Jadi Begini Strategi Menghadapi UTBK Saat Puasa

Jangan jadikan ibadah puasa sebagai penghalang ya sobat karena inilah strategi dalam menghadapi UTBK saat bulan ramadhan.


0

Halo pejuang the yellow jacket! Wah tidak terasa ya bulan ramadhan yang penuh dengan keberkahan sudah datang. Ramadhan tahun ini bertepatan dengan waktu ujian pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama. Belajar dan mengerjakan UTBK nya saja sudah berat dan penuh perjuangan, apalagi ditambah menahan nafsu lapar dan emosi jiwa raga ketika puasa. Hal ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi kamu dalam menjalankan puasa atau mengerjakan soal-soal UTBK.

Nah bagi kalian pejuang yellow jacket, berikut tips yang dapat kamu coba supaya kamu bisa tetap maksimal dalam mengerjakan soal-soal UTBK.

1. Kuat Puasa?

Yap kamu perlu mempertimbangkan matang-matang, apakah kamu benar-benar kuat untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak? Jangan sampai kamu sahur dan berniat puasa tapi di tengah-tengah ujian kamu pingsan akibat kelelahan karena harus berpikir keras ya, perhatikan kondisi tubuhmu baik-baik, kalau kamu memang merasa tidak kuat gak apa-apa kok, it’s okay untuk cuti puasa satu hari, dan kamu bisa menggantinya ketika bulan ramadhan selesai.

2. Sahur dengan protein dan karbohidrat

Kalau kamu yakin untuk tetap menjalankan ibadah puasa, pastikan kamu sahur dengan makanan yang bergizi dengan protein dan karbohidrat yang cukup ya. Hal ini untuk menjaga agar stamina kamu tetap kuat dan otak kamu mendapat nutrisi yang cukup untuk mengerjakan soal-soal UTBK. Kamu bisa mendapat asupan protein dari telur dan ikan. Jangan lupa untuk minum vitamin dan suplemen tambahan atau madu agar puasa kamu kuat seharian.

3. Jaga Kesehatan

Kamu harus menjaga kesehatan dari jauh jauh hari, bukan hanya untuk diri kamu tetapi juga demi keselamata orang lain yang berada di sekitar kamu, hal ini penting banget mengingat negara kita belum pulih dari kondisi pandemi COVID-19, perbanyak minum vitamin dan makan makanan bergizi.

BACA JUGA: Beginilah Syarat Mengikuti UTBK 2021 di Kampus UI Depok

4. Tidur yang cukup

Hayoo siapa disini yang suka belajar sampai begadang hingga subuh? Wah kurang-kurangin ya teman, karena begadang itu ga baik untuk kesehatan tubuh, atur pola tidur kamu dari jauh-jauh hari, usahakan tidur kamu lebih dari 5 jam, lho memangnya bisa? tentu bisa, setelah menjalankan ibadah terawih kamu bisa tidur lebih cepat dengan syarat menghindari gadget ya. Pola tidur ini perlu kamu terapkan mulai dari jauh-jauh hari agar tubuh kamu terbiasa dengan jam tidur yang baru.

5. Survei tempat

Ini penting banget mengingat UTBK dilaksanakan pada hari dan jam orang-orang bekerja. Jangan sampai kamu terjebak macet ya, dan jangan sampai kamu bingung di gedung mana tempat kamu ujian. Kamu bisa survei tempat, dua sampai tiga hari sebelum waktu pelaksanaan, selain itu kamu juga bisa curi start nih, dengan mencari tau di mana toilet atau tangga darurat di tempat tersebut.

6. Biasakan ujian sesuai waktu yang tertera

Yap, kalau kamu dapet jadwal ujian di pagi hari, maka setelah sahur jangan langsung tidur, ayo latihan soal dan try out di pagi Hari, kalau kamu dapat jadwal ujian di siang hari, ayo jangan nonton YouTube dan  lakukan lah simulasi seakan-akan kamu Sedang ujian di waktu tersebut. Hal ini berguna banget untuk menghindari kamu dari rasa kantuk atau kaget dengan jam ujian tersebut.

Intinya jangan jadikan ibadah puasa sebagai penghalang ya sobat, kalau kamu punya strategi lain dalam menghadapi UTBK di bulan puasa ini, yuk sharing tipsnya di kolom komentar! Goodluck ya untuk teman-teman pejuang UTBK tahun ini!

BACA JUGA: Jangan Coba-coba Curang, UI Antisipasi Kecurangan pada SIMAK UI Online


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply