Kampoeng Indonesia 2009 – Cinta Bangsa, Cinta Budaya, Cinta Indonesia


0

BEM Fakultas Hukum Universitas Indonesia
Mempersembahkan:
Kampoeng Indonesia 2009
Cinta Bangsa, Cinta Budaya, Cinta Indonesia

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang akan diadakan selama tiga hari penuh (24, 25, dan 26 Februari 2009), diisi dengan acara pameran budaya yang merefleksikan kampoeng Indonesia, pagelaran budaya yang bertujuan untuk mengenalkan kembali pada apa yang kita miliki seperti , pencak silat Betawi, pementasan wayang, tari suku Dayak, tari Selamat Datang, dan lainnya. Tidak hanya itu, Kampoeng Indonesia juga akan mengadakan seminar dan talkshow untuk dapat memberikan edukasi kepada para mahasiswa yang tentunya merupakan sasaran kegiatan ini diadakan. Hari terakhir akan ditutup dengan pagelaran puncak yang menampilkan harmonisasi musik Indonesia.

Adapun bentuk kegiatan dari Kampoeng Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Pagelaran Budaya

Pagelaran budaya akan diselenggarakan di kampus FHUI Depok, selama 3 (tiga) hari, dan setiap harinya memiliki tema yang berbeda disesuaikan dengan pembagian wilayah waktu Indonesia. Pada hari Selasa tanggal 24 Februari 2009 memakai tema “Indonesia bagian Barat”, pada Rabu 25 Februari 2009 memakai tema “Indonesia bagian Tengah”, dan tema “Indonesia bagian Timur” pada Kamis tanggal 26 Februari 2009. Pagelaran budaya inipun diselenggarakan selama 3 (tiga) kali sehari dengan mengusung 3 (tiga) jenis kebudayaan/kesenian yang berbeda.

–         Waktu: 10.30, 12.30, 15.00 WIB

2. Pameran Budaya

Dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Pameran ini bertujuan untuk memamerkan benda-benda khas kebudayaan Indonesia, maupun hasil karya seni dari berbagai suku di Indonesia yang patut kita banggakan. Adapun karya-karya yang akan dipamerkan diantaranya kain-kain tradisional, ukiran-ukiran tradisional, senjata-senjata tradisional, baju-baju adat, Kerajinan tangan (handicraft), dan sebagainya.

–         Waktu : 09.00-18.30 WIB

–         Tempat: Auditorium Djokosoetono, FHUI

3. Seminar dan talkshow

Dilaksanakan selama 2 (dua) hari untuk seminar dan 1 (satu) hari untuk talkshow. Kegiatan ini memberikan pemahaman mengenai pluralisme hukum di Indonesia, perlindungan terhadap produk-produk budaya, serta mengenalkan kebudayaan, kesenian, dan pariwisata Indonesia.

4. Pagelaran Puncak

Pagelaran puncak akan diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 26 Februari 2009 ini merupakan puncak dari rangkaian acara Kampoeng Indonesia. Acara ini akan menampilkan kolaborasi antara kesenian tradisional Indonesia dari bagian barat sampai timur, serta gambar-gambar/tampilan-tampilan dengan layar besar, mengenai keragaman budaya, seni, dan pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia sebagai background panggung. Selain itu, pagelaran puncak juga akan dimeriahkan oleh karnaval, bazaar dan stand, dari stand makanan sampai stand kerajinan tradisional.

–         Waktu: 16.00-22.00 WIB

–         Tempat: parkir belakang FHUI

5. Bazaar

Bazaar merupakan salah satu rangkaian acara Kampoeng Indonesia yang bertujuan untuk menyuguhkan dan menjual berbagai macam barang, mulai dari kuliner tradisional, pakaian, kerajinan-kerajinan tradisonal, hingga  menyediakan booth foto dengan memakai pakaian tradisional.

Tema: Pasar Rakyat

Hari/tgl: 23, 24, 25, 26 Februari 2009

Tempat:

– di depan ruang SOEMADIPRADJA & TAHER dan mootcourt untuk bazaar kerajinan-kerajinan tangan tradisional

–  di parkir belakang FHUI untuk bazaar kuliner tradisional (Bintang Tamu: Pak Bondan-Trans Tv)

Waktu:

–         Bazaar : 08.00-18.00 WIB

–         Bazaar/stand pagelaran puncak : 14.00-20.00 WIB

Melalui kegiatan ini, kami atas nama khususnya Panitia Kampoeng Indonesia dan BEM FHUI 2008/2009, ingin mengembalikan rasa kebanggaan dan kecintaan kepada tanah air, yaitu: bangga menjadi orang Indonesia karena paham dan cinta pada budayanya yang beragam tanpa harus mengubah siapa dirinya yang sekarang. Dengan tersampaikannya pesan tersebut kepada setiap orang, maka kita bisa mewujudkan mimpi untuk hidup nyaman di rumah kita, KAMPOENG INDONESIA, dan saatnya generasi muda untuk berkontribusi bagi bangsa.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

2 Comments

Leave a Reply