Kalo Semester Depan Beneran Jadi Kuliah Offline? Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Ya?

Kira-kira apa saja sih yang perlu kamu siapkan sebelum kuliah tatap muka telah tiba masanya? Yuk simak artikel berikut ini.


0

Halo IKM UI! Belakangan banyak sekali informasi yang beredar bahwa sekolah dan kuliah akan segera dimulai dengan sistem tatap muka atau berlangsung secara offline, mulai dari kanal berita online yang hingga gosip yang dari teman atau dosen.

Banyak yang mengatakan bahwa kuliah tatap muka akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru. Menteri Pendidikan Nadiem Makarim hingga DPR turut buka suara mengenai hal ini. Bahkan banyak beredar gosip bahwa dosen serta professor di UI sudah melakukan vaksinasi.

Kalau semester depan kita menjalani perkuliahan offline, kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan ya? Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan ketika kuliah kembali tatap muka!

1. Beradaptasi

Yap, seperti awal pandemi menyerang Indonesia, kita semua harus beradaptasi dan menerima keadaan bahwa pergerakan fisik kita harus dibatasi, mulai dari sekolah online, tidak bisa mencicipi makanan di tempat, hingga menjalankan proker pun harus online.

Nah, sekarang kita harus beradaptasi dan menyesuaikan diri agar tidak tertinggal, mau tidak mau kita harus mempersiapkan diri untuk bertemu dengan lebih banyak orang secara langsung. Ketika kamu memasuki kampus, khususnya angkatan 2020 yang belum pernah merasakan kuliah secara  bertatap muka, it’s ok to take your time, perbanyak jalan-jalan dan menjelajah kampus UI yang luas, hafalin rute perjalanan dari stasiun ke gedung fakultasmu, hafalkan juga rute perjalanan menuju gerbang utama atau ke perpustakaan UI. Selain itu, kamu juga bisa eksplorasi jajanan di daerah Pocin atau kafe-kafe yang ada di sepanjang Jalan Margonda Raya.

BACA JUGA: 5 Tempat Makan Legenda di Sekitar UI

2. Selalu bawa cairan pembersih

Sumber: Getty Images

Walaupun di kampus sudah tersedia banyak fasilitas mencuci tangan yang memadai, tidak ada salahnya untuk selalu membawa peralatan cairan pembersih sendiri, entah itu hand sanitizer, disinfectant spray, tisu basah, tisu kering, hingga sapu tangan pribadi. Hal ini sangat penting mengingat kita akan bertemu banyak orang dan menggunakan fasilitas umum, maka kita tidak bisa hanya bergantung kepada petugas kebersihan, tetapi kita juga harus berjaga-jaga supaya tetap bersih dimanapun dan kapanpun.

3. Selalu bawa masker cadangan

Sumber: Shutterstock

Depok itu panas! Beneran deh, banyak teman-teman saya yang mengatakan bahwa Depok lebih panas dibandingkan tempat tinggalnya atau kampung halamannya, ‘ih depok panas banget padahal di padang suhunya lebih parah’ ya kira-kira itulah yang keluar dari mulut mereka.

Nah, nggak mau kan masker kamu menjadi sarang kuman dan penyakit? Maka, ingatlah untuk selalu membawa masker cadangan, terlebih jika masker yang kamu gunakan merupakan masker kain, menurut rekomendasi WHO kamu harus mengganti masker kain sebanyak 1 kali dalam 4 jam. Belum lagi jika tiba-tiba hujan turun atau kamu banyak mengeluarkan keringat, masker yang kamu gunakan akan menjadi lembab dan menjadi sarang penyakit.

BACA JUGA: Masker-Masker Lucu Buatan Lokal Yang Siap Menemani Aktivitas Outdoor-mu!

4. Jaga kesehatan tubuh dan pikiran

Walaupun kuliah akan berjalan offline, jangan lupakan fakta bahwa COVID masih belum usai. Jaga dirimu dari virus dan penyakit dengan cara rutin mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak olahraga serta konsumsi vitamin dan buah-buahan. Ini nih yang sering terlewat, apalagi bagi mahasiswa perantauan, jangan menunggu untuk diingatkan oleh orang rumah ya!

Selain itu jangan lupa untuk tetap menjaga pikiran kalian agar selalu jernih, mungkin awalnya sulit untuk bertemu orang banyak karena menghabiskan banyak energi, maka dari itu kamu harus pintar-pintar dalam mengelola emosi serta beban pikiran.

Kira-kira itu yang perlu kamu siapkan sebelum kuliah offline berlangsung. Nah kalau kamu punya saran tambahan silahkan komentar ya!

BACA JUGA: Agar Cantikmu Tak Tertutupi Beban Kuliah, Kenali Masker Wajah yang Cocok Untuk Kulitmu

Referensi gambar header kuliah tatap muka


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply