Kabar Gembira! Perpustakaan UI Raih Akreditasi A Berkat E-Resources

Ada lima komponen penilaian yang berhasil dipenuhi oleh Perpustakaan UI dengan sangat baik, yaitu Koleksi; Sarana dan Prasarana; Layanan; Tenaga Perpustakaan; Penyelenggaranaan dan Pengelolaan; serta Karya/prestasi.


0
Sumber: uiupdate

Anak UI, kabar menggembirakan datang dari landmark kebanggaan UI. Tahun ini, Perpustakaan yang terkenal dengan taglineCrystal of Knowledge” berhasil mendapatkan nilai A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LAP-N) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Wow! Pastinya ini kabar membanggakan bukan?

Keputusan ini telah tertuang pada Sertifikat Akreditasi Nomor: 0185/LAP.PT/XI.2020 dan berlaku sejak 10 November 2020 hingga 10 November 2025. Karena pandemi, penyerahan Sertifikat Akreditasi dilakukan secara daring kepada Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, Utami Budi Rahayu Hariyadi, S.S., M.Lib., M.Si.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, Utami Budi Rahayu Hariyadi, S.S., M.Lib., M.Si. mengatakan bahwa, akreditasi ini merupakan akreditasi pertama yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan UI. Wah, baru pertama kali langsung dapat nilai A nih, Anak UI!

“Ini adalah akreditasi pertama UPT Perpustakaan UI. Puji syukur, langsung mendapat nilai A. Hasil akreditasi yang dicapai ini merupakan bukti bahwa pengelolaan UPT Perpustakaan UI telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Nilai Akreditasi ini adalah hasil kerja keras seluruh Staf UPT Perpustakaan UI yang telah mendedikasikan dan melakukan tugasnya selama ini, dan juga berkat dukungan dari Pimpinan UI dan seluruh Sivitas Akademika UI yang telah memanfaatkan semua layanan perpustakaan sebagai pendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” ungkap Utami.

Proses Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan pada 5 November 2020 secara daring dan dihadiri oleh Tim Asesor dan pendamping dari LAP-N Perpustakaan Nasional  RI yang terdiri dari Drs. Deni Kurniadi, M.Hum (Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI); Dra. Hj. Sri Sularsih, M.Si. (Asesor LAP-N); Dra. Zurniaty Nasrul, MLS (Sekretaris & Asesor LAP-N); Alfi Noor Afridyan, S.IIP (Pustakawan Ahli Pertama, Perpustakaan Nasional RI); dan Susilo Prabowo, A.Md (Pustakawan Terampil, Perpusnas  Perpustakaan Nasional RI).

Menurut Sekretaris & Asesor LAP-N, Zurniaty Nasrul, Perpustakaan UI dapat mengikuti tahap penilaian dengan baik sesuai dengan arahan dari tim Akreditasi Perpustakaan,  Perpustakaan Nasional RI.

Ada lima komponen penilaian yang berhasil dipenuhi oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dengan sangat baik, yaitu Komponen Koleksi Perpustakaan; Komponen Sarana dan Prasarana Perpustakaan; Komponen Layanan Perpustakaan; Komponen Tenaga Perpustakaan; Penyelenggaranaan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan; serta Komponen penguat yang terdiri dari karya inovasi dan kreativitas, keunikan, dan prestasi.

Nah, Perpustakaan UI punya 739.171 judul/865.910 eksemplar buku teks, koleksi khusus, karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi/laporan penelitian), jurnal ilmiah elektronik, koleksi audio visual, koleksi e-books, buku referensi, koleksi majalah dan naskah. Semuanya dapat Anak UI  akses pada laman http://lib.ui.ac.id.

Selanjutnya, Gedung perpustakaan UI yang memiliki luas 33.000 m2 di atas tanah seluas 2,5 hektar ini memiliki berbagai fasilitas modern, dan layanan baik secara fisik dan online yang dapat dimanfaatkan oleh Sivitas Akademika UI dan masyarakat umum.


Layanan tersebut diantaranya adalah layanan peminjaman koleksi secara mandiri, pelatihan literasi informasi, layanan pencegahan plagiarisme, layanan penelusuran literatur, layanan Knowledge ATM, dan e-Resources Delivery Services untuk para guru besar di lingkungan UI.

Nah, meskipun pandemi, terhitung sejak 23 Maret 2020, kamu masih bisa menikmati berbagai layanan disebutkan di atas. Sebab, Perpustakaan UI memfasilitasi mahasiswa dengan mengalihkan seluruh layanan yang semula dilakukan secara luring menjadi daring. Berbagai layanan yang bisa kamu coba yakni, Layanan Penelusuran Literatur, Layanan Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka, dan Layanan Uji Kemiripan.

Untuk informasi lebih lanjut seputar layanan di Perpustakaan UI, kamu bisa langsung kontak berikut di Twitter dan Instagram @ui_library ya!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017)

0 Comments

Leave a Reply