memilih dari empat opsi skema warna yang berbeda: Emas/Krem, Tembaga/Hitam, Hitam, dan Abu-abu.

Warna-warna ini cocok dengan jajaran Elite 75t, tetapi saya lebih suka warna yang lebih berani yang ditampilkan pada Elite Active 75t, seperti Navy, Sienna, dan Mint. Penggemar Jabra juga akan menyukai kemasan baru yang diperkenalkan pada Elite 85t.

Segala sesuatu mulai dari aksesori hingga penutup manual instruksi lebih kecil dan lebih terintegrasi, menghasilkan pengaturan yang lebih ringkas untuk kemudahan membongkar. Kasing pengisi daya Elite 85t adalah campuran dari kasing 75t dan 65t, tetapi dengan sedikit perubahan.

Rupanya, versi yang lebih baru sedikit lebih tinggi untuk mengakomodasi bentuk kuncup yang lebih tebal. Sobat dapat melihat bahwa indikator pengisian daya LED telah berpindah ke depan. Juga, magnet di dalamnya lebih kuat, sehingga kuncup dipegang dengan aman.

Eksterior plastik tetap tahan lama untuk menahan torehan dan goresan, tetapi kasing AirPods Pro tidak. Mereka juga portabel, sehingga dapat memasukkannya ke dalam saku denim dan tidak perlu khawatir tentang tonjolan, yang tidak dapat dikatakan tentang casing besar Earbud QuietComfort.

Kuncup ini lebih panjang (2mm lebih panjang) dan lebih berat (1g lebih banyak) dari model sebelumnya, tetapi perubahan yang tidak memengaruhi kenyamanan secara keseluruhan.

Port suara telah didesain ulang menjadi bentuk oval untuk penyisipan yang mulus ke dalam saluran telinga, dan ujung gel memberikan stabilisasi telinga yang memadai tanpa memasukkan terlalu dalam ke dalam telinga. Sobat dapat berolahraga kuncup selama sekitar 1,5 jam sebelum kelelahan muncul.

Kontrol dan Asisten Digital

Ingin tahu mengapa Jabra tidak mengadopsi kontrol sentuh? Menurut perusahaan, beberapa studi pengalaman pengguna telah menunjukkan bahwa orang menyukai perasaan menggunakan tombol di atas gerakan ketuk.

Kami bukan salah satunya, terutama karena menggunakan tombol fisik tidak nyaman dengan menekan kuncup ke telinga. Tapi puji Jabra karena membuat manajemen kontrol tidak terlalu menyakitkan.

Skema kontrol Elite 85t tidak mengganggu seperti model lainnya, dengan tombol responsif yang menawarkan sensasi sentuhan yang luar biasa. Jika mendengar bunyi klik saat menekan tombol kiri atau kanan, sobat dapat yakin bahwa perintah yang dimaksud akan dijalankan.

Deteksi di telinga juga tersedia, sehingga musik secara otomatis dijeda saat melepas earphone dan melanjutkan pemutaran saat memasangnya kembali di telinga. Sebagian besar benar. Jabra juga memberi kebebasan untuk memprogram tombol sesuka sobat melalui pengaturan MyControls (lebih lanjut nanti).

Jika dukungan asisten virtual penting bagi, Elite 85t tidak akan mengecewakan. Ini karena kuncup menunjukkan pengenalan suara yang sangat baik untuk mendaftarkan perintah suara. Menghadirkan skor kotak Seri Dunia dan teman voice-to-text saat bermain video game tanpa gangguan di kantor menggunakan Asisten Google sangat menyenangkan.

Siri memberi perhatian yang sama pada macOS dan tidak berhenti berdetak saat mengimpor undangan kalender. Jabra telah mengonfirmasi bahwa Alexa akan disertakan dalam peningkatan perangkat lunak pada Q1 2021.

Pembatalan Kebisingan Aktif dan HearThrough

Perampokan terakhir Jabra ke headphone ANC, Elite 85h, secara mengejutkan bagus, dan tampil baik melawan bos kategori seperti Bose QuietComfort 35 II dan Sony WF-1000XM3. Hal yang sama dapat dikatakan tentang kemampuan netralisasi kebisingan Elite 85t jika dibandingkan dengan earbud AirPods Pro dan Bose QuietComfort.

Sobat dapat berterima kasih kepada lembar spesifikasi kuat Jabra untuk hasil luar biasa dengan enam mikrofon, prosesor Qualcomm QCC5126 (setara dengan apa yang dilakukan Elite 75t) dan chip ANC khusus miliknya sendiri. Ada juga lima tingkat peredam bising yang dapat disesuaikan di aplikasi Sound+, masing-masing dengan peningkatan 3 desibel.

Tiga dari enam mikrofon digunakan dalam mode ANC, dengan dua eksternal dan satu internal ditempatkan untuk memblokir masuknya suara yang tidak diinginkan. Lihat seberapa baik teknologi ini memblokir kebisingan luar (misalnya truk pengiriman Amazon, gonggongan anjing, mobil berputar) sambil bersantai di beranda pada sore yang berangin.

Hambatan angin juga kuat dan tidak mempengaruhi kinerja ANC. Menggunakan buds di sekitar rumah lebih bermanfaat karena saya tidak dapat mendengar gangguan yang biasa seperti blender jus, percakapan saudara yang keras, dan kucing yang mengintimidasi.

HearThrough mengembalikan dan ada 5 level yang dapat disesuaikan untuk dipilih di aplikasi. Ini sedikit peningkatan dari versi sebelumnya dan membuat suara di luar lebih jelas dan lebih berbeda, seperti halnya mode Ambient QuietComfort Earbuds, yang memadukan ANC dan mendengarkan ambien bersama-sama.

HearThrough tidak melakukan ini, tetapi tidak membuatnya kurang dapat digunakan. Mereka yang menginginkan kesadaran yang lebih baik tentang lingkungan mereka atau ingin terlibat dalam percakapan sederhana tanpa menggigit sejak awal akan melakukannya dengan cara yang tidak mengganggu mereka.

Kualitas Audio Jabra Elite 85t

Audio tidak pernah menjadi masalah dengan Jabra, dan Elite 85t adalah contohnya. Insinyur telah menggandakan ukuran speaker (12mm) untuk menghasilkan suara yang jauh lebih keras dan lebih detail yang dapat dipersonalisasi di aplikasi Jabra Sound+.

Tetapi banyak orang menemukan bahwa EQ default berfungsi untuk semua jenis media populer (misalnya musik, video, podcast, game). Di mana saja. Semua model dalam seri ini menampilkan ciri khas yang hangat, tetapi Elite 85t berada di antara hangat dan cerah.

Sobat dapat mendengar suara bernada lebih tinggi dan nuansa halus dalam rekaman tanpa mengorbankan level bass. Lagu-lagu seperti “Bird Song (Diplo Remix)” oleh M.I.A. dengan mahir mereproduksi melodi kazoo di atas dentuman kick drum untuk menikmati kemegahan sonik tunas.

Tuts piano yang berulang juga menunjukkan “N.Y. State of Mind” tampil menonjol dan berjalan lancar, dengan drum break headbanging yang menjijikkan. Elite 85t bisa dibilang yang terbaik dalam hal memainkan rekaman orkestra.

Favorit pribadi seperti “The Awakening” karya Ahmad Jamal mendorong kami untuk melanjutkan pesta jazz selama fase pengujian. Itu adalah pendengaran yang menenangkan, tetapi pesona ekstra yang ditambahkan pada bass mempermanis kesepakatan itu.

Bass ganda menghasilkan gema indah yang terasa nyata, seolah-olah instrumen itu dimainkan tepat di sebelah telinga. Mengaktifkan ANC memberikan dorongan bertahap pada bass yang hanya akan diperhatikan oleh mereka yang memiliki pendengaran detail.

Buds ini bisa menjadi sangat keras, yang merupakan keluhan utama saya tentang Elite 75t. Tetapi kami sarankan untuk menurunkan volume 5 langkah dari level maksimal untuk mendapatkan suara yang hidup di telinga dan menghindari kerusakan pendengaran.

Anehnya, Elite 85t terdengar jauh lebih rendah di hp daripada di MacBook Pro, tetapi masalah ini bersifat sementara dan hilang keesokan paginya.

Jika adalah tipe orang yang sering menonton klip YouTube atau acara Netflix di perangkat seluler, sobat akan mendapatkan performa audio yang lebih baik. Ketika menonton pidato kampanye Joe Biden beberapa kali, kami menyukai betapa tajam dan jernihnya suara bass mantan VP. Buku audio, podcast, dan klip langsung IG juga menyenangkan.

Aplikasi dan Fitur Khusus

Jabra Sound+ adalah permata pendamping, sarat dengan fitur yang dapat disesuaikan yang terus berkembang dengan pembaruan firmware. Hampir setiap fitur yang tersedia di seri Elite 75t telah bermigrasi ke Elite 85t, kecuali untuk penggeser dan sakelar Pembatalan Kebisingan Aktif. Slider HearThrough juga dipertahankan.

Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah EQ, yang membuat profil suara dengan menyesuaikan bass, midrange, atau treble. Mudah dioperasikan dan benar-benar membuat perbedaan jika memilih satu rentang frekuensi daripada yang lain.

Jabra juga menyertakan beberapa preset seperti Netral (alias default), Bass Boost, Energize, Speech, Smooth dan Treble Boost. Masing-masing dirancang dengan baik untuk konten tertentu. Treble Boost sangat bagus untuk trek hip-hop yang mulus, dan Speech sangat ideal untuk podcast.

MySound dan MyControls adalah dua tambahan terbaru untuk aplikasi ini. Yang pertama menganalisis lingkungan dan menyesuaikan EQ agar sesuai dengan pendengaran Anda, sedangkan yang kedua untuk menyesuaikan kontrol.

MyControls lebih berguna dari keduanya, dan sobat dapat memperluas fungsinya dengan menetapkan perintah tekan tunggal, ganda, dan tiga kali lipat ke salah satu bud. Soundscapes kembali, fitur yang kami sarankan untuk dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Ini memiliki 12 mode yang menghasilkan suara berbeda untuk membantu rileks, dan semuanya bekerja dengan baik. Soundscape Air Terjun melakukan pekerjaan yang bagus untuk membenamkan sobat dalam pengaturan. Jika fitur tidak begitu banyak kekurangan pada Elite 85t.

Efek suara berhenti diputar atau aplikasi macet beberapa menit setelah mengaktifkan fitur. Untuk menemukan fitur keren aplikasi lainnya, tekan ikon pengaturan di sudut kanan atas. Pengalaman Panggilan menyediakan penggeser Sidetone untuk menyesuaikan kenyaringan panggilan telepon, dan Call Equalizer menambahkan lebih banyak treble atau bass ke pihak lain.

Ada juga sakelar prioritas untuk meningkatkan konektivitas Bluetooth selama panggilan. Sobat akan menemukan kontrol toggle lain dan fitur Find My Jabra, kopling untuk merelokasi tunas yang hilang.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

Masa pakai baterai pada Elite 85t adalah standar. 5,5 jam dengan ANC aktif, 7,5 jam dengan ANC nonaktif. Ini lebih dari AirPods Pro (4,5 jam), tetapi kurang dari Earbud QuietComfort dan Sony WF-1000XM3 (dengan ANC aktif) (6 jam).

Setidaknya Elite 85t memberi opsi untuk mematikan fitur, tetapi begitu juga WF-1000XM3, dan model itu memberi waktu bermain 30 menit lagi. Satu hal positif adalah kuncup memiliki manajemen baterai yang sangat baik, memungkinkan memeras semua daya baterai.

Digunakan selama 1,5 jam setiap hari selama 3 hari sebelum diisi ulang. Volume tinggi, streaming berlebihan, dan ANC cenderung menghabiskan baterai dengan cepat di sebagian besar earbud nirkabel, tetapi Elite 85t mengoptimalkan daya dengan sangat baik.

Menyetel mode tidur di aplikasi juga akan menghemat masa pakai baterai dengan mematikan bud secara otomatis setelah antara 15 menit dan 2 jam (opsional) tidak ada aktivitas. Dengan casing pengisi daya yang lebih besar dari model sebelumnya, sobat akan mengira Elite 85t memiliki lebih banyak daya portabel.

Yah, itu tidak. Misalnya, casing yang terisi penuh akan menghasilkan waktu musik 25 jam dengan ANC aktif (Elite 75t menyediakan 28 jam), sedangkan dengan ANC nonaktif, Anda akan dapat menggunakannya selama 31 jam. Either way, ini sama dengan sekitar 5-6 biaya tambahan.

Ada juga pengisian daya cepat yang memberi Anda 1 jam penggunaan dari pengisian daya 15 menit. Pengisian daya nirkabel diperkenalkan pada Elite 75t dan Elite Active 75t, tetapi perusahaan membuatnya tersedia untuk kedua model beberapa bulan setelah diluncurkan, dan opsional dengan tambahan Rp. 450 ribuan. Elite 85t dilengkapi langsung dari kotaknya.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Kualitas panggilan dari dua model terakhir Jabra sangat kurang. Sebanyak peningkatan yang dimiliki Elite 85t, produk Apple dan Bose lebih unggul. Yang bisa kami katakan adalah netralisasi kebisingan selama panggilan luar biasa.

Di luar, istri tidak dapat mendengar suara di sekitar, dari burung yang mengepakkan sayapnya hingga dengungan dari rumah sebelah. Ketajaman jauh lebih baik di dalam ruangan. Klien kami senang dengan suara yang keras dan jelas di obrolan Zoom. Bluetooth 5.0 andal dan andal di Elite 85t.

Buds secara otomatis muncul di daftar perangkat yang tersedia saat mengeluarkannya dari wadah pengisi daya dan langsung memasangkannya dengan hp, tablet, atau laptop. Jangkauannya bagus untuk mendengarkan nirkabel sekitar 35 kaki. Teknologi multipoint memungkinkan menghubungkan bud ke dua perangkat berbeda secara bersamaan.

Kesimpulan

Elite 85t adalah headphone peredam derau hebat yang layak untuk percakapan terkemuka di kelas. Teknologi ANC Jabra adalah solusi umpan maju/umpan balik yang efektif yang menghalangi tingkat kebisingan sekitar yang tinggi.

Kualitas suaranya adalah yang terbaik, dengan nada rendah yang seimbang yang menyatu dengan baik dengan nada tengah dan tinggi yang terdengar jelas. Bahkan dalam kategori yang kekurangan, seperti masa pakai baterai, Elite 85t membantu membuat perbedaan dengan pengisian daya dan manajemen baterai yang dioptimalkan.

Tidak ada yang dapat dilakukan tentang desain yang lebih besar, dan beberapa bug perangkat lunak perlu diperbaiki, tetapi juga bukan pemecah masalah. Dan jika kami berdasarkan rekam jejak perusahaan, Jabra akan memberikan keunggulan dalam hal memperbaiki kesalahan ini dan meluncurkan Elite Active 85t final.

Apakah Elite 85t mengalahkan earbud AirPods Pro atau Bose QuietComfort? Terus terang, tidak ada pemenang yang jelas. Earbud QuietComfort menawarkan masa pakai baterai dan ANC terbaik, sedangkan AirPods Pro sangat bagus secara keseluruhan.

Tetapi jika menginginkan earbud nirkabel dengan ANC, suara, dan fitur hebat dalam satu paket kecil, Elite 85t adalah salah satu pilihan terbaik saat ini.

Leave a Comment