Review Jabra Elite Active 75t, Kompetitor AirPods Pro

anakui.com – Jabra Elite Active 75t membuat AirPods Pro berkeringat. Dengan suara yang lebih baik, masa pakai baterai lebih lama, dan perlindungan air, Jabra Active Elite 75t adalah performa AirPods Pro terbaik di kelasnya.

Spesifikasi Jabra Elite Active 75t

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 0,8 x 0,7 x 0,6 inci, 0,2 ons
Masa pakai baterai (nilai): 7,5 jam; 28 jam (dengan casing pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 30 kaki
Tahan Keringat dan Air (Peringkat): Ya (IP57)
ANC: ya
Dukungan kodek: SBC, AAC

Kelebihan

  • + Suara dinamis dan hidup
  • + Peredam bising aktif dan pasif
  • + Tahan air
  • + Masa pakai baterai lebih lama dari AirPods Pro
  • + Sesuaikan audio dalam aplikasi
  • + Estetika ramping dan tahan lama

Kekurangan

  • – Fitur terbaru tidak tersedia saat diluncurkan
  • – Dapat menjadi sangat keras pada volume maksimal

Jabra Elite Active 75t memenuhi standar tinggi dari Jabra Elite 65t yang luar biasa dan penerus Elite Active 65t. Untungnya, sepasang earbud nirkabel ini tetap mempertahankan beberapa fitur dari pendahulunya. Ini sebenarnya salah satu headphone berjalan terbaik di luar sana.

Kuncup ini mengatasi hampir semua masalah Elite 75t sambil mempertahankan atribut khasnya seperti audio yang hidup dan dipersonalisasi serta masa pakai baterai yang andal. Ini juga tahan air, artinya bisa terendam air hingga 1 meter.

Jangan lupa pembaruan over-the-air pasca-peluncuran yang menambahkan peredam bising aktif secara gratis. Hasil akhirnya adalah earbud nirkabel terbaik yang bisa dibeli dengan uang. Lihat pertarungan AirPods 3 vs Jabra Elite Active 75t kami untuk melihat apakah AirPods 3 dapat mengalahkan earbud nirkabel kesayangan ini.

Harga dan Ketersediaan

Jabra Elite Active 75t saat ini tersedia di Amazon dan situs web Jabra dan tersedia dalam enam warna: Tembaga Hitam, Abu-abu Tua, Angkatan Laut, Titanium Hitam, Sienna, dan Mint.

Jabra juga menjual versi siap pengisian nirkabel dari Elite Active 75t dalam warna abu-abu tua dan biru tua, meskipun dengan harga yang jauh lebih mahal Rp. 3,5 jutaan.

Desain Jabra Elite Active 75t

Elite Active 75t memiliki estetika dan siluet menarik yang sama dengan Elite 75t dan 22% lebih kecil dari Elite Active 65t. Selain itu, faktor desain terpenting di sini adalah peringkat IP: IP57. Jabra telah membuat earphone ini tahan air serta tahan debu dan keringat.

Konon, selama tidak jatuh ke laut, sobat bisa menggunakannya untuk jangka panjang. Kami juga menyukai magnet bawaan di bagian dalam untuk menyatukan kuncup, sehingga kuncup tidak mudah terguling dari permukaan yang rata.

Kasing pengisi daya terlihat identik dengan yang dibundel dengan Elite 75t, tetapi terasa sedikit lebih kokoh. Ini tidak tahan air, tetapi memberikan perlindungan yang cukup untuk menjaga kuncup tetap aman saat tidak digunakan.

Tutup magnet menutup dengan aman dan konektor magnet di dalamnya menjaga kuncup terkunci. Sehingga earphone tidak akan tumpah dan terbang ke lantai saat menjatuhkan kasing tidak seperti AirPods Pro. Fit tidak pernah menjadi masalah dengan seri Elite.

Sedikit yang berubah sejak Elite Active 75t menawarkan stabilitas on-ear dan kontrol cengkeraman terbaik saat disetel dengan benar ke telinga. Kami tidak pernah khawatir tentang gerakan saat melakukan latihan lateral (mis. Burpe, papan samping). Pahlawan sebenarnya bisa berupa tip silikon / gel.

Ujung silikon/gel menciptakan segel yang bagus dan rapat serta menyerap keringat dengan baik untuk membatasi selip. Jabra juga telah mengurangi bobot Elite Active 75t (0,19 ons), menjadikannya pilihan ultra-ringan yang tidak akan membebani telinga atau kantong.Kami berolahraga selama 2-3 jam setiap hari sebelum kelelahan menumpuk.

Ada 3 set eartip dalam berbagai ukuran dan kabel pengisi daya USB-C di dalamnya. Ini jumlah yang tepat untuk dikerjakan. Yang menurut saya menarik adalah Jabra memiliki lebih banyak warna daripada aksesori. Enam warna saat ini tersedia: Navy, Titanium Black, Dark Grey, Copper Black, Mint, dan Sienna.

Kontrol dan Asisten Digital

Karena bentuknya yang kecil, Elite Active 75t paling diuntungkan dari dua tombol fisik (inlay di bagian depan setiap bud) dan sensor di telinga. Kedua skema kontrol bekerja sedikit lebih baik di sini daripada di Elite 75t. Setiap tombol memiliki klik yang bagus yang memastikan perintah yang dimaksud dijalankan.

Buds juga merekam gerakan secara akurat. Secara otomatis menghapus musik yang dijeda dan memutarnya kembali. Kontrol tidak tersentuh. Gunakan bud kiri untuk mengaktifkan/menonaktifkan mode HearThrough (tekan sekali), maju trek (tekan dua kali), putar trek sebelumnya (tekan tiga kali), atau kecilkan volume (tekan lama).

Sisi kanan digunakan untuk memutar/menjeda musik, menjawab/mengakhiri panggilan telepon (tekan sekali), mengaktifkan asisten digital (tekan dua kali), atau memperbesar volume (tekan lama).

Dengan senang hati kami laporkan bahwa integrasi asisten digital bud ini juga lebih fungsional daripada Elite 75t. Siri dan Asisten Google dengan cepat mendaftar dan menanggapi perintah suara. Sobat seharusnya tidak kesulitan memberikan perintah kepada bot AI dari Apple atau Google.

Peredam Bising Aktif dan Pasif

Jika ini adalah pertama kalinya mendengar tentang perusahaan yang mengintegrasikan peredam bising aktif ke dalam sepasang earbud nirkabel melalui pembaruan firmware, jangan malu. Itu milik kita juga.

Meskipun demikian, sobat dapat mengakses fitur ini dengan mengunduh versi aplikasi Jabra Sound+ terbaru (4.7.1) dan pembaruan firmware terbaru. Ini tentang proses 10 menit. Bagaimana perbandingannya dengan model ANC lainnya? Biasa saja.

Kami memberikan semua pujian di dunia kepada Jabra karena mencoba memberikan pengalaman ANC premium pada earbud nirkabel yang sudah sangat baik. Tapi jangan berharap hasil yang bagus. Tapi teknologinya mengesankan.

Sekitar 70% kebisingan sekitar diblokir, termasuk suara mesin pencuci piring yang menyala, hujan deras yang menghantam kaca jendela, dan tangisan ipar saya melalui pengeras suara iPhone istri. Yang terakhir sebagian besar tidak terdengar, tetapi semakin dekat ke smartphone, semakin baik dapat mendengarnya, meskipun suaranya masih cukup rendah dan tidak jelas.

Mempersonalisasi fitur ini agak rumit. Ini karena penyeleksi perlu ditempatkan di kotak khusus untuk menemukan penekan derau yang paling kuat.

Ini akan membutuhkan beberapa kali percobaan untuk melakukannya dengan benar, tetapi kami pribadi menemukan bahwa membiarkan pemilih di blok Jabra memberikan hasil terbaik. Ketahuilah bahwa apa yang berhasil untuk kami mungkin tidak berhasil untuk sobat.

Elite Active 75t sudah diprogram dengan peredam bising pasif, yang tidak sekuat mode ANC pada model populer lainnya, tetapi masih sangat efektif. Jabra telah memposisikan ulang sistem empat mikrofon untuk membatalkan suara sekitar dari berbagai sudut. Setiap kuncup memiliki satu mikrofon di depan dan satu di belakang.

Sobat tidak dapat sepenuhnya membungkam situs konstruksi, tetapi AirPods Pro yang dilengkapi ANC juga tidak. Apa yang didapatkan adalah pengurangan kebisingan yang cukup yang memungkinkan mendengarkan musik dengan damai di lingkungan yang cukup keras.

Kualitas Audio Jabra Elite Active 75t

Elite 75t menonjol sebagai salah satu earbud nirkabel dengan suara terbaik di luar sana. Namun, seperti yang saya catat dalam ulasan Jabra Elite 75t, nada rendah menjadi sedikit “luar biasa” pada lagu-lagu tertentu. Dengan senang hati kami laporkan bahwa ini bukan masalah dengan Elite Active 75t.

Ini karena panggung suaranya seimbang, memungkinkannya menghasilkan audio yang detail dan seperti aslinya. Karena kita berbicara tentang headphone olahraga terbaik di sini, bass sering kali didahulukan saat membahas kualitas suara. Itu lebih dari cukup untuk mendorong Anda melalui latihan yang paling intens.

Menekan pemutaran “Eye of the Tiger” dari Survivor membantu memulai rutinitas pra-latihan, karena gema yang saya rasakan dari riff gitar pengantar (dan ikonik) dan dentuman kick drum meningkatkan tingkat energi. Menjelang akhir lagu, kami segera melompat ke atas treadmill.

“Da Rockwilder” dari Method Man & Redman membantu membereskan semuanya di tengah lari 5K. Perpaduan eksplosif dari efek 808 dan bass pendorong membuat adrenalin terpompa. Ini adalah rekaman yang mungkin terdengar seperti bencana penuh distorsi dari earbud yang rusak.

Tetapi Elite Active 75t berhasil meminimalkan nada bass yang tidak jelas untuk mendengarkan dengan jelas. Waktu pemulihan membutuhkan karya yang lebih merdu, sering kali terdiri dari musik jazz klasik. “Poinciana” karya Ahmad Jamal menyampaikan getaran yang tenang.

Garis bass berirama dan tuts bernada tinggi ditangani dengan hati-hati, memungkinkan mengapresiasi nuansa tertentu, seperti gesekan ujung jari dalam permainan gitar. Volume pada kuncup ini naik, jadi jika menikmati konten booming, sobat mungkin ingin mengecilkannya beberapa tingkat.

Untuk pecinta EDM dan hip hop. Suaranya tidak terdistorsi, tetapi cukup keras sehingga gendang telinga mulai sakit dan membuat HearThrough tidak berguna. Kabar baiknya adalah mendengarkan dengan volume sedang memberikan kejernihan yang luar biasa dan bass yang kencang.

Awalnya level volumenya sangat tinggi, tetapi pembaruan terbaru tampaknya telah menurunkannya. Hal ini membuat mendengarkan musik boom lebih menarik. Lebih penting lagi, ANC tidak mempengaruhi keseluruhan suara. Nikmati kejernihan luar biasa dan bass kencang bahkan pada volume sedang.

Aplikasi dan Fitur Khusus

Jabra Sound+ menawarkan beberapa insentif manis yang memungkinkan suara dan panggilan yang dipersonalisasi. EQ bawaan tetap menjadi fitur pembunuh aplikasi, memungkinkan pendengar masuk dan membuat profil suara yang berbeda.  Sejumlah preset musik untuk genre tertentu juga tersedia.

Ini semua berguna, tetapi kebanyakan orang akan menganggap profil suara default bagus dengan sendirinya. Jabra memiliki mode transparansi sendiri yang disebut HearThrough yang membuka panggung suara untuk membiarkan suara di sekitar masuk.

Solusi hebat untuk pelari luar ruangan yang ingin lebih sadar akan lingkungannya, siang atau malam. Rasanya lebih efektif untuk pertemuan dekat, seperti memberikan pesanan sandwich ke petugas deli. Mod keren lainnya yang tersedia adalah Soundscapes, yang memiliki 12 pengaturan unik yang menciptakan suara menenangkan yang menenangkan.

Kami telah menemukan fitur ini sangat berguna dalam mengurangi tingkat kecemasan. Mendengarkan suara alam selama 15 menit sangat menenangkan dan menenangkan saraf saya tentang perencanaan pernikahan. Jabra juga memperkenalkan dua fitur baru bernama MyControls dan MySound.

MyControls memungkinkan menetapkan kontrol pada salah satu earbud berdasarkan preferensi pribadi. Sementara MySound menggunakan teknologi suara adaptif untuk membuat profil suara yang disesuaikan dengan pendengaran.

Keduanya merupakan tambahan yang bagus untuk set fitur yang sudah luas dan akan disambut dengan tangan terbuka begitu  bermain-main dengannya. Pengalaman panggilan adalah fitur hebat lainnya yang tidak ingin diabaikan, karena mengoptimalkan kualitas panggilan untuk sobat.

Suaranya keras dan dalam selama panggilan. Ingatlah hal ini saat mencoba melakukan percakapan di lingkungan yang bising. Beberapa fitur penting aplikasi lainnya termasuk mode Temukan Jabra Saya untuk menemukan kuncup yang salah tempat dan opsi beralih pada kontrol.

Daya Tahan Baterai

Jabra telah meningkatkan level daya pada Elite Active 75t, dan sobat mendapatkan penggunaan selama 7,5 jam dengan sekali pengisian daya. Sama seperti Elite 75t, lebih dari AirPods Pro (4,5 jam) tetapi kurang dari Powerbeats Pro (9 jam). Uji coba kami melihat buds dalam waktu sekitar 7 jam.

Kerangka waktu ini masih mengesankan mengingat streaming Spotify yang berat dan volume yang keras. Ini sempurna untuk sekitar 4-5 hari latihan (1,5 jam setiap hari) sebelum memasukkannya ke dalam wadah pengisi daya.

ANC dianggap menguras baterai pada sebagian besar headphone, tetapi kami yang pertama melihat bagaimana pembaruan perangkat lunak memengaruhi waktu bermain. Dalam 45 menit, level baterai turun secara nyata sekitar 20%.

Omong-omong, kasing Jabra memiliki daya tahan baterai lebih lama daripada dua model Apple, menjanjikan waktu mendengarkan hingga 28 jam. Untuk Elite Active 75t, sebaiknya ukur angka ini dalam siklus pengisian daya, yang setara dengan sekitar 4 pengisian daya penuh.  Sepertinya cukup bagus.

3 minggu pengujian dan kasing hanya perlu diisi ulang sekali. Hal lain yang menonjol dari kasing ini adalah manajemen baterai, yang berfungsi baik dalam menghemat daya. Kami sudah memiliki kuncup di sana selama seminggu tanpa menyentuhnya dan level baterai tidak berubah.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah sobat juga dapat mengisi daya kuncup ini menggunakan kasing Elite 75t. Namun, Jabra tidak merekomendasikannya karena mungkin memiliki “beberapa masalah kompatibilitas”.

Jabra juga memperkenalkan versi baru Elite Active 75t yang mendukung pengisian daya nirkabel. Jadi, sobat dapat meletakkan casing di salah satu pengisi daya nirkabel berkemampuan Qi kami untuk pengisian daya tanpa kabel.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Dalam hal kualitas panggilan, Elite 75t merupakan kemunduran yang mengecewakan bagi merek tersebut. Tidak yakin tweak apa yang dibuat Jabra di sini, tetapi Elite Active 75t adalah headset panggilan yang jauh lebih baik dan masih memiliki beberapa masalah kecil.

Sangat menyenangkan melakukan percakapan penuh di mana tunangan dapat mendengar setiap suku kata dan membuat kalimat lengkap tanpa gangguan.

Dia mendengar beberapa kebisingan latar belakang. Seperti keyboard yang berderak, dan memperhatikan suara saya sedikit bergetar ketika berbicara di tempat yang ramai. Tetapi tidak sampai pada titik di mana kami memutuskan untuk menutup telepon dan melanjutkan obrolan melalui SMS.

Bluetooth 5.0 berfungsi dengan baik. Perangkat Android dan Apple (iPhone, iPad, dan MacBook Pro) langsung dipasangkan dengan bud setiap kali mengeluarkannya dari wadah pengisi daya.

Yang paling kami sukai adalah teknologi multipoint, yang memungkinkan menghubungkan dua perangkat dengan mulus sekaligus dan tidak mengalami masalah dalam mengontrol pemutaran.

Sangat keren menggunakan kontrol MacBook Pro untuk menjeda dan melewati trek yang diputar di Google Pixel 3 XL. Buds juga mendemonstrasikan konektivitas kuat yang memungkinkan menikmati musik dari jarak sekitar 50 kaki dari hp.

Kesimpulan

Sementara industri mengedepankan AirPods Pro, Jabra Elite Active 75t telah menunjukkan dan membuktikan mengapa ia tetap menjadi pemimpin kategori sejati. Audio luas dan hangat, dengan jumlah dentuman yang tepat untuk memulai latihan tanpa mengorbankan mid dan treble.

Masa pakai baterai (baik dengan sekali pengisian daya maupun dalam wadah pengisi daya) lebih baik daripada semua model AirPods. Cangkang luar yang sangat tahan lama juga memberikan jaminan bahwa dibutuhkan lebih dari beberapa kondisi lingkungan yang keras untuk merusak kuncup ini.

Membandingkan Elite Active 75t dengan AirPods Pro saat pertama kali dirilis agak tidak adil karena kurangnya peredam bising aktif. Jabra mendengarkan permintaan kami dan menemukan cara inovatif untuk menambahkan fungsionalitas ke kuncup populer mereka, isyarat manis yang ternyata sangat efektif.

Tetapi bahkan tanpa ANC, peredam bising pasif Jabra bekerja dengan baik untuk meminimalkan suara sekitar. Ini benar-benar berkinerja cukup baik dibandingkan dengan teknologi ANC Apple. Bagaimana dengan konektivitas iOS mulus dari AirPods Pro?

Elite Active 75t juga memiliki kemampuan nirkabel untuk pemasangan cepat dengan perangkat iOS dan Android dan menawarkan solusi pengisian daya nirkabelnya sendiri dengan tambahan Rp. 450 ribuan.

Kemudian, mengingat kinerja keseluruhan Elite Active 75t, ada banderol harga Rp. 2,2 jutaan. Fakta bahwa Jabra telah mengembangkan pembaruan ANC over-the-air gratis hanya menambah nilainya. Baik AirPods Pro maupun Powerbeats Pro tidak menguntungkan secara finansial.

Leave a Comment