Kampus Goes to Kampuang (KGTK) 8 IMAMI UI

Logo IMAMI UI
Logo IMAMI UI (sumber: FB IMAMI UI)

Kampus Goes to Kampuang (KGTK) merupakan sebuah agenda tahunan yang paling besar di selanggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Indonesia (IMAMI – UI). Kegiatan ini  merupakan salah satu bentuk  kontribusi anggota IMAMI-UI kepada nagari yakninya ranah minang (Sumatera Barat). Tahun ini, merupakan KGTK 8, yang berarti agenda ini telah berlangsung sebanyak 8 kali yang dimulai dari tahun 2002.

Seperti KGTK sebelumnya, kegiatan ini berfokus kepada 3 bidang yaitu agama, adat, dan pendidikan. Hal ini dapat kita lihat dari rangkaian acara yang di laksanakan, memiliki ketiga unsur nilai tersebut. Tema yang di usung KGTK 8 untuk tahun ini adalah MANYIBAK KILAU NAGARI KA RANTAU”.

Ada beberapa rangkaian acara yang di laksanakan pada KGTK 8, yaitu Lomba Fotografi, Proposal Project dan Desain, serta Minangkabau Culture Festival (MCF) yang merupakan acara baru pada tahun ini, Studi Islam dan Adat (SILAT), TO – SNM PTN, dan Bedah Kampus UI yang merupakan acara puncak dan sekaligus merupakan acara penutup dari KGTK 8. Selain itu juga di dukung dengan acara Roadshou UI ke SMA-SMA yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini berfungsi memberikan gambaran kepada siswa SMA tentang perkuliahan di UI dan meberikan semnagat agar dapat melanjutkan pendidikannya keperguruan tinggi.

Minangkabau Culture Festival (MCF)

MCF  adalah sebuah rangkaian acara yang dirasa teramat penting terutama saat menghadapi keterbukaan arus globalisasi seperti saat sekarang ini, yaitu Minangkabau Culture Festival. Kegiatan yang baru pertama kali digelar dan Insyaallah akan diadakan pada tanggal 7 hingga 9 Januari 2011 di gedung M. Syafe’i , Padang Panjang ini bertujuan untuk mengasah sekaligus melestarikan talenta seni Minangkabau agar dapat tumbuh subur di kalangan remaja SMA di Sumatera Barat. Dengan mengusung konsep KGTK 8..”Manyibak kilau nagari ka rantau”.., di MCF di adakan berbagai maca lomba kesenian minang seperti tari minang, randai, dan band minang tingkat Sumatera Barat. Pada acara puncaknya nanti pun akan di gelar stand bazar dengan banyak pilihan barang dan jajanan yang menarik dan murah meriah.

Detail Acara MCF:

Content Lomba           :  Tari Minang, Band Minang (1. Lagu Wajib: ayam den lapeh, malam  baiko, bareh solok, kampuang nan jauah dimato, kambanglah bungo, 2. lagu Minang bebas) dan Randai

Tanggal Pelaksanaan   : 7- 9 Januari 2011

Lokasi                         : Gedung M. Syafei Padang Panjang

CP : Ridho Ferdian,FASILKOM 2009 0852-71-094686

Studi Islam dan Adat (SILAT)

Tema : “Mambangkik Adaik nan Tarandam, Malega Syarak nan Takalam, Basamo nan Cadiak jo nan Mudo”

SILAT  merupakan acara yang  memberikan studi bagi siswa SMA khususnya kelas dua dan satu, mengenai ada di minangkabau dan juga pembekalan akan pemahaman nilai – nilai keislaman. Acara tersebut diadakan dengan format karantina selama tiga hari. Selama karnatina tersebut siswa diberikan materi pembelajaran mengenai adat dan islam dibawah bimbingan mentornya. Siswa juga diberikan training motivasi yang insya ALLAH membantu pembentukan peribadi siswa yang energik, semangat dan kreatif.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

hari/tanggal     : Jumat s.d. Minggu/ 11 s.d. 13 Januari 2011

waktu              : 15.00 wib s.d. selesai

tempat            : INS Kayu Tanam, Sumatera Barat

CP : Umar Cholidy, Fakultas Teknik 2009 : 085669019877

Simulasi  SNM PTN 2011

Simulasi SNM-PTN 2011 merapakan kegitan yang bertujuan memfasilitasi pelajar SMA/MA  Sumater Barat untuk mengukur sejauh mana kesiapan serta kemampuan mereka dalam menghadapi SNM-PTN 2011 yang akan datang untuk dapat tembus di PTN yang di inginkan. diadakan di beberapa kota dan kabupaten di Sumatra Barat pada waktu yang bersamaan seperti Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kab. Solok, Kab., Kab. Solok Selatan, Kab. Pasaman Barat, Kab. Pasaman Timur, Kota Pariaman, Kota Sawahlunto, Kab. Tanah Datar, Kab. Agam, Kota Payakumbuh, Kab. Dharmasraya, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Lima Puluh Kota, Kab.Padang Pariaman, dan lainya. Dalam pelaksanaanya, panitia bekerjasama dengan sekolah dan lembaga terkait lainnya sebagai pihak penyelenggara.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

hari/tanggal     :  Minggu / 16 Januari 2011
waktu              :  08.00 wib s.d. selesai
tempat             :  SMA di masing-masing daerah di Sumatera Barat
target peserta   :  7000 siswa-siswi SMA/MA di Sumatera Barat

CP : Rindang, Psikology 2009 087877636535

Bedah Kampus

Tema Acara “Jembatan Untuak Nan Mudo”

Acara Bedah Kampus Universitas Indonesia adalah acara puncak dari rangkaian acara KGTK 8 IMAMI-UI. Banyak hal yang akan dibahas secara detail dalam bedah kampus ini, mulai dari penjelasan mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru di UI, penjelasan mengenai sistem biaya kuliah di UI, penjelasan mengenai 12 Fakultas di UI, pemutaran film tentang UI dan IMAMI-UI, Motivation Training bagi peserta, dan menyusun suatu jaringan komunikasi untuk memfasilitasi sarana konsultasi antara para peserta dan IMAMI-UI.

Diharapkan dengan mengikuti acara bedah kampus ini, peserta bisatermotivasi untuk bisa mengecap pendidikan tinggi yang selama ini dianggap mahal dan juga karena kurangnya informasi tentang pendidikan tinggi itu sendiri.

Tujuan

1.      Memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang Universitas Indonesia terutama sistem penerimaan mahasiswa UI, sistem akademik, lingkungan kampus ataupun disekitar kampus, serta kesempatan-kesempatan lain yang dapat diperoleh di Universitas Indonesia.

2.      Menumbuhkan motivasi untuk sukses masuk pengguruan tinggi berkualitas khususnya Universitas Indonesia.

3.      Mensosialisasikan organisasi IMAMI-UI kepada siswa-siswi SMA/MA se-Sumatra Barat sebagai calon mahasiswa dan masyarakat umum.

4.      Perwujudan kepedulian IMAMI-UI terhadap pendidikan di Sumatra Barat sebagai salah satu bentuk kontribusi kepada nagari.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

hari/tanggal     : Minggu, 23 Januari 2011

waktu              : 09.00 s.d. selesai

tempat            : Balai Sidang Bung Hatta, Bukittinggi

CP : Insani Mukhlisa, Fakultas Teknik 2009 : 081993623003

CP KGTK

Yoga Tamala, Teknik Kimia 2009, 085283794322

2 thoughts on “Kampus Goes to Kampuang (KGTK) 8 IMAMI UI”

Leave a Comment