Journalist Days 2011; Investigative Journalism: Uncover the White Collar Crime in Indonesia

Journalist Days 2011 merupakan rangkaian Seminar, Talkshow, Training, dan Company Observation yang diadakan oleh Badan Otonom Economica, FEUI. Rangkaian acara ini akan diselenggarakan dari tanggal 11 – 14 April 2011. Tema yang diangkat dalam Journalist Days yang ke sembilan ini adalah “Uncover The White Collar Crime in Indonesia”. Pelaksanaan Journalist Days 2011 ini bertujuan untuk mempopulerkan genre jurnalisme investigatif kepada masyarakat umum dan secara khusus mengedukasi para peserta Journalist Days 2011 untuk berpartisipasi aktir dalam pengembangan jurnalisme investigatif di Indonesia.

Rangkaian Main Event JOURNALIST DAYS 2011, terdiri dari:

 

1.      Seminar & Talkshow (Senin, 11 April 2011, Auditorium Soeria Admaja FEUI)

Menyajikan materi seputar jurnalisme investigatif dimulai
dari sesi mengenai introduksi tentang jurnalisme investigatif yang pada sesi ini akan di isi oleh dua pembicara yaitu Andreas HarsonoDandhy D. Laksono. Tidak hanya itu, pada sesi ke dua dalam seminar membahas mengenai bagaimana para jurnalis melakukan investigasi dalam mengungkap suatu kasus. Pada sesi ini akan di isi oleh wartawan yang telah berpengalaman dalam melakukan investigasi jurnalistik, seperti Metta DS (wartawan TEMPO) dan Reinhard Nainggolan(wartawan KOMPAS), yang terkait dengan tema besar yaitu investigatif dapat mengungkap suatu kasus yang terkait dngan kejahatan kerah putih. Di akhir acara Seminar akan ditutup dengan talkshow dengan narasumber yang merupakan jurnalis yang telah berpengalaman dalam bidang investigasi seperti Arif Zulkifli (redaktur eksekutif Majalah Tempo), Ade Armando (pengamat media) dan juga Febridiansyah (aktivis ICW).

 

2.      Training (Selasa – Rabu, 12-13 April 2011, FEUI)

a. Kelas Writing : Dalam kelas ini para peserta akan diberikan materi bagaimana membuat suatu feature/artikel investigasi yang menarik selain itu para peserta juga akan diberikan pengetahuan dasar mengenai teknik penulisan sebuah laporan investigasi. Training akan disediakan oleh Budi Setyarso dan Setri Yasra.

b. Kelas Camera Technique : dalam kelas ini para peserta akan diberikan materi dalam penggunaan kamera baik untuk foto maupun video dalam peliputan investigasi serta teknik pengambilan gambar dalam keadaan yang sulit dalam setiap liputan investigasi. Training akan disediakan oleh Andika Wahyu (fotografer LKBN ANTARA).


3.        Company Observation (Kamis, 14 April 2011, Metro TV & Majalah TEMPO)

Peserta akan berkunjung ke media cetak dan elektronik. JOURNALIST DAYS 2010 company observation berkunjung langsung ke TVONE dan MAJALAH GATRA yang kala itu mengusung tema creative dan inovatif. Sedangkan di tahun ini tujuan company observation adalah METRO TV untuk media elektronik dan MAJALAH TEMPO untuk media cetak. Hal ini ditujukan agar para peserta dapat melihat langsung kinerja para jurnalis yang secara khusus dalam hal investigasi berkaitan dengan pengolahan liputan maupun reportase investigasi. Tujuan lain dari company observation adalah mengetahui kerja nyata para pelaku jurnalistik dalam melakukan pekerjaan dan menambah pengetahuan dengan belajar dari pengalaman (experience learning).

 

Keterangan lebih lanjut:

Mega 085210833699

www.journalistdays.org

FB: Journalist Days FEUI

Twitter: @journalistdays

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA