Ada yang berbeda dengan pelaksanaan ujian SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) tahun ini. Karena pandemi virus corona yang terjadi pada tahun ini, Universitas Indonesia memutuskan untuk tetap melaksanakan ujian mandiri secara daring. Ujian daring ini akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Nantinya setiap peserta membutuhkan bantuan perangkat pintar untuk mengakses laman tes SIMAK UI. Eits, meski ujian daring, bukan berarti kamu bisa berlaku curang, lho!

Pasalnya, untuk mengantisipasi potensi kecurangan dalam ujian online SIMAK UI, Universitas Indonesia menerapkan aplikasi anti curang. Sistem yang terdapat pada aplikasi ini akan mengawasi peserta ujian selama ujian berlangsung.

Sebelum mengikuti proses seleksi masuk Universitas Indonesia, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih. Yuk simak artikelnya hingga habis untuk tahu informasi lebih jauh seputar pelaksanaan SIMAK UI.

advertisement

1. Siapkan perangkat yang mendukung

Sumber: Instagram

Pertama, jangan lupa untuk menyiapkan perangkat ujian berupa laptop/desktop yang disertai webcam. Kamu juga bisa menggunkana telepon genggam atau tablet dengan resolusi minimal 1.280 x 720 px. Selain itu, gunakan browserFirefox 78 atau Chrome 83 dan pastikan koneksi internet stabil dan baik selama ujian berlangsung. Sebab, SIMAK UI tidak bertanggung jawab atas permasalahan yang disebabkan oleh koneksi internet peserta ujian. Bila kamu tidak memenuhi dua persyaratan ini, kamu tidak bisa mengikuti ujian karena aplikasinya hanya mendukung komputer dengan spesifikasi di atas.

BACA JUGA: Mau Lulus SIMAK UI? Yuk Simak 5 Tips Ini

2. Persiapkan Diri dan Cetak Kartu Ujian

Kedua, meskipun pelaksanaan ujian dilakukan secara daring, kamu harus tetap berpakaian rapi dan menempelkan kertas ukuran 20 x 10 cm pada baju yang menunjukan kode sesi ujian. Jangan lupa untuk mencetak kartu ujian sebelum melaksanakan ujian ya! Kartu ini  berguna untuk mengetahui nomor dan alamat website SIMAK UI.

advertisement

BACA JUGA: Mengenal Ujian Berbentuk Esai di SIMAK UI dan Contoh Soalnya

3. Lakukan Ujian di Ruangan Sepi

Sumber: tirto.id

Ujian daring bukan berarti kamu bisa bekerja sama, lho! Nah, selama ujian berlangsung, kamu diminta untuk mengerjakan soal di ruangan sendirian tanpa ada orang lain di ruangan tersebut.

Jangan coba-coba untuk bekerja sama, mencari jawaban di internet atau menggunakan joki selama ujian berlangsung. Sebab, UI melakukan monitoring melalui kamera yang terpasang pada perangkat peserta. UI akan memberikan sanksi tegas berupa pembatalan hasil seleksi apabila peserta tertangkap basah melakukan pelanggaran.

advertisement

Menjawab persoalan keterbatasan jaringan yang tidak merata di seluruh daerah, Universitas Indonesia menggunakan web browser yang menyimpan cache, sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat muncul saat jaringan kembali stabil.

Kamu juga dilarang untuk mengambil gambar, menyalin dan menyebarkan soal ujian. Selain itu, peserta juga tidak diizinkan menggunakan kalkulator selama proses ujian berlangsung. Untuk mengerjakan soal hitungan, siapkan kertas kosong agar kamu bisa mencoret dan mencari tahu jawaban sesuka hati

BACA JUGA: Panduan Pelaksanaan UTBK UI 2020 agar Ujian Berlangsung Aman dan Nyaman

advertisement

Ujian SIMAK UI ini hanya berlangsung pada waktu yang telah ditentukan. Untuk itu, persiapkan diri semaksimal mungkin dengan mengikuti panduan di atas. Sebab, UI tidak memberikan tambahan waktu bagi peserta ujian yang terlambat atau mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Semoga pelaksanaan ujiannya lancar ya! Kami tunggu di kampus perjuangan.