Kampus Goes To Kampuang (KGTK) 9 IMAMI UI


0

KGTK 9

Kampus Goes To Kampuang (KGTK) merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan sebagai sebuah pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Universitas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. KGTK menjadi wadah bagi mahasiswa untuk membangun kampung halamannya dan –dalam lingkup yang lebih luas – untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Indonesia (IMAMI UI) sejak 2002. Besarnya antusiasme dari masyarakat, khususnya pelajar di Sumatera Barat dengan meningkatnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini memberikan motivasi bagi penyelenggara untuk kembali mengadakan kegiatan ini untuk yang kesembilan kalinya. Tema KGTK 9 adalah “Sumangaik Mambangun Nagari!”

KGTK 9 terdiri atas empat rangkaian kegiatan yang diselenggarakan secara berurutan, yaitu:

1.  Lomba Penulisan Esai dan Fotografi

Lomba Penulisan Esai dan Fotografi bertujuan melatih para pelajar untuk berpikir kritis dan dapat menuangkan isi pemikirannya ke dalam bentuk tulisan serta foto. Diharapkan dengan lomba ini, lahir para pemikir kritis dengan pemikiran yang kreatif dan inovatif dan dengan semangat juang dan kesadaran yang tinggi yang dapat membangun Sumatera Barat dan Indonesia yang lebih baik. Lomba dilaksanakan dari bulan September 2011 hingga Desember 2011 dengan peserta adalah siswa-siswi SMA di Sumatera Barat.

 

2.  Roadshow

Roadshow merupakan sebuah wadah motivasi dengan mempertemukan mahasiswa-mahasiswa Universitas Indonesia dengan adik-adik kelasnya di SMA yang akan berjuang menghadapi seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri. Roadshow diselenggarakan selama dua minggu pada bulan Januari 2012 dan diusahakan dapat menjangkau seluruh SMA di Sumatera Barat.

 

3.  Simulasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Simulasi SNMPTN diselenggarakan dengan tujuan membantu persiapan siswa SMA dalam menghadapi SNMPTN yang sesungguhnya, baik persiapan materi maupun mental dan strategi. Dengan demikian, siswa SMA yang mengikuti kegiatan ini dapat mengenal sekaligus membiasakan diri pada SNMPTN sehingga dapat mereduksi kegagalan untuk diterima di perguruan tinggi negeri yang dicita-citakannya. Simulasi SNMPTN akan diselenggarakan secara serentak selama sehari pada 29 Januari 2012, bertempat di beberapa SMA yang ditunjuk di masing-masing kota/ kabupaten se-Sumatera Barat. Target peserta tahun ini adalah 8.000 siswa SMA se-Sumatera Barat.

 

4.  Ekspedisi Sosial Kemasyarakatan Pendirian Taman Bacaan “Palito Ilmu”

Salah satu permasalahan besar di Indonesia yang hingga saat ini masih belum total pemecahannya adalah masalah rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini dibuktikan melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia pada tahun 2011 dimana Indonesia menempati peringkat ke-108 dari 177 negara di dunia. Salah satu daerah di Indonesia yang mengalami permasalahan SDM yang cukup berat adalah Kabupaten Pesisir Selatan. Kabupaten ini merupakan kabupaten yang cukup rendah kualitas penduduknya secara umum dibandingkan dengan 13 daerah tingkat dua lainnya di Provinsi Sumatera Barat. Hal ini terbukti dengan rendahnya rasio pendidikan penduduk, fasilitas kesehatan, dan masih rendahnya kesejahteraan khususnya dibidang pendapatan.

Atas dasar pemikiran diatas, salah satu rangkaian kegiatan KGTK 9 adalah mendirikan Taman Bacaan. Taman bacaan ini diberi nama “Palito Ilmu” IMAMI UI. “Palito Ilmu” berarti cahaya ilmu. Dengan adanya taman baca ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan warga yang berujung pada kemampuan menyelesaikan persoalan hidup dengan bijak. Dan tentu saja sasaran jangka panjangnya dapat memberikan masa depan anak bangsa menjadi lebih cerah. Waktu dan tempat: 1-2 februari 2012 (peresmian)  di Kec Bayang, Kab. Pesisir selatan

 

5.   Kepemimpinan Islam dan Adat

Islam dan adat merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau. “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” merupakan falsafah utama yang selalu tertanam di setiap diri orang Minang. Seiring dengan berkembangnya zaman, pemahaman tentang hubungan Islam dan adat terlihat semakin memudar. Kaum muda tidak lagi peduli degan nilai-nilai luhur adat dan Islam. KIAT (Kepemimpinan Islam dan Adat) hadir menjawab kondisi yang ada. Khazanah pengetahuan pemuda Minangkabau akan ditempa secara intensif melalui program kajian Islam dan adat yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai kepemimpinan. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, muncul pemuda Minangkabau yang dapat menjadi “agent of change” yang memperhatikan falsafah leluhur kita tersebut.

Studi Islam dan Adat diadakan dengan format karantina selama tiga hari dimana siswa akan diberikan materi komperehensif tentang Islam dan adat serta nilai-nilai kepemimpinan. Siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah 200 orang siswa-siswi SMA di Sumatera Barat, diutamakan pengurus OSIS/ aktif berorganisasi di sekolah masing-masing.

Waktu dan tempat: 24 Januari – 26 Januari 2012 di Padangpanjang

 

6.  Bedah Kampus

Bedah Kampus merupakan kegiatan puncak sekaligus penutupan dari rangkaian kegiatan /KGTK. Bedah Kampus diselenggarakan selama satu hari bertempat di Perpustakaan Nasional Bung Hatta, Bukittinggi. Pada kegiatan ini, panitia akan memberikan informasi secara lengkap mengenai dunia perkuliahan, terutama di Universitas Indonesia. Panitia juga memberikan motivasi dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat serta motivator. Kegiatan ini direncanakan diselenggarakan pada 5 Februari 2012 dengan peserta 900 siswa SMA di Sumatera Barat.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply