Ada kabar gembira buat kita mahasiswa UI! Beberapa waktu yang lalu Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, SE, MM, mengatakan kalau UI tercatat sebagai universitas dengan website terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Selain itu, Webometrics juga ngerilis bahwa UI meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia.

Dalam siaran persnya Minggu (31/1/2016), Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met., ngasih apresiasi khusus terkait pencapaian ini, “Pencapaian UI sebagai Universitas dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan universitas lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT).”

Pak Rektor juga menjelaskan bahwa, “Pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas. Tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat global.”

advertisement

BACA JUGA: Tujuh Mahasiswa UI Mewakili Indonesia dalam Asia Pacific Model United Nations Conference di Australia

Sekadar informasi, Webometrics merupakan sistem perankingan Universitas se-dunia berbasis website yang dikembangakan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website universitas di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, dan mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Kok, bisa sih website UI jadi yang terbaik? Hmm, dalam pandangan Webometric Ranking of World Universities, website UI udah memenuhi 4 komponen penilaian ngelebihin website kampus lainnya di Indonesia, komponen tersebut berupa.

advertisement
  1. Presence, merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google).
  2. Impact, merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang terekam search engine (Google).
  3. Openness, merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar).
  4. Excellence, merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Gak cuma itu guys prestasi yang didapetin kampus kita. Selain meraih peringkat pertama laman terbaik universitas di Indonesia, kampus kita juga berhasil menjadi Universitas Terbaik di Indonesia dan satu-satunya Universitas di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran top 100 universities se-Asia dengan peringkat ke-79 menurut QS World University Ranking 2015/2016.

Kampus kuning kita ini juga untuk pertama kalinya berhasil masuk ke dalam daftar 800 universitas terbaik di dunia dan menjadi satu-satunya universitas wakil Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2015-2016.

Simak terus yah perkembangan prestasi kampus kita, hanya di anakui.com!

advertisement

Yuk, bagikan informasi ini lewat Facebook, LINE dan Twitter kamu sekarang!

 



advertisement